Enggak Pede Karena Kulit Belang? Lakukan Tips Ini Buat Mengatasinya

Mengatasi kulit belang - Kamu sebel enggak sih sama yang namanya kulit belang? Pastinya itu bikin kamu jadi enggak pede, apalagi buat cewek. Kulit belang ini bisa terjadi di kulit yang kerap terbuka, seperti tangan, kaki, bahkan wajah.

Mengatasi kulit belang
Kulit belang bikin enggak pede via radiopanamericana.com

Salah satu penyebab kulit belang adalah paparan dari sinar matahari berlebih. Selain itu, ada juga beberapa penyebab lain dari kulit belang, seperti vitiligo, hiperpihmentasi, melasma, dan hipopigmentasi pasca peradangan.

Nah, buat membantu kamu mengatasi kulit belang, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini.


1. Gunakan krim pencerah untuk wajah dan lotion pencerah untuk badan

Buat para cewek, krim pencerah ini pasti sudah enggak aneh lagi. Biasanya nih, mereka pakai buat mencerahkan kulit. Sehingga, kulit menjadi enggak tampak kusam atau gelap. Jadi, kalau kamu oleskan krim ini ke area kulit kamu yang gelap, maka kulit gelap tersebut akan menjadi cerah, dan enggak kelihatan belang lagi. Baca juga Fakta dan Mitos Krim Pemutih Kulit.


2. Gunakan tabir surya saat pagi-sore hari

Tabir surya bisa melindungi kamu dari sengatan panas matahari. Kalau kamu enggak pakai tabir surya di saat matahari sedang terik, maka kulit kamu akan terbakar. Lama-kelamaan, kulit kamu akan menjadi gelap. Oleh karena itu, segera pakai tabir surya buat mencegah kulit kmu jadi belang.


3. Ulangi pemakaian tabir surya setiap 4 jam sekali atau 2 jam sekali bila berkeringat dan terkena air

Pemakaian tabir surya enggak hanya sekali saja, guys. Kalau kamu mulai berkeringat atau terkena air, maka tabir surya akan terhapus. Karena itu, setiap 4 jam atau 2 jam sekali saja, kamu oleskan kembali tabir surya ke tubuh kamu.


4. Kamuflase dengan kosmetik untuk menutupi kulit belang bisa dengan concealer atau foundation

Kosmetik-kosmetik sepeti founder Iin bisa digunakan buat menutupi area kulit kamu yang gelap. Kamu pilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit kamu yang enggak belang. Kemudian, kamu oleskan foundation tersebut ke area kulit yang gelap. Maka, dengan sendirinya warna kulit yang gelap tersebut akan berkamuflase warnanya dengan warna kulit kamu. Baca juga Peralatan Make Up yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan.


5. Kalau enggak mau ribet, kamu bisa pakai pakaian yang menutup

Kalau kamu tipe orang yang enggak mau ribet, malas pakai kosmetik, dan lain-lain, maka cara yang ampuh adalah kamu memakai pakaian yang menutupi hampir seluruh tubuh kamu. Seperti pakaian-pakaian ala hijab. Dengan begitu, meskipun kamu enggak pakai ini itu, kulit kamu sudah terlindungi dengan pakaian kamu.


Itulah beberapa tips mengatasi kulit belang supaya kamu tampil pede lagi. Kalau kamu mau hasil yang lebih efektif, kamu bisa konsultasikan dengan dokter kulit, supaya bisa dilakukan pemeriksaan buat mengetahui kondisi kulit dan kamu bisa diberikan penanganan lanjutan. Beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit belang secara kedokteran diantaranya yaitu dengan laser dan chemical peeling.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel