Siapa Bilang Jadul, Ini Loh Manfaat Menjadi Anggota Koperasi Buat Anak Muda

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda - Di era milenial dan modern ini, kalau kamu mendengar kata koperasi, pasti yang ada di pikiran kamu adalah bahwa itu sesuatu hal yang jadul, kuno, dan cuma ada di desa-desa saja. Dan juga, mungkin kamu berpikiran kalau koperasi cuma buat simpan pinjam uang saja, sesuai namanya.

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Koperasi punya banyak manfaat khususnya buat anak muda via tribunnews.com

Padahal, koperasi itu enggak cuma simpan pinjam uang saja. Ada banyak yang bisa kamu dapatkan kalau kamu bergabung dan menjadi anggota koperasi. Bahkan, bukan hanya di pedesaan saja loh, koperasi juga sebetulnya masih ada di kota-kota. Dan bahkan, perusahaan-perusahaan dan sekolah juga ada koperasinya. Biasanya untuk perusahaan disebut koperasi serba usaha.

Namun sayangnya, saat ini banyak koperasi yang tutup atau gulung tikar. Salah satu penyebabnya adalah keanggotaan yang sudah enggak aktif lagi, terlibat kasus hukum, dan orang-orang sudah mulai beralih ke yang lebih modern dalam hal simpan pinjam uang, seperti bank. Inilah yang kadang membuat koperasi bagaikan hidup segan mati tak mau.

Meskipun begitu, kamu tetap jangan memandang sebelah mata dulu sama koperasi ya, guys. Karena sebenarnya manfaatnya banyak. Koperasi enggak melulu identik sama orang tua saja. Buat kamu yang masih muda juga bisa menjadi anggota koperasi, loh.

Daripada kamu bingung, berikut penjelasannya tentang manfaat menjadi anggota koperasi buat kamu muda.


1. Pinjam uang semakin mudah

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Gampang banget buat pinjam uang via mandiriamalinsani.or.id

Kalau kamu butuh uang atau dana buat modal, pasti yang ada di pikiran kamu adalah meminjam ke bank, saudara, atau bahkan ke rentenir. Dan pastinya, kamu bakal dibikin ribet dulu sebelum mendapatkan uangnya. Belum lagi dengan bunganya yang tinggi.

Tapi kalau kamu menjadi anggota koperasi dan mau meminjam uang, pastinya gampang banget kok, guys. Petugas koperasi enggak perlu lagi buat survei sana-sini, karena data tentang kamu sudah ada di pihak koperasi ketika kamu pertama kali mendaftar sebagai anggota. Jadi tinggal langsung proses saja.

Meskipun begitu, kamu enggak bisa meminjam uang dengan jumlah yang besar kayak di bank. Biasanya tiap-tiap koperasi menentukan batasan-batasan maksimal uang yang bisa kamu pinjam.


2. Lebih hemat

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Pastinya bikin hemat uang via infokeluargaindonesia.com

Selain menyediakan simpan pinjam uang, koperasi juga biasanya menjual barang-barang kebutuhan, seperti sembako, cemilan dan lain-lain. Nah, biasanya barang-barang yang dijual di koperasi ini lebih murah ketimbang yang dijual di toko-toko, bahkan kadang ada diskon khusus buat anggotanya. Karena itu, kamu bisa menghemat uang kamu dengan membeli barang-barang di koperasi.


3. Uang makin bertambah

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Uang kamu akan bertambah via timesindonesia.co.id

Kalau kamu menyimpan atau menabung uang kamu di koperasi, maka kamu akan mendapat sisa hasil usaha (SHU) tiap tahun. Adapun jumlah SHU yang kamu terima beda-beda besarannya, tergantung dari jumlah uang yang kamu simpan di koperasi, jasa anggota, dan keuntungan dari koperasi itu sendiri.

Selain kamu menyimpan uang di koperasi, kamu juga bisa menjual barang-barang produksi atau hasil karya kamu ke koperasi. Istilah gampangnya adalah menitip jual. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan barang tersebut. Kan lumayan.


4. Mendapatkan pelatihan usaha

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Bisa dapat pelatihan usaha via jogjakartanews.com

Kalau koperasi yang kamu ikuti itu adalah koperasi produksi, biasanya ada semacam pelatihan-pelatihan buat para anggotanya. Biasanya ada yang dipungut biaya, ada pula yang gratis. Nah, dengan adanya pelatihan ini, kamu enggak perlu lagi ikut seminar-seminar bisnis atau pelatihan usaha lainnya yang biasanya harus membayar dengan harga tinggi. Kalau pelatihan dari koperasi ini cukup memadai, kenapa enggak?


5. Melatih kedisiplinan dan kerja sama

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Bisa melatih kamu bekerja sama sesama anggota via e-worldf.com

Sesuai dengan arti namanya yang berasal dari Bahasa Inggris, yakni cooperation yang artinya kerja sama, koperasi lebih mengutamakan kerja sama anggotanya. Karena, koperasi lebih mengutamakan kesejahteraan anggotanya.

Untuk itu, tiap anggota koperasi biasanya akan saling membantu kalau ada yang mengalami kesulitan dan kesusahan. Selain itu, kamu juga harus bisa bertanggung jawab, seperti meminjam uang, ya harus bisa membayar sesuai kesepakatan.


6. Memperluas jaringan usaha

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Jaringan usaha kamu bisa luas via strategidanbisnis.com

Kalau kamu punya usaha atau bisnis sendiri, dengan menjadi anggota koperasi, maka peluang buat meningkatkan dan melebarkan usaha semakin lebih besar. Karena, kamu bisa bertemu klien baru di jaringan anggota koperasi tersebut.

Dengan banyaknya jaringan usaha kamu, maka secara enggak langsung pun usaha kamu akan berkembang. Bahkan, bisa menjadi salah satu pangsa pasar yang menjanjikan.

Meskipun begitu, kamu juga tetap dituntut supaya aktif di keanggotaan koperasi ya. Soalnya, enggak mungkin dong jaringan kamu luas kalau kamu sendiri enggak aktif. Jadi jangan cuma numpang nama doang.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat kalau menjadi anggota koperasi. Jadi, koperasi enggak melulu cuma orang tua saja. Kamu yang masih muda juga sangat bagus buat menjadi anggota koperasi. Tapi, kamu juga harus jeli kalau mau memilih menjadi anggota salah satu koperasi. Soalnya, kerap ada koperasi yang enggak jelas yang membawa lari uang para anggotanya. Karena itu, alangkah baiknya kamu mengecek dahulu bagaimana sepak terjangnya koperasi tersebut, aktanya, izinnya, dan sebagainya.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ikut koperasi dan dapatkan manfaatnya.

0 Response to "Siapa Bilang Jadul, Ini Loh Manfaat Menjadi Anggota Koperasi Buat Anak Muda"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel