Motif Ini Sering Digunakan untuk Membuat Model Baju Batik Modern

Motif untuk model baju batik modern - Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak sekali warisan budaya dan juga berbagai sejarah yang ada di dalamnya. Berbagai warisan budaya tersebut nyatanya membuat para masyarakat manca negara menjadi lebih tertarik dengan bangsa ini. Salah satu warisan yang paling diketahui oleh dunia adalah batik. Biasanya, batik dibuat sebagai pakaian yang bisa mereka pakai jika menghadiri acara formal atau pun menggunakannya sehari-hari dengan motif pakaian yang jauh terlihat lebih sederhana dan simpel.

Motif untuk model baju batik modern
Salah satu motif batik

Karena perkembangan dunia fashion saat ini sudah semakin pesat, maka tidak heran jika sekarang ini sudah tercipta model baju batik modern yang dibuat sesuai dengan trend masa kini. Tanpa menghilangkan unsur batik, kebanyakan dari baju modern tersebut masih menggunakan berbagai jenis motif batik yang dianggap indah dan dapat dipadukan dengan jenis pakaian lainnya. Berikut inilah beberapa motif yang paling sering digunakan dalam pembuatan baju tersebut:


1. Sekar Jagad

Motif untuk model baju batik modern
Motif Batik Sekar Jagad

Motif batik yang satu ini berasal dari Jogjakarta dan terkadang sering disebut juga sebagai batik Jogja. Sesuai dengan namanya, motif batik yang satu ini memiliki pesona yang begitu menarik dan juga terlihat sangat indah, jadi tidak heran jika melihat berbagai baju modern yang dijual di situs jual beli online saat ini mengusung motif ini agar terlihat lebih menarik. Namun, ada sebagian orang yang menganggap arti dari nama tersebut sangat berbeda dari aslinya, yakni berasal dari bahasa Jawa ‘kar jagad’, yang jika diartikan adalah peta dunia.


2. Pekalongan

Motif untuk model baju batik modern
Motif Batik Pekalongan

Untuk jenis yang satu ini, bukan rahasia lagi jika motif tersebut banyak digunakan untuk membuat baju dengan potongan yang modern. Motif ini banyak dipilih karena dipercaya bahwa motif tersebut sudah banyak terpengaruh oleh beberapa kebudayaan luar negeri, karena lokasi Pekalongan sendiri ada di letak yang sangat strategis. Hal tersebut membuat para pedagang yang berasal dari manca negara lebih banyak mengunjungi kota tersebut. Jenis motif yang disuguhkan adalah dalam bentuk tumbuhan dan juga binatang.


3. Sidomukti Magetan


Motif untuk model baju batik modern
Motif Batik Sidomukti Magetan

Model baju batik modern sangat sering menggunakan motif Sidomukti Magetan. Hal tersebut dikarenakan motif ini memiliki ciri khasnya tersendiri, yakni memiliki motif dasar yang menyerupai bentuk bambu. Hal tersebut pastinya akan membuat pakaian terlihat lebih unik dan juga menarik. Jenis ini memang lebih disarankan untuk Anda kenakan ketika sedang menghadiri acara yang formal atau resmi dan juga menghadiri acara adat. Namun sekarang ini, pakaian dengan motif ini bisa ditemukan di situs belanja online terpercaya dan digunakan kemana saja yang Anda inginkan.


4. Jepara

Motif untuk model baju batik modern
Motif Batik Jepara

Motif ini memiliki dua jenis, yakni motif yang baru dan juga motif yang lama. Untuk model yang lama, motif tersebut memiliki ciri khas tersendiri, yakni pada pola warna dari benda yang ada di dalamnya, seperti lung yang berwarna hitam, gajah yang berwarna coklat dan lain sebagainya. Pada motif baru, jenisnya adalah batik tulis yang dimana tersedia dari berbagai variasi. Karena keunikan itulah motif ini digunakan untuk membuat baju-baju bertajuk modern.


5. Keraton

Motif untuk model baju batik modern
Motif Batik Keraton

Jenis motif terakhir yang paling sering dibuat menjadi model baju batik modern adalah Keraton. Dulunya, motif ini digunakan oleh para petinggi saja, namun karena berbagai alasan, sekarang ini pun rakyat biasa sudah boleh menggunakannya. Karena melambangkan kegagahan dan juga keagungan, tidak heran jika sekarang ini motif tersebut banyak digunakan pada baju modern. Selain itu, motif ini memang terlihat sangat indah dan estetika.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel