Hindari 4 Kesalahan ini Saat Kamu Mau Mulai Berbisnis

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Kesalahan saat memulai bisnis - Sekarang ini, banyak orang yang mulai berbisnis atau membuka usaha sendiri. Apakah kamu termasuk salah satunya? Bahkan dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak yang mulai berbisnis online. Sehingga, orang berlomba-lomba menjalani bisnis, karena memiliki anggapan bahwa berbisnis itu mudah. Apalagi jika bisa mendatangkan hasil yang besar.

Kesalahan saat memulai bisnis
Jangan sampai kamu melakukan kesalahan ini dalam memulai bisnis via mapbiquity.com

Tapi, tahukah kamu kalau sekitar 80% perusahaan tidak mampu bertahan selama tiga tahun pertama saja? Ini menunjukkan bahwa memulai bisnis itu enggak semudah yang dibayangkan. Banyak diaantaranya yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam memulai bisnis.

Jadi, kalau kamu mau memulai bisnis, kamu harus memperhatikan kesalahan-kesalahan fatal yang biasa dialami oleh pebisnis pemula. Berikut penjelasannya.


1. Enggak punya alasan kuat untuk berbisnis

Kesalahan saat memulai bisnis
Apa alasan kuat kamu dalam berbisnis via eminentinfoweb.com

A: "Kenapa kamu milih berbisnis?"
B: "Biar dapet uang, lah."


Mungkin kalau kamu ditanya, apa alasan kamu berbisnis, pasti akan dijawab supaya bisa mendapatkan uang. Tapi, itu saja belum cukup. Kamu harus punya alasan yang jelas dan kuat, kenapa kamu memilih bisnis tersebut, dan kenapa bisnis itu yang kamu pilih.

Sebab, kalau tujuan kamu hanya untuk mendapatkan uang, menjadi karyawan saja udah bisa mendapatkan uang kok. Untuk apa membuka usaha sendiri? Karena itu, tentukan lah tujuan kamu memulai bisnis. Minimal, kamu mempunyai visi dan misinya.


2. Terlalu berharap kalau customer bakal datang dengan sendirinya

Kesalahan saat memulai bisnis
Mau menunggu sampai berapa abad via digitalsignagetoday.com

A: "Kamu gak promosiin produk usaha kamu?"
B: "Gampang, nanti juga mereka datang sendiri. Yang penting kualitas oke."


Kamu punya bisnis baru tapi enggak mempromosikannya, percuma saja kamu punya bisnis. Kamu punya anggapan salah kalau customer atau pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Karena bisnis kamu masih baru, ya kamu harus gencar mempromosikan produk usaha kamu. Dan yang perlu diingat, kamu harus jelas menentukan target penjualan produk kamu. Karena, kalau sampai salah target pun sama saja bohong.

Perusahaan besar yang namanya sudah terkenal di mana-mana saja masih gencar melakukan promosi, masa bisnis kamu yang masih baru enggak melakukannya?


3. Enggak punya strategi yang jelas saat memulai bisnis

Kesalahan saat memulai bisnis
Apa strategi kamu via impactworkforce.com

A: "Emangnya, kamu punya strategi apa buat jalanin bisnis kamu?"
B: "Gak ada. Jadi, biarkan mengalir saja."


Dalam berbisnis, perlu dilakukan adanya strategi. Sebab, kalau kamu enggak punya strategi dan perencanaan yang jelas, maka bisnis kamu enggak akan berjalan lancar. Meskipun kamu punya modal besar, tetap saja membutuhkan yang namanya strategi.

Strategi ini bisa bermacam-macam. Bisa strategi pemasaran, pengembangan, manajemen, administrasi, dan lain-lain. Jadi, meskipun bisnis kamu masih baru dan kecil-kecilan, kamu tetap harus mempunyai strategi dan perencanaan yang jelas.


4. Enggak mendapatkan dukungan dari orang terdekat kamu

Kesalahan saat memulai bisnis
Dukungan keluarga sangat penting via discoveryandwellnesscounseling.com

A: "Ayah, Ibu, aku mau berbisnis nih."
B: "Bisnis apa kamu? Emang kamu bisa? Manajemen keuangan saja kamu enggak bisa."


Mungkin ini kelihatan sepele dan enggak ada hubungannya dengan bisnis kamu. Tapi jangan salah, dukungan dari orang terdekat itu bisa mempengaruhi psikologis dalam berbisnis loh. Sebab, dengan adanya dukungan dari mereka, kamu bisa fokus dan totalitas dalam mengembangkan bisnis kamu.

Berbeda dengan yang enggak mendapatkan dukungan. Mungkin kamu menjalani bisnis dalam perasaan tertekan. Sehingga, kamu enggak fokus dalam menjalankan bisnis.

Memang sih, ada orang yang berbisnis dan tidak mendapatkan dukungan dari keluarga, kalau orang itu berusaha menunjukkan ke keluarganya bahwa dia bisa menjalankan bisnisnya. Tapi, itu perlu mental yang kuat. Kalau mental kamu enggak kuat, maka yang ada kamu gagal dalam menjalankan bisnis, dan mendapat cibiran dari mereka yang enggak setuju dengan bisnis kamu.
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan