Inilah Fakta dan Mitos Seputar Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta dan mitos seputar jerawat - Timbulnya jerawat di wajah pasti bikin kamu sebel. Selain bikin kamu jadi enggak percaya diri, keberadaan jerawat juga bikin risih dan gemas. Rasanya kamu mau banget memencetnya.

fakta dan mitos seputar jerawat
Ketahui fakta dan mitos seputar jerawat biar kamu bisa menanganinya via mundotkm.com

Jerawat bisa timbul ketika kelenjar sebaceous kulit menghasilkan sebum ekstra yang terakumulasi di pori-pori, dan akhirnya menimbulkan jerawat. Baca juga Mengatasi Jerawat di Wajah.

Biasanya nih, banyak mitos yang berseliweran terkait jerawat. Kamu enggak boleh ini lah, enggak boleh itu lah, harus begini, harus begitu dan lain-lain. Tapi, apakah mitos-mitos itu benar? Karena itu, ada baiknya kamu mengetahui fakta dan mitos seputar jerawat ini.


1. Mitos: Jerawat muncul karena kurang menjaga kebersihan kulit

Jerawat memang disebabkan karena pori-pori yang tersumbat. Akan tetapi faktanya, pori-pori ini enggak terakumulasi sama kotoran dari luar, tetapi sama ekstra sebum yang dihasilkan pada kulit. Karena itu, meskipun kamu sering mencuci wajah biar tetap bersih dan higienis, tetap saja enggak mencegah jerawat.

Malah sebaliknya, mencuci wajah yang terlalu sering bisa bikin kulit kamu kering, sehingga menyebabkan banyaknya sekresi sebum pada kulit. Sehingga akan menimbulkan lebih banyak lagi jerawat.


2. Mitos: Memencet jerawat bisa bikin jerawat hilang dan membersihkan seluruhnya

Kamu pasti tergoda buat memencet jerawat untuk membersihkannya. Tapi nyatanya, hal itu justru bikin tambah buruk situasinya. Misalnya kulit akan meradang, dan bahkan bisa bikin lebih banyak lagi jerawat.


3. Mitos: Penanganan jerawat enggak perlu membutuhkan bantuan medis

Jerawat yang normal dan ringan memang bisa diobati melalui pengobatan rumahan. Tapi, kalau jerawatnya parah justru harus membutuhkan bantuan medis. Kalau enggak diobati pada waktunya, bisa bikin masalah kulit yang parah seperti gatal, pendarahan, dan lain-lain. Bahkan jerawat bisa mempengaruhi kesehatan mental kamu, seperti kecemasan dan rasa kurang percaya diri.


4. Mitos: Kena sinar matahari langsung bisa mengurangi jerawat

Jerawat berkaitan erat dengan peradangan. Karena itu, ada kemungkinan kalau paparan sinar matahari bisa mengurangi peradangan. Tapi, itu hanya untuk sementara waktu saja. Karena, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa memecah kolagen yang bermanfaat untuk kulit. Kekurangan kolagen inilah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.


5. Mitos: Terlalu sering menggunakan make up bisa bikin jerawatan

Kalau kamu menganggap make up bisa bikin jerawat, itu salah. Karena faktanya, make up enggak bisa menyebabkan jerawat. Justru kalau kamu enggak merawat kulit setelah memakainya, maka kemungkinan munculnya jerawat bisa terjadi. Selain itu, kalau kamu menggunakan produk make up yang sudah melewati tanggal kadaluwarsa, juga bisa bikin jerawat muncul.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel