Mengintip Fakta-Fakta Unik Seputar Fenomena Belanja Online

Fakta unik fenomena belanja online - Di zaman yang sudah serba internet ini, fenomena belanja online atau online shopping seakan sudah menjadi gaya hidup. Orang-orang lebih senang duduk berjam-jam di depan gadgetnya cuma buat melihat-lihat barang yang menarik di toko online, kemudian membelinya.

Fakta unik fenomena belanja online
Belanja online sudah menjadi gaya hidup orang Indonesia via luxuryreading.com

Manfaat dan alasan orang-orang yang memilih belanja online pun beragam. Ada yang memilih karena menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Karena, biasanya di toko-toko online tersedia barang yang diinginkan, dan kamu enggak menemukan barang tersebut secara konvensional.

Meskipun banyak yang berbelanja secara online, tapi berbelanja secara konvensional masih banyak yang tetap menjalankan. Namun tetap saja, berbelanja online mempunyai nilai unik dan pengalaman tersendiri dibandingkan belanja secara konvensional langsung ke pasar atau mall. Baca juga Membedakan Produk Asli dan Palsu Saat Belanja Online.

Dalam perkembangannya, orang-orang Indonesia yang berbelanja online mulai memiliki kebiasaan-kebiasaan baru yang bermunculan. Apa sajakah itu? Berikut Arimpi.Com rangkum beberapa fakta unik seputar fenomena belanja online.


1. Orang-orang lebih banyak berbelanja melalui ponsel

Fakta unik fenomena belanja online
Lebih banyak yang pakai ponsel buat belanja online via economictimes.com

Orang-orang saat ini lebih sering menggunakan ponsel dalam berbelanja online ketimbang dekstop atau PC. Berdasarkan survei, angkanya bahkan mencapai 53%. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pembelian lewat ponsel sebanyak 20% per tahunnya. Karena itu, yang tadinya masih fokus di desktop, kini mulai beralih untuk fokus ke ponsel. Hayo, apakah kamu termasuk?


2. Jam istirahat digunakan untuk berbelanja online

Fakta unik fenomena belanja online
Makan siang sambil belanja via restaurant-hospitality.com

Apakah waktu istirahat kamu dipakai buat berbelanja online? Pastinya ada, dong. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya transaksi belanja online yang dilakukan saat jam-jam istirahat, seperti jam makan siang. Angkanya bahkan mencapai 75% berdasarkan hasil survei.

Sedangkan pada pagi hari sebelum makan siang, juga lebih besar transaksinya dibandingkan sore. Pada jam 5 sore mulai turun. Kemudian, naik lagi mulai dari jam 6 sore hingga puncaknya pada jam 8 malam, setelah itu turun lagi.


3. Meskipun hari kerja, namun aktivitas belanja online tetap tinggi

Fakta unik fenomena belanja online
Ada belanja online di tengah kesibukan hari kerja via shutterstock.com

Belanja online di Indonesia ternyata enggak mengenal waktu. Bahkan, sering digunakan pada hari kerja. Hal ini sangat berbanding terbalik dari negara-negara lain yang cenderung berbelanja online di akhir pekan. Hal itu menunjukkan kalau orang Indonesia biasa berbelanja di hari kerja.

Bahkan, perbandingan pada hari kerja dan akhir pekan hampir sekitar tiga kali lipatnya. Puncak belanja online di Indonesia, menurut sebuah survei, berada pada hari Kamis.


4. Penjualan online meningkat tajam pada Bulan Desember

Fakta unik fenomena belanja online
Harbolnas akhir tahun selalu diburu via gadgetsquad.id

Akhir tahun adalah waktu yang paling banyak transaksi online. Apalagi, kerap ada Harbolnas atau Hari Belanja Nasional yang mengambil tanggal cantik. Menurut survei, transaksi masyarakat Indonesia dalam berbelanja online terjadi pada pertengahan Desember. Hal ini berbeda dari negara-negara lain yang mencapai puncaknya pada bulan November.


5. Lapak sosmed menjadi tempat untuk melihat dan berbelanja

Fakta unik fenomena belanja online
Media sosial bagaikan etalase buat lapak via opsilain.com

Orang Indonesia sering menghabiskan waktunya buat mencari barang di media sosial. Sebuah riset mengungkapkan, sekitar 82% masyarakat Indonesia berbelanja lewat Facebook dan 86% lewat Instagram. Cukup tinggi, bukan?


6. Membanding-bandingkan harga

Fakta unik fenomena belanja online
Pilih harga yang pas via pixabay.com

Kamu pastinya kerap membanding-bandingkan harga dari toko online satu dengan yang lainnya. Setelah menemukan harga yang cocok, barulah kamu membelinya. Hal tersebut memang enggak aneh. Karena, orang-orang Indonesia kerap membandingkan harga terlebih dahulu sebelum akhirnya berbelanja online. Kenapa? Karena untuk orang Indonesia, harga sangatlah penting. Benar, bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel