Kamu Mau Menjadi Programmer? Coba Ikuti Tips-Tips Berikut

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Tips menjadi programmer - Dunia teknologi saat ini sangat berkembang, dan akan menjadi lebih pesat. Banyak orang yang kini berprofesi dengan mengandalkan teknologi, salah satunya adalah programmer. Programmer atau biasa disebut dengan Pemrogram adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam membuat dan menyempurnakan suatu program.

Tips menjadi programmer
Enggak sulit kok menjadi programmer handal via ngopibareng.id

Beberapa hasil karya dari seorang programmer biasanya berupa aplikasi mobile ataupun software komputer. Seiring berjalannya waktu, menyebabkan beberapa aplikasi mobile atau desktop, maupun website juga ikut berkembang. Di situ, terdapat peranan yang besar dari programmer yang berkutat di dalamnya.

Memang, enggak mudah buat menjadi seorang programmer. Tapi, enggak ada salahnya kalau kamu memang mempunyai niat menjadi seorang programmer dan mau mempelajarinya. Berikut beberapa tips buat kamu yang ingin memulai menjadi seorang programmer.


1. Pahami dasar-dasar pengkodean

Tips menjadi programmer
Pelajarilah dasar-dasar dari pengkodean via dataporten.net

Menjadi seorang programmer enggak jauh-jauh dari yang namanya pengkodean. Kode yang dimaksud di sini adalah kode-kode yang biasa digunakan dalam pemrograman, seperti html, PHP, script, dan lain-lain. Sebagai pemula, kamu harus terlebih dahulu memulai belajar pengkodean dari dasar. Mempelajari konsep awal adalah cara paling gampang yang bisa kamu lakukan, seperti membaca proyek-proyek mengenai open source. Kalau enggak, kamu akan terjebak saat akan mempelajari materi selanjutnya.


2. Belajar dari buku ataupun internet

Tips menjadi programmer
Cari info melalui internet ataupun buku via annecohenwrites.com

Tips kedua setelah mempelajari konsep awal dari pengkodean, adalah kamu harus banyak-banyak membaca tentang pemrograman. Kamu bisa mempelajarinya dari buku-buku ataupun dari internet, seperti Google, YouTube, blog, dan lain-lain. Di situ banyak yang bisa kamu temukan tentang pemrograman. Para ahli programmer pun melakukan hal yang sama dalam mempelajari pemrograman dan pengkodean.


3. Uji hasil pengkodeanmu dengan ditulis

Tips menjadi programmer
Tulislah hasil pengkodeanmu via oxfordlearning.com

Mungkin kamu berpikir kalau belajar tentang pengkodean melalui komputer adalah cara tepat, karena saat kamu melakukan kesalahan dalam penulisan kode, komputer akan memberitahu bagian mana yang terjadi kesalahan. Tapi, kalau kamu mulai menulis kode pemrograman sendiri, maka akan menjadikan kamu lebih fokus dan teliti. Selain itu, menulis adalah salah satu cara agar kamu bisa lebih gampang mengingat suatu kode pemrograman.


4. Buat proyek open source

Tips menjadi programmer
Cobalah buat proyek open source via hackernoon.com

Open source atau sumber terbuka adalah jenis perangkat lunak yang kode sumbernya terbuka atau bisa untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Dengan kamu membuat proyek-proyek open source ini, maka bisa meningkatkan kemampuan pemrograman kamu.


5. Berlatih mencari kesalahan

Tips menjadi programmer
Cobalah cari kesalahan kamu via inpathybulletin.com

Belajar pemrograman enggak bisa kalau kamu cuma membaca atau menghafalnya saja. Dalam mempelajarinya, kamu harus sering mempraktekannya, itulah kunci utama. Selain itu, cobalah mencari kesalahan saat membuat kode, yang akan membuat kamu semakin tajam dalam menyadari sebuah kesalahan. Semakin banyak kamu melihat dan mencarinya, akan semakin mudah kamu mengingat suatu pengkodean.


6. Menguasai lebih dari satu bahasa

Tips menjadi programmer
Menguasai banyak bahasa lebih bagus lagi via onehourtranslation.com

Dalam dunia programmer, tentunya banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kamu temukan, dan pastinya bisa kamu pelajari. Kalau kamu adalah seseorang yang baru ingin mempelajari pemrograman, sebaiknya pahami dan kuasailah satu bahasa saja dan jadilah yang terbaik dalam bahasa tersebut. Tapi, enggak ada salahnya kalau kamu bisa menguasai berbagai bahasa. Hal tersebut justru akan lebih bagus.


7. Bertanya dan belajar dari programmer lain

Tips menjadi programmer
Belajar dari programmer lain via trentech.id

Tentunya banyak sekali programmer di dunia ini, dan mungkin bisa termasuk teman kamu. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak wawasan dengan bertanya, berdiskusi, ataupun sekedar sharing dengan mereka. Kamu juga bisa berbagi dan berdiskusi dengan apa yang kamu tulis dengan para ahli programmer dari seluruh dunia yang tertarik dengan proyek kamu. Sehingga, nantinya akan mendorong kualitas kode kamu menjadi lebih baik.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan kalau kamu mau menjadi seorang programmer. Memang enggak mudah menjadi seorang programmer. Tapi, kalau kamu punya niat dan kemauan yang kuat, serta mau mempelajarinya, maka hal tersebut akan menjadi mudah.
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan