Inilah 5 Macam Tipe Pendengar Musik, Termasuk yang Manakah Kamu?

Lima macam tipe pendengar musik - Musik memang sudah menjadi salah satu dari bagian dari hidup yang enggak bisa dipisahkan. Karena, musik bisa menemani kamu di saat sedang sedih, jenuh, sendiri, beramai-ramai, bahkan bahagia. Dalam keadaan apapun, musik memang kerap menemani.

Macam tipe pendengar musik
Termasuk tipe yang manakah kamu via fablefeed.com

Musik juga bisa kamu jumpai di manapun, baik itu di rumah, sekolah, kampus, transportasi umum, dan lain-lain. Di tempat-tempat itu pastinya kamu secara sengaja atau enggak akan mendengarkan musik.

Karena itu, begitu pentingnya musik dalam hidup sehingga orang akan merasa jenuh kalau enggak ada musik. Karena banyaknya orang yang mendengarkan musik, mereka tentunya memiliki karakter dan tipe yang berbeda-beda dalam mendengarkan musik. Karena itu, seperti yang dilansir dari Spotify, seenggaknya ada lima macam tipe pendengar musik yang bisa kamu jumpai. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.


1. The early bird

Macam tipe pendengar musik
Ngumpulin nyawa dulu via businessinsider.com.au

Dalam tipe ini, rasanya kamu malas buat menjalani kehidupan di pagi hari kalau enggak mendengarkan musik. Kalau biasanya setelah bangun tidur itu langsung mandi atau beres-beres kamar, tipe ini memilih buat mendengarkan musik. Karena baginya, mendengarkan musik bisa meningkatkan stamina dan motivasi di saat bangun di pagi hari.


2. The busy bees

Macam tipe pendengar musik
Sibuk pun jadi enggak kerasa via cubicles.net

Sesuai namanya, tipe pendengar musik ini mendengarkan musik di jam-jam sibuk, seperti jam 09.00 WIB misalnya. Menurut penelitian, orang-orang yang mendengarkan musik di jam-jam segini biasanya akan mempertajam kemampuan kognitif yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya fokus di tengah kesibukan.


3. The midday zombies

Macam tipe pendengar musik
Musik dulu biar semangat via businessmag.al

Biasanya di saat siang hari, atau tepatnya setelah jam makan siang, orang-orang akan merasa malas untuk kembali melanjutkan aktivitas. Nah, buat mengembalikan lagi semangat, ada yang kerap mendengarkan musik. Itulah yang termasuk dalam tipe ini. Bahkan, para peneliti menemukan kalau mendengarkan musik bisa mengembalikan pikiran fokus, di saat orang itu merasa malas untuk kembali bekerja setelah makan.


4. The night riders

Macam tipe pendengar musik
Paling asyik ketika suasana sedang santai di rumah di saat malam hari via shutterstock.com

Tipe ini adalah mereka yang sering mendengarkan musik ketika sedang menjalani aktivitas pribadi di malam hari, seperti membaca buku.


5. The dream chasers

Macam tipe pendengar musik
Bikin tambah nyenyak via headphonesencyclopedia.com

Tipe ini adalah mereka yang mendengarkan musik setelah menjalani semua aktivitas seharian dan siap beristirahat di tempat tidur. Biasanya, jenis musik yang cocok untuk tipe ini adalah musik instrumental yang mempunyai tempo lambat, dan nada yang lembut yang dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan.


Itulah beberapa tipe pendengar musik yang kerap kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, kamu termasuk tipe yang manakah? Ataukah semuanya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel