6 Hal Ini Bisa Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Ponsel Baru

Pertimbangan sebelum membeli ponsel baru - Semakin banyaknya model ponsel yang bertebaran di pasaran, semakin bikin kamu ngiler dan bingung. Apalagi, semakin ke sini para vendor ponsel mengupgrade produk-produk barunya dengan spesifikasi yang menggiurkan, dan dengan harga yang semakin terjangkau.

Pertimbangan sebelum membeli ponsel baru
Beberapa hal ini harus kamu pertimbangkan di saat mau membeli ponsel baru via pctechmag.com

Pastinya, dengan semakin banyaknya ponsel keluaran terbaru, semakin membuat kamu penasaran buat memilikinya. Selain itu, juga buat gengsi-gengsian biar selalu terlihat up to date sama ponsel-ponsel keluaran terbaru. Makanya, hal itu kerap bikin kamu selalu gonta-ganti ponsel.

Enggak salah sih kamu gonta-ganti ponsel. Tapi lihat dulu, apakah kamu memang benar-benar membutuhkan ponsel tersebut? Karena, jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari setelah membeli ponsel baru.

Karena itu, sebelum kamu membeli ponsel yang baru, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal-hal berikut ini.


1. Ketahuilah apa yang paling kamu butuhkan dari ponsel tersebut

Pertimbangan sebelum membeli ponsel baru
Belilah ponsel yang sesuai dengan kebutuhan kamu via kumparan.com

Ketika kamu sudah yakin sama sebuah ponsel dan mau banget membelinya, pastikan kamu sudah tahu apa yang paling kamu butuhkan dari ponsel tersebut.

Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa spesifikasi dari ponsel tersebut seperti kameranya, ukuran layarnya, kapasitas batere, ukuran RAM, kualitas kamera, kinerja mesin, dan lain-lain. Kalau memang semua itu ada dalam satu ponsel, maka kamu bisa membelinya.


2. Sesuaikan sama budget kamu

Pertimbangan sebelum membeli ponsel baru
Sesuaikan sama budget yang kamu punya via viva.media

Suatu hal terpenting yang harus kamu sadari, yaitu kamu enggak bisa mendapatkan performa ponsel yang hebat dan dengan segala fitur canggih dengan harga yang murah. Tapi buat zaman sekarang, jangan khawatir kalau kamu mempunyai budget yang terbatas saat ingin membeli ponsel.

Kini, ponsel dengan harga murah pun sudah mempunyai fitur dan spesifikasi yang sudah mumpuni. Tapi tetap saja, tentunya ada bagian-bagian atau fitur lainnya yang dikurangi.

Jadi, kalau kamu mau mendapatkan semua fitur dan spesifikasi yang premium dalam satu buah ponsel, maka budget yang kamu keluarkan harus besar.


3. Mendukung sistem operasi terbaru

Pertimbangan sebelum membeli ponsel baru
Belilah ponsel dengan OS terbaru via okezone.com

Kalau kamu calon pembeli smartphone Android, ada baiknya kamu cari ponsel yang sudah mendukung sistem operasi terbaru, seperti Android 7.0 Nougat ke atas. Karena dengan OS ini, kamu bisa mendapatkan aplikasi terbaru.

Apabila kamu adalah calon pembeli ponsel iPhone, memang akan jadi sedikit sulit, karena sistem operasinya yang berbasis iOS ini seringkali melakukan pembaruan yang enggak mendukung ponsel yang sudah sedikit lawas. Oleh karena itu, kamu harus membeli ponsel-ponsel dengan iOS terbaru.


4. Cobalah membeli ponsel keluaran tahun lalu

Pertimbangan sebelum membeli ponsel baru
Enggak ada salahnya kamu membeli ponsel keluaran lawas via businessinsider.com

Trik ini biasanya dipakai sama para calon pembeli iPhone yang harus menunggu produk selanjutnya keluar, agar harga iPhone model lama yang mau mereka beli menjadi turun. Namun sayangnya, kamu enggak bisa mendapatkan update iOS terbarunya, dan mendapatkan fitur-fitur yang hanya didukung iOS baru tersebut.

Membeli ponsel yang diproduksi satu tahun ke belakang sebenarnya bukan ide buruk, sih. Kecuali kalau kamu punya gengsi yang besar, maka pastinya trik ini enggak bakal kamu pakai.

Tapi, meskipun kamu membeli ponsel keluaran terbaru, asalkan semua spesifikasi yang ada di ponsel itu benar-benar kamu butuhkan untuk kegiatan kamu sehari-hari, ya sah-sah saja kamu membelinya.


5. Tes pemakaian di saat kamu mau membeli ponsel

Pertimbangan sebelum membeli ponsel baru
Tes pemakaian dulu saat di toko via gazelle.com

Di toko-toko yang menjual ponsel, pastinya disediakan model ponsel yang bisa dicoba sama calon pembeli. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut buat mencoba dan mengetes ponsel yang akan kamu beli.

Contohnya seperti menggenggam ponsel tersebut secara langsung. Gunakan sebagaimana kamu akan menggunakan ponsel itu setelah kamu membeli dan merasakan sensasinya. Apakah kamu merasa nyaman dan percaya diri saat memegangnya? Ataukah kamu agak kerepotan saat mengoperasikannya? Hal ini bisa kamu pertimbangkan.


6. Pertimbangkan aplikasi yang berbayar

Pertimbangan sebelum membeli ponsel baru
Ada aplikasi di ponsel yang berbayar via indiatvnews.com

Kalau kamu adalah pengguna iPhone dengan puluhan aplikasi, musik, dan video berbayar pada perangkat iPhone yang lama, ada baiknya kalau kamu beli produk iPhone lagi, kalau kamu masih ingin mengakses data-data tersebut.

Hal yang sama juga berlaku sama pengguna perangkat Android. Kalau kamu berpindah dari iOS ke Android atau sebaliknya, sangat disayangkan kalau kamu sudah menghabiskan banyak uang buat membeli aplikasi berbayar. Kecuali kalau kamu ikhlas, mencoba ponsel lain juga enggak ada salahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel