7 Hal Berikut Akan Kamu Temukan Saat Berwisata ke Pulau Bawean

Wisata ke Pulau Bawean - Mungkin kamu baru atau pernah mendengar yang namanya Pulau Bawean, bukan? Yups, pulau ini enggak terlalu familiar dibandingkan pulau-pulau lainnya di Indonesia, seperti Pulau Bali, Pulau Lombok, dan lain-lain. Meskipun begitu, potensi wisata di Pulau Bawean cukup menjanjikan.

Wisata ke Pulau Bawean
Hal-hal yang kan kamu temukan saat wisata ke Pulau Bawean via bromoadventure.com

Pulau Bawean memiliki luas sekitar 196,3 meter persegi. Pulau ini terletak di Laut Jawa, sekitar 120 km sebelah utara Gresik, Jawa Timur. Secara administrasi, pulau ini masih masuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik, dan hanya memiliki dua kecamatan, yakni Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak.

Untuk mencapai Pulau Bawean, kamu bisa menggunakan kapal dari pelabuhan Gresik atau Surabaya, dengan menempuh perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam. Atau, kamu juga bisa menggunakan pesawat, karena di pulau ini ada Bandara Harun Thohir. Meskipun begitu, hanya pesawat tertentu saja yang mendarat di pulau ini.

Nah, kalau kamu mau berwisata dan menghabiskan waktu liburan di Pulau Bawean, berikut hal-hal yang akan kamu temukan di pulau eksotis tersebut.


1. Pulau Putri

Wisata ke Pulau Bawean
Pulau Putri adalah nama lain Pulau Bawean via jetranirezadias.com

Pulau Bawean dikenal dengan nama Pulau Putri. Karena, ada legenda yang beredar tentang adanya seorang putri raja yang meninggal di pulau ini. Selain itu, julukan Pulau Putri juga karena mayoritas penduduk di pulau ini adalah cewek semua. Sedangkan yang cowoknya merantau keluar pulau untuk mencari kerja. Karena itu, jangan heran kalau kamu mendatangi pemukiman penduduk di Pulau Bawean, kamu akan menemukan banyak cewek dibandingkan cowok.


2. Rusa endemik khas Bawean

Wisata ke Pulau Bawean
Rusa endemik khas Bawean via yukpiknik.com

Di Pulau Bawean, kamu enggak akan menemukan hal unik ini di tempat lain, yakni rusa endemik khas Bawean, dengan nama latin Axis kuhli. Di sini, terdapat tempat penangkaran rusa yang dikelola oleh pemerintah. Sehingga, hewan ini termasuk spesies yang dilindungi.


3. Pantai Gili Timur

Wisata ke Pulau Bawean
Suasana di Pantai Gili Timur via yukpiknik.com

Pulau Bawean dikelilingi oleh beberapa pulau kecil. Salah satunya adalah Pantai Pulau Gili, yang berjarak sekitar 2,3 km dari timur Pulau Bawean. Kalau kamu datang ke pulau ini, maka kamu akan menemukan keindahan pantai yang tiada duanya. Karena belum terjamah banyak wisatawan, makanya enggak heran kalau kebersihan dan keeksotisan pulau yang hanya dihuni oleh sekitar 700 kepala keluarga ini masih terjaga.


4. Tanjung Gaang

Wisata ke Pulau Bawean
Keindahan batu karang di Tanjung Gaang via rusabawean.com

Kalau kamu mau melihat hamparan batu karang, maka kamu bisa mendatangi Tanjung Gaang, yang terletak sekitar 8 km dari Kecamatan Sangkapura. Kamu bisa mencapainya dengan menggunakan perahu nelayan atau mendaki batu karangnya. Di sini, kamu bisa melihat hamparan batu karang di atas laut berwarna biru-tosca. Dijamin bikin mata kamu puas memandangnya.


5. Gili Noko

Wisata ke Pulau Bawean
Pasir putih di Gili Noko via bromoadventure.com

Buat kamu yang pecinta laut, cobalah main ke Gili Noko. Dijamin enggak akan merasa kecewa. Karena, pesona gugusan pasir putih yang memanjang dan keindahan taman laut di Gili Noko enggak diragukan lagi. Kamu bisa mencoba diving atau pun menyelam buat menikmati keindahan bawah lautnya. Selain itu, pulau dengan penghuni sekitar 70 kepala keluarga ini enggak terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Sehingga, kamu bisa menikmati liburan secara eksklusif.


6. Pulau Noko Selayar

Wisata ke Pulau Bawean
Gugusan pasir di Pulau Nomo Selayar via hipwee.com

Pulau Noko Selayar terletak berdekatan dengan Pulau Selayar Bawean. Sama seperti Gili Noko, Pulau Noko Selayar mempunyai gugusan pasir putih memanjang, tapi lebih kecil dari Gili Noko. Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan taman bawah laut dan ikan warna-warni di pulau ini.


7. Danau Kastoba

Wisata ke Pulau Bawean
Keeksotisan Danau Kastoba via ksmtour.com

Kalau kamu bosan main di laut atau pantai, kamu bisa mendatangi Danau Kastoba yang berada di tengah Pulau Bawean, tepatnya di Kecamatan Tambak. Pemandangan yang disuguhkan di danau alami ini enggak kalah cantik, loh. Suasana tenang dan damai akan kamu dapatkan di danau dengan luas sekitar 725 ha ini.

Konon katanya, kalau mandi di danau ini akan bikin awet muda. Namun, ada mitos juga yang mengatakan kalau cewek yang sedang haid enggak boleh mengunjungi danau ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel