Ngeri! Ini Bahayanya Kalau Kamu Tidur di Ruangan yang Bercahaya Terang

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Bahaya tidur di ruangan yang bercahaya terang - Apakah kamu sering tidur dengan posisi cahaya atau lampu yang sedang menyala? Kalau iya, lebih baik kamu menghentikan kebiasaan itu ya. Karena, bisa mempengaruhi kesehatan kamu.

Bahaya tidur di ruangan yang bercahaya terang
Tidur dalam keadaan cahaya terang sangat berbahaya buat kesehatan via housebeautiful.com

Banyak penelitian yang menunjukkan kalau tidur dalam ruangan yang bercahaya terang itu enggak baik. Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan kalau kamu tidur dengan posisi lampu tetap menyala.


1. Obesitas

Berdasarkan Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology, menunjukkan kalau cewek yang tidur dalam ruangan yang cahayanya lebih terang cenderung mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi ketimbang cewek yang tidur dalam kamar dengan kondisi gelap. Selain itu, tidur dalam ruangan yang bercahaya juga membuat lingkar pinggang cewek lebih besar.


2. Kanker payudara

Kanker payudara merupakan hal yang menakutkan bagi cewek. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Health Geographics, menemukan fakta kalau cewek yang tinggal di daerah perkotaan, akan lebih beresiko terkena kanker payudara. Hal tersebut dikarenakan daerah perkotaan lebih banyak lampu, seperti di jalan raya, pusat perbelanjaan, maupun rumah.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu enggak boleh tinggal di daerah perkotaan. Buat mencegahnya, kamu cukup tidur di tempat yang agak gelap saja buat mencegah kanker payudara.


3. Diabetes mellitus tipe 2

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Chronobiology International, menemukan fakta kalau orang akan terkena diabetes jika mendapatkan paparan cahaya yang lebih terang selama empat jam sebelum tidur. Paparan cahaya ini bukan hanya dari lampu kamar saja, bisa juga terdapat dari televisi, dan handphone. Bahkan, kedua alat elektronik tersebut telah terbukti bisa menekan hormon melatonin daripada sumber cahaya lain.


4. Tekanan darah tinggi

Menurut penelitian Chronobiology International, juga ditemukan fakta kalau orang yang terkena paparan cahaya saat tidur, akan mudah terkena tekanan darah tinggi ketimbang mereka yang tidur dalam keadaan cahaya yang gelap.


Itulah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan ketika kamu tidur dalam keadaan cahaya terang. Karena itu, alangkah baiknya kalau kamu tidur di ruangan yang cahayanya agak redup atau gelap. Jadi, ayo jaga kesehatan kamu dari pola tidur kamu.
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

Latest
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan