Makanan-Makanan Ini Sebaiknya Jangan Disimpan di Dalam Kulkas

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas - Lemari es atau yang biasa disebut kulkas kerap dipakai buat tempat menyimpan makanan biar awet, seperti sayuran, buah-buahan, dan daging mentah. Selain itu, menyimpan makanan di dalam kulkas juga bisa terhindar dari serangan berbagai serangga.

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas
Makanan-makanan ini sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas via easyfood.ie

Tapi, enggak semua makanan bisa disimpan di dalam kulkas, ya. Soalnya, makanan tersebut bisa rusak kalau disimpan di dalam kulkas. Lalu, apa sajakah makanan-makanan yang enggak boleh disimpan di kulkas itu? Berikut penjelasannya.


1. Roti

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas
Via wikipedia.org

Pernahkah kamu menyimpan roti di dalam kulkas? Kalau pernah atau sering, mendingan dihentikan, ya. Karena, roti lebih baik disimpan di suhu ruangan. Kenapa? Soalnya kalau kamu menyimpan roti di dalam kulkas, zat pati yang ada di dalam roti akan cepat berubah menjadi gula kalau kena suhu dingin. Sehingga, bisa bikin roti menjadi keras dan rasanya enggak lezat lagi.


2. Rempah-rempah

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas
Via lifebrown.com

Sama seperti roti, rempah-rempah lebih baik disimpan di dalam suhu ruangan. Justru rempah-rempah akan bisa lebih awet kalau disimpan di suhu ruangan. Karena, kalau kamu menyimpan rempah-rempah di dalam kulkas, maka aromanya akan berkurang. Sehingga, rasa makanannya juga akan kurang enak.


3. Kentang

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas
Via detik.com

Rasa kentang akan berkurang kalau disimpan di dalam kulkas. Biar lebih awet, kentang disimpan di dalam wadah kertas. Kertas tersebut berfungsi menyerap kelembapan kentang. Sehingga, akan bikin kentang bisa bertahan lebih lama.


4. Bawang putih

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas
Via merdeka.com

Bawang putih kalau disimpan di dalam kulkas akan tambah lunak. Aromanya yang tajam juga akan mempengaruhi makanan lain yang juga disimpan di dalam kulkas. Karena itu, biar bawang putih ini lebih awet, caranya sama dengan kentang, yakni membungkusnya di dalam kertas dan disimpan di suhu ruangan yang kering dan gelap.


5. Tomat

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas
Via medium.com

Pastinya kamu sering banget melihat orang yang menyimpan tomat di dalam kulkas. Ternyata, tomat yang disimpan dalam suhu di bawah 5 derajat Celcius, maka kulitnya akan cenderung mengkerut. Bahkan, kandungan airnya juga berkurang.

Memang sih, tomat yang disimpan di dalam kulkas bisa lebih cepat matang. Tapi rasa aslinya akan berubah. Karena itu, ada baiknya kamu menyimpan tomat di dalam wadah kertas dengan suhu ruangan.


6. Kecap

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas
Via tribunnews.com

Suhu kulkas yang dingin bisa bikin tekstur kecap mengeras, sehingga akan susah buat dikeluarkan dari wadahnya. Lagipula, produk kecap sudah ada pengawetnya dari pabrik. Jadi, kamu enggak perlu menyimpannya di dalam kulkas.


7. Melon

Makanan yang jangan disimpan di dalam kulkas
Via halloyahya.com

Di antara semua buah yang biasa disimpan di dalam kulkas, ternyata buah melon termasuk buah yang sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas. Soalnya, antioksidan yang terkandung dalam melon akan berkurang kalau disimpan dalam kulkas.

Akan tetapi, beda cerita kalau kamu menyimpannya dalam keadaan sudah terpotong-potong. Fungsinya adalah buat mencegah pembusukan yang berlangsung lebih cepat dalam bentuk potongan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel