Inilah Cara Mengatasi Mahalnya Ongkir Saat Belanja Online

Mengatasi mahalnya ongkir saat belanja online - Buat kamu yang hobi banget atau pernah belanja online, pasti udah enggak aneh dengan yang namanya ongkir atau ongkos kirim. Ongkir adalah besaran biaya yang harus kamu keluarkan buat membayar jasa pengiriman barang, hingga ke rumah kamu.

Mengatasi mahalnya ongkir saat belanja online
Cara mengatasi ongkir belanja online yang mahal via ilacc.com

Adapun besaran biayanya berbeda-beda, tergantung dari ketentuan si penjual atau jauh dekatnya alamat kamu dengan si penjual. Terkadang, ada juga si penjual yang menyamaratakan harga ongkir, bahkan bebas ongkir alias gratis.

Kalau ongkirnya gratis dan murah sih mending. Lalu, bagaimana kalau ongkirnya ternyata mahal? Bahkan, harga ongkirnya hampir sama bahkan melebihi harga barang? Kan bikin pusing jadinya, dan kamu perlu mikir dua kali buat membeli barangnya.

Lalu, bagaimana cara kamu mengatasi mahalnya biaya ongkir? Padahal kamu pengen banget belanja online. Yuk simak dan coba 4 tips di bawah ini.


1. Lakukan survei terlebih dahulu

Mengatasi mahalnya ongkir saat belanja online
Survei dulu via abc.net.au

Sebelum kamu membeli barang di toko online, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu dan jangan terburu-buru, ya. Alangkah baiknya kamu cek terlebih dahulu beberapa penjual atau situs toko online yang kamu incar, mulai dari lokasi, kualitas, sampai harga yang ditentukan.

Terkadang, kamu bisa menemukan beberapa toko online di media sosial yang dekat sama lokasi rumahmu. Jadinya, kamu bisa melakukan COD (cash on delivery), deh. Selain irit ongkir, kamu juga bisa langsung mengecek kondisi barang di depan penjualnya.

Akan tetapi, kalau kamu enggak menemukan situs toko online yang dekat sama rumahmu, coba saja cari situs toko online yang menyediakan suatu produk, sekaligus dengan biaya ongkir. Jadi, kamu enggak perlu pusing sama biaya ongkir buat barang yang kamu mau beli.


2. Perbandingan harga

Mengatasi mahalnya ongkir saat belanja online
Lihat perbandingan harga via pixabay.com

Nah, ini yang harus banget kamu lakukan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kamu bisa gampang banget menemukan suatu produk yang kamu incar di berbagai situs toko online. Tentu saja, pilih mana yang paling murah, karena bisa mengurangi biaya ongkir ke rumahmu.


3. Usahakan beli cuma di satu penjual saja

Mengatasi mahalnya ongkir saat belanja online
Beli banyak barang hanya di satu penjual saja via medium.com

Kalau kamu berencana buat membeli beberapa barang, usahakan beli di satu penjual saja. Kenapa? Karena, selain kamu bisa menghemat ongkir, kamu akan mendapatkan semua barangnya sekaligus ketika barangnya sampai. Lebih praktis, bukan?

Bahkan nih, enggak jarang ada beberapa penjual yang memberikan bonus buat para pembeli yang membeli banyak barang. Contohnya seperti sample produk, souvenir, dan lain-lain.


4. Mencari promo di e-commerce

Mengatasi mahalnya ongkir saat belanja online
Cari promo via pixabay.com

Saat ini, banyak sekali e-commerce yang bisa kamu pilih dan gunakan. Biasanya, para e-commerce ini suka memberikan promo gratis ongkir. Tujuannya yakni buat menyaingi para penjual online di media sosial.

Nah, ini peluang kamu buat berbelanja saat mereka memberlakukan gratis ongkir untuk suatu produk. Selain itu, e-commerce ini juga terkadang menyediakan diskon yang menggiurkan. Lumayan bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel