Mau Menjajal Olahraga Paralayang? 4 Tempat Berikut Direkomendasikan Buat Kamu

Tempat menjajal olahraga paralayang - Kalau kamu merasa bosan mengisi liburan dengan panorama pantai, cobalah mengisi liburan dengan menikmati keindahan alam dari ketinggian, salah satunya terbang dengan paralayang. Penasaran, bukan?

Tempat menjual olahraga paralayang
Yuk cobain olahraga paralayang di tempat-tempat ini via bravaradio.com

Paralayang merupakan olahraga terbang bebas dengan menggunakan parasut yang lepas landas dengan kaki. Olahraga ini sangat cocok buat mengadu adrenalin kamu, selain untuk tujuan rekreasi. Namun, ada juga yang menjadikannya sebagai kompetisi olahraga.

Paralayang lepas landas dari sebuah lereng atau gunung memanfaatkan angin sebagai daya angkat. Sehingga menyebabkan parasut melayang tinggi di angkasa. Terbang dengan paralayang ini memberikan sensasi tersendiri buat kamu, dan pastinya pengalaman yang enggak akan terlupakan.

Nah, kalau kamu penasaran buat mencoba sensasi terbang dengan paralayang, berikut tempat-tempat yang direkomendasikan buat olahraga paralayang.


1. Puncak Bogor

Tempat menjual olahraga paralayang
Suasana paralayang di Puncak Bogor via hayukabogor.id

Puncak Bogor adalah tempat wisata yang sering didatangi oleh para wisatawan saat liburan. Di sini, terdapat Paralayang Bukit Gantolek Puncak. Untuk mencapai lokasinya, kamu harus menyusuri jalan yang menanjak dan berkelok sepanjang 300 meter. Untuk menikmati keindahan alam dengan paralayang, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 350 ribu per orang, dan Rp 400 ribu untuk wisatawan asing. Tempat ini pernah dijadikan salah satu venue dalam Asian Games 2018 untuk cabang olahraga paralayang.


2. Gunung Panten

Tempat menjual olahraga paralayang
Suasana paralayang di Gunung Panten Majalengka via azwisata.com

Tempat eksotis untuk menikmati olahraga paralayang adalah objek wisata Paralayang Gunung Panten terletak di Majalengka. Untuk mencapai tempat ini, tidak begitu jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Majalengka. Untuk mencoba terbang paralayang di sini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 450 ribu hingga Rp 750 ribu.


3. Batu Dua

Tempat menjual olahraga paralayang
Suasana paralayang di Batu Dua via bravaradio.com

Lokasi olahraga paralayang Batu Dua ini terletak di Batu Dua, Gunung Lingga, tepatnya di Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Akses menuju lokasi cukup dekat jaraknya dengan jalan raya Sumedang-Wado, sekitar 4 Kilometer. Kalau dari kota Sumedang jaraknya sekitar 20 km. Di sini terdapat beberapa titik thermal (uap panas bumi) yang sangat memungkinkan atlet paralayang terbang lebih tinggi lagi, hingga lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, sehingga mampu terbang lebih lama.


4. Gunung Haruman

Tempat menjual olahraga paralayang
Suasana paralayang di Gunung Haruman via bandung.panduanwisata.id

Tempat yang juga bisa untuk olahraga paralayang terletak di Gunung Haruman di Desa Haruman, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Di tempat ini bisa menikmati panorama alam di ketinggian 1300 mdpl. Buat mencapai lokasi paralayang di Gunung Haruman, kamu bisa berkendara melalui jalan raya Gatut-Bandung melewati Kecamatan Kadungora. Dari Kecamatan Kadungora, kamu bisa mengarahkan kendaraan pribadi memasuki Desa Haruman Sari.

Untuk sampai di landasan paralayang, dari Desa Haruman Sari kamu harus menempuh jarak lagi sekitar 7-8 kilometer. Nantinya, kamu akan menemukan sebuah lahan kosong berlapis rumput seluas 40 x 15 meter persegi dengan kemiringan landai yang siap menyambut kedatangan kamu untuk menjajal paralayang.


Itulah beberapa tempat yang direkomendasikan buat kamu mencoba olahraga paralayang. Kesemua tempat tersebut memang berasal Jawa Barat, karena di Jawa Barat memang banyak terdapat tempat yang eksotis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel