Mau Berhenti Merokok? Yuk Rutin Berolahraga

Berhenti merokok dengan rutin berolahraga - Banyak studi yang bilang kalau merokok itu enggak baik buat kesehatan. Bahkan, meskipun tahu efek samping dari merokok, masih banyak orang yang enggak bisa menghentikan kebiasaan ini.

Berhenti merokok dengan rutin berolahraga
Yuk mulai sekarang berhenti merokok via alodokter.com

Di dalam sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, di antaranya banyak yang beracun. Mengisap rokok secara terus-menerus sama saja seperti menumpuk racun pada tubuh yang bisa berdampak buruk pada kesehatan kamu di masa mendatang.

Dengan merokok, maka efeknya bisa menyebabkan seseorang gampang marah, susah tidur, mulut terasa asam, bahkan depresi. Makanya, itu menjadi beberapa alasan buat banyak orang yang susah berhenti merokok. Padahal, jelas-jelas di dalam kemasan rokok tertulis kalau rokok itu berbahaya buat kesehatan, seperti kanker, bahkan menyebabkan kematian.

Tapi, apakah kamu sudah kepikiran buat berhenti merokok? Apakah berhenti merokok menjadi salah satu resolusi kamu buat menjalani hidup yang lebih baik?

Memang agak sudah buat berhenti merokok, apalagi yang sudah kecanduan. Tapi, kini ada satu cara yang bisa membantumu cepat berhenti merokok, yaitu dengan rutin berolahraga.

Dilansir dari Medical News Today, olahraga ternyata bisa mengurangi gejala withdrawal symptoms dari nikotin. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Alexis Bailey, salah seorang dosen neuropharmacology dari St George’s University of London, mengatakan kalau melakukan setidaknya olahraga selama 10 menit, bisa mengurangi keinginan untuk merokok.

Berhenti merokok dengan rutin berolahraga
Yuk jaga kesehatan dengan berolahraga via go-dok.com

Hal ini diketahui berdasarkan sebuah riset yang dilakukan pada tikus. Dr. Bailey dan timnya memberi tikus asupan nikotin selama 14 hari dan dibagi menjadi tiga kelompok. Yaitu, tikus yang berlari selama 24 jam sehari, tikus yang berlari selama 2 jam sehari, dan tikus yang tidak diharuskan untuk berolahraga sama sekali.

Di hari terakhir, tikus-tikus tersebut dicek pada bagian otaknya. Kemudian ditemukan, bahwa tikus yang berlari selama dua jam hingga 24 jam sehari, mempunyai penurunan yang signifikan tentang withdrawal symptom pada nikotin, dibandingkan dengan tikus yang enggak berolahraga sama sekali.

Dengan adanya penelitian ini, maka kabar baiknya adalah, olahraga selama dua jam mempunyai efek yang sama dengan yang berolahraga selama 24 jam. Artinya, efek yang diberikan enggak berpengaruh dengan intensitas lamanya kamu berolahraga.

Karena itu, cobalah kamu meluangkan waktu minimal 10-15 menit setiap harinya buat berolahraga. Kalau kamu melakukannya secara rutin, maka akan menghasilkan efek yang baik buat kamu yang mau berhenti merokok.

Bagaimana menurutmu? Siap berolahraga biar kamu enggak ketergantungan lagi sama rokok?

0 Response to "Mau Berhenti Merokok? Yuk Rutin Berolahraga"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel