Tips Liburan yang Aman Budget dan Enggak Bikin Kantong Jebol

Tips liburan yang aman budget dan enggak bikin kantong jebol - Ketika sudah memasuki tanggal merah, akhir pekan, atau akhir tahun, liburan sudah menjadi menu wajib bagi orang-orang. Bahkan nih, liburan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Rasanya seperti hambar kalau tanggal merah tanpa liburan.

Tips liburan yang aman budgetnya dan enggak bikin kantong jebol
Tips liburan yang aman budget dan enggak bikin kantong jebol via traveller.com.au

Meskipun begitu, kamu harus hati-hati nih saat liburan. Soalnya, liburan yang seharusnya bikin kamu senang, malah bikin kamu pusing karena keuangan yang jebol. Bahkan, tabungan kamu terkuras habis ketika liburan.

Biar hal itu enggak terjadi, berikut akan dijelaskan nih tips liburan yang aman budgetnya dan enggak bikin kantong kamu jebol. Yuk simak.


1. Rencanakan liburan jauh-jauh hari

Tips liburan yang aman budgetnya dan enggak bikin kantong jebol
Buatlah perencanaan jauh-jauh hari via ytravelblog.com

Kalau kamu sudah ada niatan mau liburan, baik itu pas weekend atau akhir pekan, tanggal merah hari-hari besar, ataupun pas akhir tahun, ada baiknya kamu merencanakannya jauh-jauh hari, jangan mendadak. Kalau bisa, sebulan atau dua bulan sebelumnya.

Dengan begitu, kamu bisa merencanakannya matang-matang tentang liburan kamu, mau ke mana saja, berapa estimasi biayanya, berapa lama, dan lain-lain. Bahkan nih, kalau kamu booking tiket, entah itu tiket transportasi ataupun hotel, akan ada banyak pilihan yang murah, karena masih banyak ketersediaan.

Beda cerita kalau kamu dadakan, maka yang ada semua full booking, dan kamu mau enggak mau harus mencari yang agak mahal yang jarang diminati. Jebol deh kantong kamu.


2. Rajin memantau aplikasi atau website hotel

Tips liburan yang aman budgetnya dan enggak bikin kantong jebol
Pantau terus promonya via quickenloans.com

Dengan rajin memantau aplikasi atau website hotel-hotel, maka kamu bisa menyortir tempat mana saja yang menawarkan harga murah, atau bahkan menawarkan harga promo. Kan lumayan kalau kamu bisa mendapatkan hotel yang murah dan terjangkau.


3. Ganti destinasi wisata ke luar negeri dengan wisata di dalam negeri

Tips liburan yang aman budgetnya dan enggak bikin kantong jebol
Destinasi wisata di Indonesia enggak kalah sama yang di luar negeri via kanalwisata.com

Kalau kamu mau berwisata ke luar negeri, mending pikir-pikir lagi, deh. Soalnya, biasanya ongkos ke luar negeri itu mahal dan kurang bersahabat dengan kantong. Apalagi, kalau nilai Rupiah sedang melemah. Pastinya akan bertambah mahal.

Nah, sebagai gantinya, coba deh kamu eksplore tempat-tempat wisata yang ada di dalam negeri. Banyak kok tempat wisata di Indonesia yang enggak kalah bagus sama yang di luar negeri, dan pastinya terjangkau. Selain itu, kamu juga enggak perlu repot-repot mengurus visa dan paspor cuma buat liburan saja.


4. Bikin estimasi budget buat liburan dengan pendapatan

Tips liburan yang aman budgetnya dan enggak bikin kantong jebol
Atur dan sesuaikan budget kamu via afrotourism.com

Kalau kamu sudah mempunyai rencana buat liburan, coba deh kamu hitung-hitung lagi. Apakah biaya yang kamu keluarkan buat liburan, lebih besar dari pendapatan atau enggak? Usahakan pilih tempat liburan yang seimbang sama pendapatan kamu.

Disarankan nih, alangkah baiknya kamu jauh-jauh hari menabung dengan menyisihkan 10% pendapatan kamu buat liburan. Jadi, ketika waktunya tiba, kamu enggak perlu lagi bingung dengan budget.


5. Ajak teman selama liburan

Tips liburan yang aman budgetnya dan enggak bikin kantong jebol
Bersama teman lebih asyik via godiscoverabroad.com

Dengan mengajak teman selama liburan, maka kamu bisa patungan dengan mereka dan menghemat biaya. Contohnya seperti biaya buat menginap, transportasi, makanan, dan lain-lain. Selain itu, dengan mengajak teman juga bikin liburan kamu makin asyik ketimbang liburan sendirian atau solo traveling.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba biar budget liburan kamu aman dan enggak bikin kantong jebol. Karena hakikatnya, liburan itu buat bikin kamu senang. Percuma liburan namanya kalau kamu tetap pusing sama biaya yang harus dikeluarkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel