Ribet Mengelola Data Karyawan? Software Ini Sangat Membantu Perusahaan Kamu Loh

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Software pengelola data karyawan perusahaan - Buat kamu yang mempunyai atau mengelola perusahaan, tentunya membutuhkan sebuah software dalam membantu tugas kamu, seperti memeriksa data karyawan. Kalau karyawan kamu bisa dihitung oleh jari, masih bisa dilakukan secara manual. Tapi, bagaimana kalau mencapai ratusan bahkan ribuan?

Software pengelola data karyawan perusahaan
Dengan HRIS, bisa membantu pekerjaan kamu di perusahaan

Biasanya, software yang membantu perusahaan dalam mengawasi data karyawan adalah HRIS Software. HRIS adalah singkatan dari Human Resource Information System. Kalau dilihat dari artinya saja, mungkin kamu sudah tahu dong apa fungsi utama HRIS pada perusahaan. Dan faktanya, perusahaan zaman sekarang banyak menggunakan HRIS Software pada perusahaan mereka.

Sebenarnya, ada begitu banyak HRIS Software di Indonesia. Kebanyakan dari HRIS Software Indonesia tersebut merupakan buatan luar negeri, tapi tetap bisa digunakan di Indonesia.

Jadi, Software HRIS merupakan sebuah tool buat membantu suatu perusahaan dalam menghandle, mengorganisasi, dan mengawasi data dari karyawan atau sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut. Secara enggak langsung, HRIS Software Indonesia ini merupakan sebuah tool yang membantu para Human Resource Development (HRD) buat menjalankan tugasnya di perusahaan.


Fungsi umum HRIS Software

Setelah kamu mengetahui apa definisi dari Software HRIS, kini waktunya buat membahas mengenai fungsi umum dari HRIS Software yang mungkin belum kamu ketahui. Secara general, HRIS Software Indonesia mempunyai peranan yang sama seperti HRD. Namun meski suatu perusahaan telah menggunakan HRIS Software, tapi tugas HRD yang sesungguhnya enggak bisa digantikan dengan software, yaitu pengambilan keputusan berkaitan dengan sumber daya manusia.

Secara garis besar, fungsi umum dari Software HRIS adalah untuk melakukan perekrutan, mengolah data para karyawan secara detail, personalia (pengangkatan karyawan tetap, mutase, rolling), payroll (urusan gaji-menggaji dan bonus), General Affair, dan people management (training, dll). Semua itu merupakan tugas dari Human Resource Development (HRD) dan tim untuk mengelola semaksimal mungkin karyawan maupun calon karyawan yang akan bekerja di perusahaan tempat mereka bertugas.

Lalu, apa latar belakang suatu perusahaan menggunakan software HRIS? Berarti posisi HRD kerjanya santai, dong? Jawabanya, enggak! Software HRIS ada bukan untuk menggantikan atau meringankan fungsi HRD pada suatu perusahaan. Masalah yang sedang terjadi di berbagai organisasi dan perusahaan saat ini adalah kerja rangkap. Seorang HRD enggak jarang juga bekerja sebagai administrator. Hal tersebut enggak bisa disebut salah, namun juga enggak bisa disebut benar.

HRD sendiri bukanlah orang-orang yang seharusnya berada di meja administrasi. Tapi, kalau mereka berkompeten, hal itu sama sekali enggak ada masalah. Maka dari itu, HRIS Software hadir buat membantu pekerjaan mereka. Selain dapat membantu para HRD yang mendapatkan kerja rangkap sebagai administrasi, Software HRIS juga sangat menguntungkan bagi perusahaan karena tingkat efisiensi yang lebih tinggi.

Dengan adanya software HRIS, perusahaan enggak usah lagi mengeluarkan biaya buat kertas yang banyak. Semua data telah tersimpan secara elektronik. Bahkan enggam hanya itu, HRD juga dapat bekerja lebih maksimal di bidangnya.

Untuk urusan HRIS Software Indonesia, LinovHR merupakan jawaban yang tepat. Software HRIS buatan anak bangsa yang telah berbasis cloud tersebut telah dipercaya cukup banyak oleh perusahaan di Indonesia. LinovHR sangat kompeten dalam hal pengelolaan sumber daya manusia. Bersama linovHR urusan data jadi lebih mudah!
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan