Ini Loh Manfaat Saat Kamu Berjemur di Pagi Hari

Manfaat berjemur di pagi hari - Banyak sekali yang menganjurkan buat berjemur di pagi hari, misalnya seperti duduk saja di teras rumah, atau sambil berolahraga. Ternyata anjuran tersebut bukan tidak beralasan ya, guys. Karena memang bisa membuat tubuh kamu sehat.

Manfaat berjemur di pagi hari
Banyak manfaat kesehatan saat berjemur di pagi hari via detik.com

Dengan kamu berjemur di bawah cahaya matahari pagi yang hangat, sangat banyak mengandung vitamin D yang bagus buat tulang. Selain itu, juga masih ada manfaat lainnya ketika kamu berjemur di pagi hari. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya.


1. Mengatasi penyakit kulit

Berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi hari diyakini sangat bermanfaat dan membantu mengatasi berbagai penyakit kulit kamu. Contohnya seperti jerawat, eksim, hingga psoriasi.


2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari pagi bjsa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu, loh. Saat tubuh kamu terpapar sinar matahari, maka tubuh kamu akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang fungsinya sebagai perlindungan tubuh.


3. Mencegah depresi

Buat kamu yang merasa depresi nih, coba saja berjemur di bawah matahari pagi. Karena, paparan sinar matahari di pagi hari mampu menghindarkan kamu dari rasa depresi. Kurangnya paparan sinar matahari bisa menurunkan kadar hormon serotonin di dalam tubuh kamu. Makanya kamu akan lebih gampang mengalami depresi.


4. Memperbaiki kualitas tidur

Selain bisa mencegah depresi, berjemur di pagi hari juga bisa memperbaiki kualitas tidur kamu. paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin ini adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Kalau kadar melatonin di dalam darah kamu rendah, maka siklus tidur kamu bisa terganggu.


5. Menekan resiko kanker

Terpapar sinar matahari secara berlebihan memang bisa memicu penyakit kanker kulit. Tapi kalau dalam kadar yang tepat, paparan sinar matahari justru bisa mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker ovarium, kanker pankreas, kanker usus besar, dan kanker getah bening.


Itulah beberapa manfaat berjemur di pagi hari. Paparan sinar matahari pagi mempunyai beragam manfaat bagi tubuh. Tapi, jangan terlalu banyak terpapar sinar matahari, karena bisa berbahaya bagi kulit.

Pastikan kamu berjemur pada waktu yang tepat dan enggak berlebihan. Jam yang bagus buat berjemur di pagi hari adalah jam 8-10 pagi, maksimal 10-15 menit sebanyak 2-3 kali seminggu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel