Bukan Cuma Buat Hiburan Saja, Ini Manfaat Lain Menonton Film

Manfaat menonton film - Apakah kamu hobi banget nonton film? Pastinya sudah banyak dong film-film yang sudah kamu tonton, baik itu nonton di bioskop, televisi, ataupun streaming di internet. Genrenya pun bermacam-macam, ada yang romance, trhiller, komedi, action, sci-fi, bahkan horor.

Manfaat menonton film
Menonton film banyak manfaatnya loh via fluentin3months.com

Pastinya mayoritas orang menonton film adalah buat sekedar hiburan belaka dan mengisi waktu kosong. Kamu pun pasti berpendapat sama. Tapi jangan salah loh, menonton film juga ternyata banyak manfaat positifnya. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya.


1. Menambah ilmu pengetahuan

Disadari atau enggak, pastinya pengetahuan kamu bertambah saat menonton sebuah film, entah itu pengetahuan umum, ataupun lainnya. Pastinya ini hal yang sangat menarik, bukan? Karena, ilmu bisa didapat dari mana saja, termasuk dari sebuah film. Asalkan, ambil ilmunya dari sisi positif dari filmnya ya, jangan yang negatifnya.


2. Kesadaran sosial

Selain bisa buat menambah ilmu pengetahuan, menonton film juga bisa bikin kamu menjadi sadar sosial. Banyak film yang menjadikan isu-isu sosial sebagai ide ceritanya. Ada yang mengemasnya dengan cerita yang ringan, ada juga yang mengemasnya dengan lebih berat dan serius. Contohnya kayak film yang mengangkat tema tentang perjuangan hidup, atau film yang menceritakan tentang perubahan iklim.

Dengan menonton film-film bertema isu sosial tersebut, kamu bisa menjadi lebih peka dan menyadari isu-isu sosial di sekitar kamu. Ini adalah salah satu tujuan film tersebut buat membantu menyampaikan pesan penting kepada masyarakat. Dan pastinya dengan cara yang menyenangkan dan menghibur.


3. Menghilangkan stres

Masalah pekerjaan, sekolah, kuliah, tugas numpuk, apapun itu yang bikin kamu merasa tertekan dan stres, pastinya akan hilang dan lega kalau kamu menonton film. Apalagi, film itu sangat menarik buat kamu. Bahkan, terasa sangat asyik kalau filmnya ditonton bareng-bareng. Stres bakal hilang deh.


4. Kesehatan otak

Buat kamu yang doyan menonton film horor, ternyata genre film satu ini bisa bikin kesehatan otak kamu. Kenapa? Karena, menonton film horor bisa memungkinkan otak buat melepas senyawa kimia kayak dopamin, serotonin, dan glutamat.

Menonton film horor juga bisa memicu pelepasan adrenalin yang punya efek mirip anestesi dari obat. Hal ini baik buat kesehatan mental, karena mampu menurunkan tingkat kecemasan dan stres.


5. Terapi

Ternyata menonton film bisa buat terapi juga buat penderita depresi, gangguan mood, dan sebagainya, loh. Kok bisa? Menurut Gary Solomon, seorang psikolog dari College of Southern Nevada, menonton film punya manfaat terapi atau cinematherapy buat penontonnya. Karena, saat menonton film sendiri di rumah, seseorang bisa berteriak, menangis, hingga merenung tanpa mengkhawatirkan pendangan orang lain.

Film juga memungkinkan penontonnya untuk tenggelam dalam ceritanya, menyatu dengan salah satu tokoh yang ada di film, hingga mendapatkan pesan yang terselip dalam cerita. Ini bisa membantu proses terapi dan mendapatkan inspirasi positif buat perkembangan diri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel