Tempat-Tempat Wisata Instagramable Ini Dulunya Adalah Bekas Pertambangan

Tempat wisata yang dulunya bekas pertambangan - Pertambangan di Indonesia banyak sekali jenisnya, mulai dari batu bara, kapur, pasir, minyak, dan lain-lain. Keberadaannya bisa ditemukan di berbagai tempat. Meskipun begitu, enggak jarang pertambangan ini bikin masyarakat sekitar tidak tenang, karena dampak yang ditimbulkannya.

Tempat wisata yang dulunya bekas pertambangan
Bekas tambang tapi Instagramable banget via instagram.com

Karena itu, banyak pertambangan yang mulai ditinggalkan, baik itu karena sering mendapatkan protes dari masyarakat sekitar, dicabut izinnya, sudah tidak ada lagi hasil tambang, dan lain-lain. Alhasil, pertambangan tersebut meninggalkan bekas-bekas.

Namun, siapa sangka kalau bekas-bekas pertambangan tersebut ternyata bisa disulap menjadi tempat wisata, bahkan sangat Instagramable. Penasaran? Berikut beberapa tempat wisata yang dulunya adalah bekas pertambangan versi Arimpi.Com.


1. Bukit Jaddih, Madura

Tempat wisata yang dulunya bekas pertambangan
Bukit Jaddih via instagram.com

Tempat wisata yang dulunya bekas tambang kapur ini berada di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura. Ketika kamu datang ke sini, maka kamu bakal disuguhi pemandangan bukit kapur yang putih dan indah. Apalagi, ditambah dengan danau yang berwarna biru, dijamin cocok banget deh buat foto-foto.


2. Telaga Biru Cisoka, Tangerang

Tempat wisata yang dulunya bekas pertambangan
Telaga Biru Cisoka via instagram.com

Tempat wisata yang dulunya tambang galian pasir ini berada di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Di sini, terdapat telaga yang memiliki warna biru yang indah. Bahkan, kalau dilihat dari atas, danau ini seolah membentuk tanda 'love'. Kamu bisa foto-foto dengan latar danau tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menaiki perahu yang sudah disediakan sama pengelola buat menjajal telaga tersebut.


3. Batu Jamur, Gresik

Tempat wisata yang dulunya bekas pertambangan
Batu Jamur via instagram.com

Tempat wisata yang terletak di Dusun Dukun, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini dulunya merupakan tambang batu. Yang menjadi keunikan di tempat ini, terletak pada bentuk bebatuan yang menyerupai bentuk jamur yang jumlahnya puluhan dan berukuran besar. Karena itulah tempat ini diberi nama Batu Jamur. Sehingga, tempat ini cocok banget buat latar belakang foto-foto kamu biar tambah keren.


4. Danau Kaolin, Belitung

Tempat wisata yang dulunya bekas pertambangan
Danau Kaolin via instagram.com

Danau yang berada di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung ini merupakan bekas tambang kaolin, dan sekarang menjadi salah satu destinasi favorit wisata di Bangka Belitung. Dengan air danau yang berwarna biru serta tanah yang putih, bakal bikin foto-foto kamu serasa di luar negeri.


5. Tebing Breksi, Sleman

Tempat wisata yang dulunya bekas pertambangan
Tebing Breksi via instagram.com

Tempat wisata Tebing Breksi yang berlokasi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta ini berasal dari endapan gunung api purba yang usianya sudah ratusan tahun. Di beberapa spot, tebing itu dipahat berbagai bentuk, misalnya wayang yang dipahat oleh seniman lokal. Bahkan, tempat wisata ini enggak jarang dijadikan sebagai lokasi pre wedding, karena view-nya yang Instagramable banget.


6. Danau Quarry, Bogor

Tempat wisata yang dulunya bekas pertambangan
Danau Quarry via instagram.com

Danau Quarry berasal dari sisa galian yang berada di Kampung Nanggaherang, Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeng, Kabupaten Bogor. Danau dengan air berwarna hijau toska ini akan memanjakan mata bagi para wisatawan yang datang. Pasalnya, pemandangan danau ini sangat indah karena dikelilingi tebing yang tinggi.


Itulah beberapa tempat wisata yang dulunya merupakan bekas pertambangan. Bagaimana? Sangat bagus bukan? Apakah kamu pernah mengunjungi salah satunya? Kalau belum, yuk bikin agenda buat ke sana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel