Tips Mengatur Keuangan Kamu Setelah Resign, Biar Enggak Keteteran

Tips mengatur keuangan setelah resign - Saat baru resign dari pekerjaan dan belum mendapatkan pekerjaan yang baru lagi, tentu saja keuangan kamu akan tergerus. Pastinya akan lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan yang bahkan sudah enggak ada lagi. Apalagi kamu enggak punya penghasilan tambahan.

Tips mengatur keuangan setelah resign
Tips mengatur keuangan kamu setelah resign dari pekerjaan via detik.com

Kalau sudah begitu, pasti yang ada kamu akan terus kepikiran dan stres. Apalagi kamu selalu ditolak di sana sini saat mencari pekerjaan yang baru.

Karena itu, pentingnya mengatur keuangan sebelum resign dari pekerjaan lama. Sehingga, pengeluaran kamu enggak semakin tergerus, sementara menunggu pemasukan yang masih belum pasti. Baca juga Cara Resign dari Tempat Kerjaan.

Kalau begitu, yuk simak penjelasan versi Arimpi.Com tentang apa saja yang harus kamu lakukan sama keuangan kamu setelah resign dari pekerjaan berikut ini.


1. Pandai-pandai menabung sebelum resign

Ketika kamu sudah ada wacana mau resign, maka kamu harus rajin menabung jauh-jauh hari. Minimal 3 bulan sebelum resign. Karena, yang tabungan tersebut nantinya buat digunakan selama kamu menganggur dan belum mendapatkan pekerjaan baru lagi.

Kalau kamu enggak punya tabungan selama masa menganggur, maka yang ada kamu akan repot sendiri. Tapi kalau masih punya tabungan kan enak.


2. Harus hidup hemat

Meskipun kamu masih punya tabungan, kamu tetap harus hidup hemat selama belum mendapatkan pekerjaan yang baru. Kenapa? Karena kamu enggak tahu sampai kapan kamu akan mendapatkan pekerjaan baru. Bisa saja masih lama, atau sebentar lagi.

Jadi, sembari menunggu pekerjaan baru, kamu untuk sementara hidup hemat saja dulu. Enggak ada salahnya kok hidup hemat. Kamu juga bisa membiasakan diri buat enggak hidup boros.


3. Pandai memilih kebutuhan pokok

Kamu harus menurunkan gengsi kamu dulu dalam memilih kebutuhan pokok. Kalau biasanya kamu menggunakan produk atau makanan yang berkelas tinggi, kamu bisa menurunkan levelnya dulu di saat masih mencari pekerjaan baru.

Karena, untuk produk kebutuhan pokok yang level tinggi, biasanya harganya mahal. Kalau kamu sering membelinya di saat belum ada pemasukan, maka tabungan kamu akan semakin habis.


4. Utamakan pengeluaran untuk cicilan

Kalau kamu masih mempunyai cicilan, utamakan dulu buat membayarnya. Dan juga, pastikan kamu masih punya pegangan uang buat membayar cicilan dan buat kebutuhan sehari-hari.

Kalau kamu mengesampingkan cicilan, maka yang ada kamu bakal dikejar-kejar terus saja debt colector. Kan enggak enak main kucing-kucingan terus.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan buat mengatur keuangan setelah resign dan belum mendapatkan pekerjaan baru. Jadi, untuk sementara kamu menurunkan dulu gaya hidup dan gengsinya selama belum mendapatkan pekerjaan baru. Biar kamu enggak keteteran akibat kehabisan tabungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel