Ini Loh Cara Membedakan Produk Asli dengan yang Palsu Saat Belanja Online

Membedakan produk asli dan palsu saat belanja online - Di zaman yang serba digital ini, belanja online sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Karena, belanja online dinilai lebih praktis, enggak buang banyak tenaga dan waktu, serta harganya bisa lebih murah. Apakah kamu termasuk sering yang belanja online?

Membedakan produk asli dan palsu saat belanja online
Perhatikan mana produk yang asli dan yang palsu saat kamu belanja online via kpmg.com

Meskipun begitu, belanja online bukan berarti tanpa resiko. Misalnya, kamu pastinya sulit buat membedakan mana produk barang yang asli dan yang palsu hanya dari melihat foto. Bisa saja kan si penjual memasang foto produk yang tampak asli, namun yang dikirimkan justru barang palsu.

Karena itu, kamu harus pintar-pintar dalam belanja online, supaya kamu enggak dirugikan. Untuk itu, berikut beberapa tips versi Arimpi.Com yang mungkin bisa membantu kamu buat membedakan mana produk yang asli dan yang palsu ketika belanja online.


1. Baca keterangan atau deskripsi produk yang mau kamu beli

Membedakan produk asli dan palsu saat belanja online
Baca deskripsi produk sangat wajib via shopify.com

Membaca keterangan atau deskripsi produk sudah menjadi hal yang wajib sebelum membeli suatu produk di online shop. Dengan membaca deskripsi, kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang produk tersebut. Misalnya seperti kelebihan, kekurangan, harganya, lokasi penjulnya, dan informasi lainnya.

Nah, dari keterangan tersebut, bisa diketahui apakah produk tersebut banyak beredar barang tiruannya atau enggak. Ini bisa mengningkatkan kewaspadaan kamu buat hati-hati dalam membeli produk tersebut nantinya.


2. Jangan gampang percaya sama harga yang murah

Membedakan produk asli dan palsu saat belanja online
Awas jangan gampang tergiur sama harga murah via galamedianews.com

Ketika kamu melihat produk yang harganya jauh lebih murah dibanding harga pasaran, kamu harus waspada ya. Karena, biasanya para penjual produk palsu memanfaatkan orang-orang yang gampang tergiur dengan harga murah dan langsung membeli saja, tanpa tahu kalau produk tersebut palsu.

Untuk bahan pertimbangan lainnya, kamu juga bisa melihat produk lainnya di toko online tersebut. Karena, bjsa jadi harga yang ditawarkan memang betul-betul murah karena toko tersebut distributor atau melayani grosir.


3. Perhatikan review toko dari konsumen lain

Membedakan produk asli dan palsu saat belanja online
Review dari konsumen lain sangat penting buat kamu perhatikan via matawebsite.com

Di toko-toko online atau online shop pastinya banyak review dari pembeli yang sudah membeli produk di tokonya. Review-nya pun bermacam-macam. Ada yang positif seperti sangat puas, senang, dan recommended. Bahkan ada yang review negatif seperti kecewa, barang jelek, dan lain-lain.

Nah, dari review-review tersebut, bisa jadi bahan pertimbangan kamu nih buat membeli produk tersebut. Kalau memang banyak yang merasa puas dan recommended, maka kamu bisa membeli produk tersebut. Tapi kalau banyak yang mereview kecewa, jelek, dan kurang bagus, kamu bisa pikir-pikir lagi buat membeli produk itu.


4. Hanya belanja di toko online yang terpercaya

Membedakan produk asli dan palsu saat belanja online
Pilih online shop yang terpercaya via doofinder.com

Saat ini sudah banyak toko online atau e-commerce yang sudah mempunyai fitur official store atau seller yang terpercaya. Ini bisa memudahkan kamu buat membeli produk yang benar-benar original atau aslinya. Sehingga, bisa terhindar dari produk palsu.


Itulah beberapa tips yang bisa membantu kamu buat membedakan mana produk yang asli dan yang palsu ketika belanja online. Karena itu, enggak usah takut kalau kamu belanja online. Karena belanja online itu asyik, loh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel