Biar Koneksi WiFi Kamu Enggak Lelet dan Lemot, Yuk Ikuti Cara Ini

Cara biar koneksi WiFi enggak lelet - Saat ini, kebutuhan akan koneksi internet dan WiFi merupakan kebutuhan yang utama. Bagaimana enggak, banyak perangkat saat ini yang terhubung ke internet dan WiFi, seperti untuk keperluan pekerjaan, hiburan, maupun hal lainnya.

Cara biar koneksi WiFi enggak lelet
Koneksi WiFi yang lelet bikin kesel via blogspot.com

Makanya, enggak jarang kalau banyak yang memburu WiFi sesuai kebutuhan, baik itu WiFi gratisan maupun yang berbayar. Tapi, apa jadinya kalau ternyata koneksi WiFi itu lelet, lemot, atau lambat? Apalagi kamu sedang mendownload file yang besarnya bergiga-giga. Pastinya bikin kamu kesel bukan? Baca juga Ini yang Biasa Kamu Lakukan Saat Sinyal Lelet atau Kuota Habis.

Salah satu penyebab WiFi lelet adalah karena routernya. Karena itu, biar koneksi WiFi kamu enggak lelet lagi, yuk ikuti tips berikut ini.


1. Cek kekuatan sinyal

Cara biar koneksi WiFi enggak lelet
Tes kekuatan sinyal WiFi kamu dulu via blogspot.com

Pertama-tama, kamu cek terlebih dahulu kekuatan sinyal WiFi kamu. Caranya bisa dengan menggunakan aplikasi Cloudcheck dan Amped. Dengan mengetahui kekuatan sinyal WiFi, kamu bisa mengetahui bagian-bagian mana saja yang memiliki sinyal WiFi yang kuat dan yang lemah. Hal ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu buat peletakan posisi router.


2. Cek posisi router

Cara biar koneksi WiFi enggak lelet
Posisi router sangat mempengaruhi sinyal WiFi via blogspot.com

Posisi router sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Memang sih kelihatannya sepele. Tapi, kalau kamu meletakkan posisi router di tempat yang salah, maka sinyal yang dikirim oleh router WiFi akan terganggu, sehingga mempengaruhi kecepatan koneksi WiFi.

Karena itu, posisi terbaik buat meletakkan router adalah di tengah ruangan. Dengan ditempatkan di posisi ini, maka sinyal WiFi akan tersebar ke seluruh ruangan dengan merata. Jadi, bikin koneksinya cepat.


3. Jangan letakan router di lantai

Cara biar koneksi WiFi enggak lelet
Router di lantai merupakan ide buruk via blogspot.com

Posisi router di lantai justru akan bikin sinyalnya memburuk. Karena, lantai mengandung semen, beton, dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi, meskipun posisinya di tengah ruangan. Untuk itu, letakkan router di tempat yang tinggi, karena sinyal router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah.


4. Jangan dekatkan router dengan barang elektronik lain

Cara biar koneksi WiFi enggak lelet
Awas jangan dekat-dekat via blogspot.com

Sinyal WiFi akan terganggu kalau ada barang elektronik lain di dekatnya. Karena, barang elektronik tersebut mengeluarkan sinyal elektromagnetik yang bisa bikin sinyal WiFi menjadi kacau. Karena itu, ada baiknya kalau kamu menjauhkan barang-barang elektronik itu dari router WiFi.


5. Atur agar posisi antena router dalam keadaan berdiri

Cara biar koneksi WiFi enggak lelet
Usahakan agar antena dalam keadaan berdiri via blogspot.com

Setiap router biasanya pasti dilengkapi dengan antena. Nah, usahakan posisi antena tersebut berada dalam keadaan berdiri atau vertikal. Karena, posisi antena yang berdiri ini bikin sinyal WiFi lebih mudah menjangkau ke seluruh ruangan.


Itulah beberapa cara biar koneksi WiFi kamu enggak lelet. Pastinya cara-cara di atas mudah dong. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu keluar dari permasalahan koneksi WiFi yang lelet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel