Awas, Kamu Dilarang Menggunakan Gadget di Waktu-Waktu Berikut Ini

Waktu-waktu yang dilarang menggunakan gadget - Memainkan gadget pastinya sangat asyik dan menyenangkan. Apapun itu, mau chattingan, bermain game, browsing, streaming, atau pun lainnya yang bisa dilakukan gadget. Saking asyiknya, kamu bahkan susah buat lepas dari benda satu itu. Pastinya kamu selalu membawanya ke mana-mana.

Waktu-waktu yang dilarang menggunakan gadget
Kamu dilarang menggunakan gadget di waktu-waktu berikut ini via zdnet.com

Semakin kamu keseringan dan kecanduan bermain gadget, semakin susah buat kamu melepasnya. Bahkan, baterenya low saja sudah bikin kamu kebakaran jenggot. Apalagi posisinya enggak ada charger dan power bank. Pasti dah kamu merasa hidup kamu hancur.

Enggak salah sih sebenarnya kamu bermain gadget. Apapun itu kebutuhannya, seperti menghilangkan kejenuhan, berkomunikasi, mencari informasi, ataupun lainnya, pasti kamu membutuhkan gadget. Tapi, ada kalanya kamu harus menjauhi gadget di waktu-waktu tertentu. Loh kenapa?

Biar lebih jelas, yuk simak penjelasan tentang waktu-waktu yang dilarang buat kamu bermain gadget versi Arimpi.Com berikut ini.


1. Ketika mau tidur di malam hari

Waktu-waktu yang dilarang menggunakan gadget
Ketika mau tidur via medicalnewstoday.com

Ketika kamu mau tidur di malam hari, alangkah baiknya kamu menyudahi bermain gadget dan menjauhkannya. Kenapa? Karena cahaya putih-biru dari gadget bisa menginterupsi otak kamu dalam memproduksi hormon melatonin, yang dibutuhkan tubuh buat mengatur waktu tidur. Sehingga, bisa bikin kamu susah tidur dan insomnia. Baca juga Kuat Begadang Tanpa Kebablasan.

Makanya, kalau kamu enggak mau mengalami insomnia, batasi pemakaian gadget di malam hari, apalagi ketika menjelang tidur. Biar tidur kamu lebih nyenyak dan berkualitas.


2. Ketika sudah menatap layar komputer selama tiga jam tanpa jeda

Waktu-waktu yang dilarang menggunakan gadget
Berjam-jam menatap komputer via hackbrightacademy.com

Kalau pekerjaan kamu berhubungan sama komputer, pasti akan sulit rasanya buat lepas. Apalagi jam kerja kamu terbilang panjang. Makanya, enggak heran kalau mata kamu terasa lelah saat menatap layar selama tiga jam lebih.

Bahkan parahnya, kamu menambahkan kelelahan mata kamu dengan bermain gadget setelah menatap layar komputer. Ini bisa bikin kamu menderita Computer Vision Syndrome, seperti mata lelah, mata tegang, mata merah, iritasi, dan pandangan mengabur. Baca juga Kebiasaan Buruk yang Bikin Cepat Lelah.

Karena itu, lebih baik kamu mengistirahatkan mata kamu setelah tiga jam menatap layar. Kamu bisa dengan melihat pemandangan keluar atau sekedar ngobrol sama teman atau siapapun. Kalau istirahat kamu dengan bermain gadget, ya sama saja bohong.


3. Ketika sedang menyetir

Waktu-waktu yang dilarang menggunakan gadget
Ketika sedang menyetir via thecomet.net

Bermain gadget di saat menyetir sangatlah dilarang, karena bisa membahayakan si pengemudi sendiri dan orang lain. Bahkan pihak kepolisian pun sudah mengeluarkan imbauan dan larangan agar enggak menggunakan gadget selama menyetir.

Bahkan nih, menurut salah seorang profesor bidang Psikologi di University of Utah, David Strayer, mengatakan kalau kamu menggunakan ponsel di saat menyetir, akan memiliki efek yang sama dengan menyetir di saat mabuk. Karena, pikiran kamu akan teralihkan dari jalanan, dan lebih fokus dengan gadget kamu. Bahaya banget, bukan?

Karena itu, simpan dulu gadget kamu kalau sedang menyetir. Kalaupun memang mau menggunakan gadget, seperti untuk membalas pesan penting atau menerima telepon, lebih baik kamu menepikan dulu kendaraan kamu dan berhenti, barulah menggunakan gadget.


4. Ketika sedang kumpul bareng keluarga dan teman

Waktu-waktu yang dilarang menggunakan gadget
Sedang kumpul bareng via liquidline.co.uk

Ketika kamu sedang kumpul bareng keluarga atau teman, lebih baik kamu simpan atau jauhkan dulu gadget kamu. Karena, kalau kamu bermain gadget secara intens ketika sedang kumpul bareng, maka bisa bikin kamu mengalami kemunduran secara sosial. Kenapa?

Karena, interaksi yang terlalu sering di dunia maya atau media sosial, telah membuktikan kalau kamu merasa kesepian, sebab seakan kamu enggak memiliki teman sebenarnya di dunia nyata. Dan parahnya, ada yang menjadi stres dan depresi karena terlalu lama menggunakan gadget.

Oleh karena itu, kalau kamu sedang kumpul bareng, jauhkan dulu gadget kamu. Bersosialisasilah dengan mereka buat menjaga lingkaran sosial dan tali silaturahmi. Serta, biar quality time bareng keluarga dan teman semakin berkualitas.


5. Ketika sedang berduaan dengan pasangan

Waktu-waktu yang dilarang menggunakan gadget
Asyik berduaan tanpa gadget via videoblocks.com

Ini nih yang kadang bikin pertengkaran antara sepasang kekasih. Yang satunya asyik main gadget dan sibuk sendiri, padahal sedang kencan berdua. Karena itu, lebih baik kamu jauhkan dulu gadget kamu dan berinteraksi langsung dengan dia. Dengarkan curhatannya, ceritanya, dan leluconnya.

Hubungan asmara yang awet adalah hubungan yang enggak menggunakan gadget di saat sedang berduaan saja. Karena, kualitas hubungan kamu menjadi lebih baik karena adanya interaksi dan komunikasi. Jadi, dunia serasa milik berdua, bukan milik gadget.


Itulah waktu-waktu yang dilarang buat kamu bermain gadget. Perlu diingat, menggunakan dan bermain gadget boleh-boleh saja. Tapi, kamu jangan sampai terlalu sering dan kecanduan sama gadget, sehingga mengabaikan keadaan di sekeliling kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel