Ini loh Manfaat Menulis dengan Tangan

Manfaat menulis dengan tangan - Apakah kamu suka menulis? Kalau iya, biasanya menulis mengunakan media apa? Dengan seiring berkembangnya teknologi, tentunya banyak orang lebih memilih menulis dengan berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, ataupun gadget. Makanya, enggak heran kalau orang semakin jarang menulis dengan tulisan tangan di atas media kertas atau lainnya.

Manfaat menulis dengan tangan
Menulis dengan tangan banyak manfaatnya loh via haresfieldschool.co.uk

Alasannya pun beragam. Menulis di atas media perangkat lebih mudah menulisnya, dan juga lebih rapi. Selain itu, hasil tulisan pun bisa diaplikasikan langsung tergantung kebutuhan, seperti diupload ke sosial media ataupun mengirim ke email. Baca juga Manfaat Menulis.

Terus bagaimana dengan menulis tangan? Memang kalau menulis dengan tangan terkesan jadul dan membuang-buang kertas. Tapi, perlu kamu tahu kalau menulis dengan tangan justru bisa mendatangkan berbagai manfaat buat kamu. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.


1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat menulis dengan tangan
Daya ingat bertambah via 108jakarta.com

Ketika kamu membuat coretan-coretan di buku, kertas, ataupun media lainnya, daya otak kamu bertambah, sehingga lebih mudah mengingat sesuatu. Karena, secara enggak langsung otak kamu bekerja ketika kamu membuat tulisan. Karena itu, biasakanlah menulis sesuatu yang penting buat kamu di buku daripada menulisnya di perangkat.


2. Menghilangkan Stres

Manfaat menulis dengan tangan
Stres jadi hilang via infoglobi.com

Selain meningkatkan daya ingat, menulis dengan tangan juga bisa menghilangkan stres, loh. Ketika kamu sedang dilanda masalah yang bikin kamu stres, cobalah tulis uneg-uneg yang kamu rasakan di atas kertas atau buku. Hal itu akan membantumu buat meluapkan emosi.


3. Menambah Kreativitas

Manfaat menulis dengan tangan
Kreativitas kamu bisa bertambah via medium.com

Menulis dengan tangan bisa menjadi satu kebiasaan yang baik, salah satunya adalah menambah daya kreativitasmu. Seringnya kamu menulis dengan tangan secara bertahap akan meningkatkan daya pikir kamu. Di saat kamu menulis di atas kertas atau buku, ide-ide kreatif secara otomatis akan muncul.


4. Memiliki Efek Menenangkan

Manfaat menulis dengan tangan
Bikin kamu semakin tenang via medium.com

Cobalah kamu menulis tangan kalimat seperti "Aku akan lebih damai" dan lain-lain setidaknya 20 kali per hari. Maka itu benar-benar mempunyai dampak positif buat otak. Apalagi, buat orang-orang yang mengalami gangguan defisit perhatian.


Itulah beberapa manfaat menulis dengan tangan. Jadi, bagaimana? Apakah kamu mau tetap menulis dengan menggunakan perangkat? Atau mau beralih ke tulisan tangan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel