Kamu Sering Galau? Yuk, Lakukan Ini Buat Mengatasinya

Mengatasi galau - Apakah kamu pernah merasa galau? Atau bahkan mungkin sering galau? Secara harfiah, galau merupakan situasi di mana perasaan kamu enggak menentu dan bercampur aduk. Keadaan emosi yang sering dikaitkan dengan galau seperti gelisah, bingung, ataupun sedang dipuncak kegundahan.

Mengatasi galau
Atasi rasa galaumu via natural society.com

Banyak anggapan kalau anak dari generasi milenial sekarang ini lebih labil secara emosional dan sering merasa galau. Banyak hal yang kerap menjadi sumber kegalauan, seperti bertengkar dengan pacar, dimarahi orang tua, nilai ulangan jelek, dan lain-lain. Kalau kamu membiarkan rasa galau tersebut berlarut-larut, yang ada kamu akan terjatuh dalam depresi.

Nah, biar kamu enggak galau lagi, berikut Arimpi.Com paparkan beberapa hal yang sering bikin galau dan cara mengatasinya. Yuk, mari kita simak.


1. Penolakan atau merasa dikucilkan

Mengatasi galau
Ilustrasi via thedistinctdot.com

Di dunia media sosial, kerap ada yang takut kalau dibilang ketinggalan zaman, kurang update, jadul, enggak ikuti tren, dan lain-lain. Gejala ini namanya FOMO (fear of missing out) atau takut dibilang ketinggalan.

Keadaan tersebut bikin orang untuk berlomba–lomba mengunggah foto aktivitas mereka atau barang–barang yang kekinian di media sosial. Jumlah ‘likes’ dan ‘comment’ pun sangat diperhitungkan buat dijadikan tolak ukur eksistensi mereka. Hayo, apakah kamu pernah mengalaminya atau bahkan sering?

Nah, kalau kamu mendapatkan hasil yang enggak sesuai harapan, seperti sepi 'likes' dan 'comment', biasanya menjadi salah satu sumber kegalauan. Hal ini juga bisa menimbulkan perasaan dikucilkan. Apakah kamu termasuk salah satu yang sering mengalaminya?

Buat mengatasinya, cobalah kamu berpikir positif, bahwa orang-orang di media sosial tersebut mungkin sedang sibuk, sehingga tidak sempat melihat apa yang kamu unggah. Ingat, kuncinya adalah berpikir positif, ya. Baca juga Jadi Hits Tak Harus Ikuti Tren.


2. Merasa gagal melakukan sesuatu

Mengatasi galau
Ilustrasi via techspot.com

Mengalami kegagalan merupakan hal yang lumrah dialami oleh setiap orang. Apapun itu, misalnya gagal dalam pekerjaan, gagal dalam ujian, gagal dalam hubungan percintaan, atau kegagalan lainnya. Di saat mengalami kegagalan, kamu seringkali merasa galau. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Kuncinya, kamu berbagi cerita dan minta dukungan dari orang terdekat yang bisa kamu percayai. Setelah itu, kamu bikin rencana, strategi, dan jadwal ke depannya untuk memperbaiki kegagalan sebelumnya. Jadi, kamu jangan terus meratapinya,karena kamu sudah enggak bisa lagi mengulangnya. Teruslah berjalan dan move on, guys. Baca juga Cara Mengatasi Rasa Tertekan Karena Masalah Kehidupan.


3. Hubungan sosial yang buruk

Mengatasi galau
Ilustrasi via dentistryiq.com

Urusan percintaan dan pertemanan juga merupakan penyebab kegalauan. Dan yang paling sering adalah hubungan percintaan. Kemudahan teknologi komunikasi seperti pesan chat, akan bikin kamu lebih gampang mengetahui apakah orang tersebut sudah membaca pesan kamu atau belum.

Tapi, kamu enggak perlu langsung gelisah kalau belum mendapat respons dari pasangan. Buatlah hidup kamu lebih mudah, jangan dibikin susah. Lebih baik hindari melihat ponsel secara terus-menerus hanya untuk mengecek apakah dia sudah dibalas atau belum.

Apa kamu sulit melakukannya? Cukup sibukkan diri kamu saja dengan melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti menyelesaikan pekerjaan, belajar, atau beribadah. Baca juga Cara Memperbaiki Keretakan Dalam Hubungan Asmara.


4. Kurang percaya diri


Mengatasi galau
Ilustrasi via chiefhro.com

Rasa kurang percaya diri atau pede atau minder seringkali memicu datangnya perasaan galau. Misalnya, kamu merasa kurang cantik, kurang sukses, kurang pandai, atau kekurangan lainnya yang berujung pada masalah percaya diri.

Solusinya, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah rasa percaya diri kamu. Misalnya, kamu melakukan hobi dan menjalin hubungan baik dengan keluarga atau sahabat terdekat yang selalu memberikan dukungan positif pada kamu. Baca juga Bisnis Berkat Rasa Tidak Percaya Diri Manusia.


Bagaimana? Apakah tips mengatasi rasa galau di atas berguna buatmu yang sering galau? Intinya, kalau kamu menghadapi suatu masalah yang bikin galau, ingatlah untuk selalu optimis dan berpikiran positif. Dan juga, lakukan hal-hal yang menyenangkan, bermanfaat, dan tentunya bisa memberikan dampak positif bagi hidup kamu. Semoga kamu enggak galau lagi, ya.

0 Response to "Kamu Sering Galau? Yuk, Lakukan Ini Buat Mengatasinya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel