Bahaya Minum Air Putih Terlalu Banyak, Berikut Penjelasannya

Bahaya minum air putih terlalu banyak - Air putih sangat diperlukan bagi tubuh manusia. Karena, sekitar 80% tubuh manusia mengandung air. Karena itu, manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Bahkan anjuran dokter, disarankan untuk meminum air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Bahaya minum air putih terlalu banyak
Minum air putih terlalu banyak ternyata berbahaya buat tubuh via sheswickedhealthy.com

Meskipun tubuh sangat membutuhkan air, namun kebanyakan air juga sangat enggak baik buat tubuh, loh. Ahli kesehatan di Inggris memperingatkan akan bahaya kalau kamu terlalu banyak minum air putih. Peringatan ini keluar setelah seorang wanita dirawat di rumah sakit gara-gara intoksikasi air.

Intoksikasi air adalah gejala yang terdokumentasi dengan baik dari olahraga ketahanan dan penggunaan obat-obatan tertentu seperti MDMA, yang bisa bikin haus berlebihan.

Namun, penyakit ini dapat mematikan dengan gejala-gejala seperti sakit kepala, muntah, mual, dan dalam kasus serius otak membengkak, kejang, koma, bingung, dan bahkan bisa terjadi kematian. Dan faktanya, pasien dengan kadar garam yang enggak normal akibat hyponatremia atau intoksikasi air mempunyai tingkat kematian hampir 30%.

Seperti dilansir dari halaman Tribunnews, setelah mengalami gejala infeksi saluran kencing, seorang wanita berusia 59 tahun tersebut meningkatkan asupan air putihnya. Dia minum 250 ml air putih setiap setengah jam sekali, dengan harapan air putih itu akan "membersihkan tubuhnya".

Tapi nyatanya, wanita itu malah mengalami sakit serius dan harus dirawat di King's College Hospital, Inggris. Berdasarkan pemeriksaan medis, kadar garam dalam darahnya amat rendah. Ini merupakan kondisi yang fatal kalau enggak dirawat.

Dengan kejadian tersebut, dokter mulai bertanya-tanya apakah ada jumlah air putih yang "aman" untuk diminum. Dokter minta bukti lebih banyak seberapa banyak air putih jadi berlebihan.

Dalam kasus laporan British Medical Journal, Dr Laura Christine Lee dan Maryann Noronha mengaku sering menyarankan pasien buat minum banyak air putih ketika mereka sedang enggak sehat. Tetapi mereka pikir-pikir lagi apa artinya itu. Mereka berpikir apakah ada resiko potensial dari saran yang kelihatannya enggak berbahaya itu.

Karena, setelah menyarankan begitu, kondisi pasien terus memburuk setelah dirawat di rumah sakit. Pasien menjadi gemetar dan kacau, muntah beberapa kali, serta sulit bicara.

Bahaya minum air putih terlalu banyak
Gejala awal intoksikasi air via adajerawat.com

Dari pemaparan di atas, berikut telah dirangkum beberapa penjelasan bahaya minum air putih terlalu banyak.

1. Menyebabkan akumulasi cairan yang berlebih dan bisa menyebabkan kadar natrium dalam tubuh menurun.

2. Jika kandungan natrium menurun, maka enggak ada yang bisa menjaga keseimbangan dan kondisi tersebut bisa menyebabkan pembengkakan pada otak.

3. Mengalami keracunan air intoksikasi air didefinisikan sebagai rendahnya kadar natrium dalam tubuh (hiponatremia).

4. Overhidrasi juga bisa disebut sebagai hiponatremia, hiperhidrasi, dan keracunan air. (kondisi tersebut disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh).

5. Keracunan air dikaitkan dengan kombinasi kelebihan minum dan juga peningkatan sekresi hormon anti diuretik dalam tubuh.

6. Hormon anti diuretik biasanya digunakan buat mendiagnosis dan menentukan penyebab defisiensi atau kelebihan antidiuretik.

7. Hiponatremia yang enggak disengaja juga bisa terjadi karena kelainan fungsi ginjal dan gastroenteritis.

8. Keracunan air juga disebabkan oleh penyakit yang ditangani oleh intervensi medis seperti penggunaan elektrolit, pemberian makanan nasogratik, obat-obatan neurolois atau psikiatri.

Dengan begitu banyaknya bahaya yang diakibatkan oleh mengonsumsi air putih yang terlalu banyak, apakah ada solusi terbaik buat mengatasinya?

Dr Imran Rafi, ketua inovasi klinis dan peneliti di Royal College of GP mengatakan bahwa penting buat kita untuk terhidrasi dengan baik, tetapi belum ada rekomendasi kuat berapa banyak air yang harus diminum.

Bahaya minum air putih terlalu banyak
Minum delapan gelas sehari, jumlah takaran yang dianjurkan dokter via blogspot.co.id

Menurutnya, cukup minum saja itu penting buat tubuh dan mental sehat. Kamu harus bisa menjaga asupan cairan khususnya ketika sedang dalam kondisi yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Para dokter juga mengatakan, kalaupun memang banyak minum, hal itu terjadi kalau kamu menderita gejala dehidrasi saja seperti haus, termasuk saat berada di cuaca panas atau sedang olahraga. Demikian juga ketika air urin kamu terlihat berwarna gelap. Dan hingga sekarang, rekomendasi buat minum antara enam hingga delapan gelas air per hari masih tetap berlaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel