Kamu Sering Merasa Lapar Padahal Baru Saja Makan? Ini Penyebabnya

Penyebab sering merasa lapar padahal baru saja makan - Apakah kamu sering mengalami rasa lapar, padahal kamu baru saja makan? Tenang saja, kamu bukan satu-satunya yang mengalami hal seperti itu. Banyak juga orang-orang di luar sana yang masih merasa lapar, meskipun baru saja makan.

Penyebab sering merasa lapar padahal baru saja makan
Baru saja makan udah lapar lagi via babymed.com

Rasa lapar adalah 'alarm' alami yang menandakan kalau tubuh kamu sedang membutuhkan asupan makanan. Biasanya rasa lapar dibarengi dengan bunyi keroncongan dari perut, tubuh kerasa lemas, pusing, dan menurunnya kemampuan konsentrasi. Tapi, apa jadinya kalau kamu merasa lapar, padahal kamu baru saja makan?

Gejala tersebut biasanya terjadi akibat adanya ketidakseimbangan dalam tubuh. Daripada penasaran, yuk simak penyebab kenapa kamu sering merasa lapar padahal baru saja makan.


1. Kurang tidur

Penyebab sering merasa lapar padahal baru saja makan
Kurang tidur bikin kamu gampang cepat lapar via liputan6.com

Kurang tidur bisa bikin kamu gampang lapar loh. Tidur mempunyai manfaat yang sangat besar buat tubuh. Tidur adalah waktu di mana tubuh kamu beristirahat secara total. Sehingga fungsi otak dan imun tubuh kamu bisa bekerja dengan baik. Tidur juga bisa mengontrol hormon ghrelin yang berfungsi buat meningkatkan nafsu makan. Nah, produksi ghrelin ini bisa meningkat kalau kamu enggak memiliki waktu tidur yang cukup. Karena itu, waktu tidur yang direkomendasikan bagi usia dewasa adalah 8 jam sehari.


2. Kebiasaan makan camilan

Penyebab sering merasa lapar padahal baru saja makan
Makan cemilan bikin kamu gampang lapar lagi via ladies.id

Ternyata, kebisaan memakan camilan bisa menjadi salah satu penyebab gampang lapar. Saat kamu memakan camilan, tubuh akan mengabaikan sinyal 'kenyang' yang diberikan oleh hormon. Kalau hal ini dibiarkan terus-menerus, maka tubuh akan menganggapnya sebagai kebiasaan, dan sinyal 'kenyang' yang dikeluarkan oleh hormon enggak lagi efektif. Kondisi ini biasanya disebut sebagai Distracted Eating.


3. Kurang minum air putih

Penyebab sering merasa lapar padahal baru saja makan
Kurang minum air putih bikin kamu gampang lapar via active.com

Minum air putih bisa memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, kulit, otak, sistem pencernaan, dan meningkatkan stamina tubuh. Kekurangan air putih bisa bikin kamu dehidrasi. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa 14 orang yang meminum 2 gelas air putih sebelum makan, akan mengonsumsi 600 kalori lebih sedikit dari yang lainnya. Hal ini dikarenakan oleh rasa kenyang dan menurunnya nafsu makan yang disebabkan konsumsi air putih. Sehingga, kalau kamu kekurangan air putih akan bikin kamu gampang lapar.


4. Kekurangan lemak

Penyebab sering merasa lapar padahal baru saja makan
Kurang lemak juga bisa bikin kamu gampang lapar via hellosehat.com

Kalau kamu sedang menjalani diet, ternyata malah gampang banget lapar. Hal tersebut menandakan kalau kadar lemak dalam makanan diet kamu terlalu sedikit. Lemak termasuk sebagai zat yang lama dicerna. Lemak akan lebih lama berada di usus dibandingkan yang lainnya. Dengan begitu, berbagai hormon penanda rasa 'kenyang' akan terus diproduksi selama waktu tersebut. Hanya saja, kamu harus menghindari lemak jahat mulai dari sekarang, ya.


5. Kekurangan protein

Penyebab sering merasa lapar padahal baru saja makan
Kekurangan protein juga bisa bikin kamu gampang lapar via sbs.com

Selain kurang lemak, kekurangan protein juga bisa bikin kamu gampang lapar. Karena itu, dianjurkan buat kamu untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein cukup. Protein bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan protein bisa merangsang produksi hormon yang berfungsi memberikan sinyal 'kenyang' pada tubuh. Pada saat yang sama, produksi hormon yang memberikan sinyal 'lapar' akan berkurang. Maka dari itu, konsumsi protein sangat dianjurkan kalau kamu sedang menjalankan program penurunan berat badan.


Itulah beberapa hal yang bikin kamu jadi gampang lapar lagi padahal baru saja makan. Ternyata, pola hidup yang kurang sehat bikin kamu gampang lapar. Jadi, mulai sekarang pola hidup sehat ya, biar kamu enggak gampang lapar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel