Inilah Beberapa Penyakit yang Zaman Dulu Dikira Akibat Serangan Sihir dan Ilmu Hitam

Penyakit yang dulu dikira akibat sihir atau ilmu hitam - Di era sekarang, pastinya kamu sudah tahu kalau suatu penyakit bisa dijelaskan penyebabnya secara ilmiah. Bahkan, kamu paham betul penyebab dari beberapa penyakit. Tapi, tahukah kamu kalau pada zaman dulu, beberapa penyakit sering dikira akibat perbuatan sihir dan ilmu hitam?

Penyakit yang dulu dikira akibat sihir atau ilmu hitam
Penyakit-penyakit berikut sempat dikira akibat perbuatannya sihir dan ilmu hitam via merdeka.com

Zaman dulu, banyak orang yang dituduh melakukan sihir karena penyakit yang diderita oleh seseorang. Sehingga, mereka akhirnya ditangkap dan dibunuh. Bahkan bukan hanya itu, ada juga yang menganggap bahwa penyakit tersebut dikarenakan kutukan dewa atau ulah setan. Unik banget, bukan?

Daripada kamu penasaran, berikut beberapa penyakit yang dulunya dikira perbuatan sihir atau ilmu hitam.


1. Epilepsi

Penyakit yang dulu dikira akibat sihir atau ilmu hitam
Orang dengan penyakit epilepsi via berita-sulsel.com

Penyakit epilesi adalah penyakit dengan kondisi neurologikal yang menyebabkan kejang. Hal tersebut dikarenakan terganggunya aktivitas di otak. Saat ini, sebanyak 65 juta orang di seluruh dunia mengidap penyakit ini.

Ketika seseorang mengalami epilepsi, maka orang tersebut menjadi pingsan atau enggak sadarkan diri disertai kejang-kejang. Gejala tersebut bikin seseorang kesulitan dalam menguasai dirinya. Makanya, pada masa lalu penyakit ini sering dikira akibat kena ilmu sihir.


2. Gangguan jiwa

Penyakit yang dulu dikira akibat sihir atau ilmu hitam
Orang gangguan jiwa via hallosehat.com

Masalah gangguan kejiwaan seperti schizophrenia dan gangguan identitas disasosiatif, seringkali bisa bikin perubahan kepribadian dan emosional buat seseorang. Inilah yang bikin penyakit ini sering dikira akibat kena serangan ilmu sihir.

Pada zaman dulu, ketika ada yang mengalami gangguan kejiwaan, orang-orang sering melakukan upacara atau ritual tertentu. Hal itu dikarenakan mereka kesurupan roh jahat. Sehingga, ritual tersebut bertujuan untuk mengusir roh jahat tersebut. Bahkan, praktek seperti ini masih ada saja hingga sekarang.


3. Keracunan jamur Ergot

Penyakit yang dulu dikira akibat sihir atau ilmu hitam
Jamur Ergot yang tumbuh parasit via joandidion.info

Tanaman jamur tertentu, sepeti jamur Ergot, ternyata bisa bikin penyakit kalau dimakan. Salah satu gejala dari keracunan jamur ini mirip sama penyakit epilepsi atau gangguan kejiwaan.

Gejala lain yang muncul akibat mengonsumsi jamu Egot adalah otot menegang, muntah-muntah, halusinasi, serta efek merasakan sensasi aneh di kulit. Karena itulah, gejala-gejala yang dialami oleh seseorang akibatkan oleh keracunan jamur ini, sering dikaitkan dengan serangan sihir atau ilmu hitam pada masa lalu.


4. Encephalitis Lethargica

Penyakit yang dulu dikira akibat sihir atau ilmu hitam
Orang yang koma via liputan6.com

Penyakit ini bikin seseorang seperti membatu, dan bahkan enggak mampu untuk terbangun dari kasur. Pada masa lalu, penyebab penyakit ini enggak diketahui. Sehingga, ilmu sihir serta ilmu hitam sering disebut sebagai biang keladinya.

Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, pandangan berkunang-kunang, kepala pusing, respons mental dan fisik yang terlambat, serta lambat berpikir. Bahkan, penyakit ini bisa bikin orang yang menderitanya menjadi koma, bahkan hingga meninggal dunia.


Itulah beberapa penyakit yang dulunya dikira perbuatan ilmu hitam dan sihir. Seiring kemajuan ilmu kedokteran, empat penyakit tersebut sudah enggak dianggap lagi diakibatkan oleh ilmu sihir. Meskipun begitu, ada juga beberapa penyakit yang masih sering dianggap karena pengaruh setan atau ilmu hitam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel