Waspadalah, Inilah Bentuk-Bentuk Bullying yang Harus Kamu Pahami

Bentuk bullying yang harus diwaspadai - Perbuatan bullying memang sudah sangat meresahkan. Bullying ini bisa terjadi di mana saja, sekolah, tempat kerja, lingkungan, rumah, bahkan sosial media. Hayo, apakah kamu sering melakukannya? Ataukah mungkin kamu enggak sadar sudah melakukannya? Atau bahkan kamu adalah seorang korban dari bullying tersebut?

Bentuk bullying yang harus diwaspadai
Waspadai bentuk-bentuk bullying ini via swamedium.com

Selama ini, mungkin kamu tahunya bentuk bullying itu hanya secara fisik saja. Padahal, bentuk bullying ini bisa bermacam-macam dan patut diwaspadai. Bahkan seseorang bisa enggak sadar kalau dia sudah melakukan pem-bully-an. Baca juga Stop Labeling! Karena Kita Manusia Bukan Barang.

Lalu, apa sajakah bentuk-bentuk bullying yang harus kamu pahami dan diwaspadai itu? Mari kita simak penjelasannya.


1. Fisik


Bentuk bullying yang harus diwaspadai
Bully dalam bentuk fisik via merdeka.com

Perbuatan bullying dalam bentuk fisik mungkin sudah sering kamu lihat di berita-berita. Di mana pelaku bullying melakukan kontak fisik secara kasat mata kepada korbannya, seperti menendang dan memukul. Biasanya bully dalam bentuk ini bisa ditemui di sekolah-sekolah, kampus, maupun lingkungan rumah.


2. Sosial

Bentuk bullying yang harus diwaspadai
Bully dalam bentuk sosial via pojoksatu.com

Bullying dalam bentuk ini adalah membuat korban dijauhi secara sosial. Si pelaku bullying biasanya menyebarkan gosip yang belum pasti tentang si korban kepada orang-orang, kemudian mengajak orang-orang tersebut untuk menjauhi si korban. Hayo, apakah kamu pernah melakukan ini?


3. Verbal

Bentuk bullying yang harus diwaspadai
Bully dalam bentuk verbal via vice.com

Bullying dalam bentuk ini, kerap terjadi di masyarakat tanpa kita sadari. Biasanya, para pelaku bullying ini menggunakan kata-kata hingga julukan yang negatif sama korbannya. Hal itu bertujuan untuk menekan psikologis si korban.


4. Cyber bullying

Bentuk bullying yang harus diwaspadai
Bully dalam bentuk cyber bullying via tribunnews.com

Kalau kamu punya aku sosial media, pastinya akan sering mendengar cyber bullying. Ya, bullying dalam bentuk ini bisa berupa komentar-komentar negatif dan kata-kata kasar yang menyakiti di sosial media, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Bullying dalam bentuk ini lebih banyak terjadi, karena seseorang bisa dengan mudah berkomentar di sosial media.


Itulah beberapa bentuk bullying yang harus kamu pahami dan diwaspadai. Mulai sekarang, hentikan semua perbuatan bullying tersebut ya. Karena, akan menimbulkan dampak psikologis jangka panjang bagi si korban.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel