Solo Traveling Itu Asyik Loh, Ini 7 Manfaatnya yang Bisa Kamu Dapat

Manfaat dari solo traveling - Mungkin traveling atau berwisata akan seru jika dilakukan bersama kekasih, teman-teman, keluarga, ataupun yang lainnya. Kamu bisa menikmati asyiknya traveling bersama mereka. Tapi, pernah enggak sih kamu kepikiran kalau kamu traveling sendirian saja atau yang kerap disebut solo traveling?

Manfaat dari solo traveling
Asyik loh solo traveling itu via inibaru.id

Mungkin kamu masih asing dengan istilah solo traveling. Pasalnya, apa enaknya coba traveling sendirian, tanpa ada teman ataupun keluarga yang menemani? Dan semua itu benar-benar dilakukan sendirian.

Tapi jangan salah. Sebenarnya, ada manfaatnya juga loh kalau kamu melakukan solo traveling. Seenggaknya, kamu melakukannya satu kali seumur hidup. Lalu, apa sajakah manfaat yang kamu dapat dari solo traveling itu? Berikut penjelasannya.


1. Melatih diri menjadi orang yang lebih mandiri

Manfaat dari solo traveling
Pasti lebih mandiri via magazine.yoexplore.co.id

Namanya juga sendirian, pastinya apapun dilakukan secara mandiri. Dimulai dari beli tiket,meriksa jadwal keberangkatan, berangkatnya, hingga tiba di tempat tujuan, semuanya dilakukan sendiri. Dengan begitu, kami dilatih agar bisa bertanggung jawab kepada diri sendiri dan enggak bergantung kepada orang lain.


2. Melatih agar menjadi lebih berani

Manfaat dari solo traveling
Berani menghadapi permasalahan apapun via liputan6.com

Kamu pastinya tahu resiko dari traveling sendirian. Seperti menyasar contohnya. Nah, di sinilah letak keberanian kamu diuji. Bisa enggak kamu keluar dari permasalahan tersebut dan mengatasinya secara sendirian. Dan juga, kamu harus bisa berani untuk bertanya kepada warga sekitar untuk membantu kamu.


3. Kamu akan bisa menemukan dirimu sendiri

Manfaat dari solo traveling
Temukan potensi diri kamu sendiri via tourism.tips

Dengan traveling sendiri, kamu bisa bebas melakukan apapun di tempat yang kamu tuju. Dengan begitu, kamu bebas mengeksplore potensi yang ada dalam diri kamu. Tapi ingat, meskipun bebas, kamu juga enggak diperkenankan buat melanggar aturan-aturan dan norma yang berlaku di tempat tujuan kamu. Cobalah kamu menemukan hal-hal baru dengan berinteraksi dengan orang-orang asing di tempat traveling kamu.


4. Menikmati ‘me time’

Manfaat dari solo traveling
Nikmati 'me time' kamu via dream.co.id

Namanya juga menikmati sendiri, maka kamu akan menikmati 'me time' kamu. Dengan 'me time', solo traveling memberikan kamu kesempatan untuk menikmati waktu kamu tanpa ada pengaruh dari orang lain.


5. Belajar menikmati hal-hal kecil

Manfaat dari solo traveling
Jadi bisa menikmati hal-hal kecil via phinemo.com

Mungkin saat di rumah, kamu sering bawaannya kurang bersyukur, dan mau ini itu. Tapi, dengan kamu melakukan solo traveling di tempat yang sama sekali baru bagi kamu, maka kamu akan menemukan hal-hal yang belum pernah kamu pikirkan sebelumnya. Bahkan, banyak hal yang bisa kamu nikmati walaupjn itu hal-hal kecil. Misalnya, sapaan dan senyuman tulus dari orang asing.


6. Bisa menikmati kebebasan

Manfaat dari solo traveling
Berasa bebas banget via okezone.com

Bayangkan kalau kamu traveling bersama teman-teman. Budget dan jadwal harus disesuaikan. Kemudian, kamu dan teman-temanmu harus saling menunggu biar bisa berangkat sama-sama. Itu bikin enggak bebas. Tapi bandingkan dengan solo traveling. Kamu bisa mengatur jadwal dan budget sesukamu. Dan juga, kamu enggak perlu menunggu yang lain buat berangkat. Kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau. Asyik banget, kan?


7. Kamu jadi lebih percaya diri

Manfaat dari solo traveling
Bikin kamu lebih percaya diri menghadapi hidup via elitedaily.com

Setelah kamu solo traveling ditempat asing selama beberapa hari dan mampu mengatasi masalah yang terjadi, maka kamu akan pulang dengan lebih percaya diri. Kenapa? Karena, apapun permasalahan yang akan kamu hadapi ke depannya, maka kamu merasa yakin dan percaya diri akan bisa menghadapinya.


Itulah beberapa manfaat yang kamu dapat ketika melakukan solo traveling, meskipun itu hanya sekali seumur hidup. Jadi, ayo bersolo traveling dan rasakan manfaatnya serta sensasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel