4 Jenis Olahraga Santai yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Olahraga yang aman di malam hari - Bukan rahasia lagi kalau olahraga adalah aktivitas yang menyegarkan juga menyehatkan. Banyak orang berlomba untuk berolahraga agar mendapatkan kualitas tubuh yang sehat. Umumnya olahraga senantiasa dilakukan pada waktu tertentu yakni pagi, sore, dan malam hari. Ketiga waktu ini sebenarnya bisa kamu manfaatkan namun banyak orang beranggapan bahwa olahraga malam hari tidak baik untuk kesehatan dan lebih memilih berolahraga di pagi hari maupun sore hari.

Olahraga yang aman di malam hari
Jenis-jenis olahraga ini cocok dilakukan di malam hari via wrp-diet.com

Buat kamu yang ingin sekali berolahraga dan hanya ada waktu di malam hari sebaiknya pilih olahraga yang tidak terlalu berat dan menguras tenaga ya. Dengan melakukan hal tersebut, tubuhmu tidak mudah lelah namun tetap segar dan berstamina. Nah, berikut ini jenis olahraga yang aman dilakukan di malam hari.


1. Olahraga Yoga

Olahraga yoga tidak hanya asyik dilakukan di sore hari, tetapi juga di malam hari. Selain lebih santai, yoga bisa dibilang sebagai olahraga malam yang cukup aman bahkan bisa membuat tubuh segar dan pikiran rileks. Dengan pikiran yang rileks maka kualitas tidurmu akan lebih lelap. Selain itu, yoga tidak hanya ampuh menurunkan berat badan namun juga bisa menjadi cara alternatif dalam melancarkan peredaran darah dan mengatur pernapasan.


2. Jalan-Jalan

Selain dengan latihan yoga, olahraga santai yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan berjalan kaki di malam hari. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berjalan kaki. Salah satunya adalah menurunkan berat badan, mengurangi depresi, dan pastinya membuat tubuh lebih segar hingga pagi hari. Kamu bisa berjalan kaki selama satu jam dengan sepatu yang empuk agar lebih nyaman. Nah bagi kamu yang menginginkan tubuh ramping, berjalan kaki bisa menjadi rutinitas efektif yang bisa kamu coba.


3. Olahraga Fitnes

Jika ada waktu luang di malam hari, kamu bisa melakukan fitnes di tempat gym atau kebugaran dengan mengangkat beban atau mencoba alat olahraga lainnya. Atur waktu luang untuk mengatur jadwal olahraga sehingga tidak mengganggu rutinitas kamu.


4. Olahraga Tai Chi

Olahraga malam yang tidak kalah baik untuk kesehatan tubuh adalah Tai Chi. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga ini adalah melatih keseimbangan tubuh dan pikiran serta meningkatkan kinerja jantung dan peredaran darah. Gerakan-gerakan pada olahraga Tai Chi umumnya sangat tenang. Itulah sebabnya orang yang berlatih Tai Chi cenderung lebih rileks dan santai karena dapat mengontrol emosi diri. Tai Chi juga sering digunakan sebagai cara meditasi diri saat menjalani program diet, agar tidak mudah stres sehingga dapat mencegah naiknya berat badan.


Kiat-kiat penting yang harus diketahui sebelum olahraga malam

Meskipun bertujuan agar tubuh lebih sehat, namun tak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya, apakah olahraga malam baik untuk kesehatan tubuh kamu atau tidak. Setelah itu, kamu bisa menerapkan beberapa olahraga favoritmu. Namun dengan catatan, olahraga harus dilakukan 3 sampai 4 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, lakukan olahraga malam dengan ritme dan daya yang lambat agar tubuh mudah mengatur detak jantung, menjaga kadar hormon, dan mengoptimalkan pernapasan.

Setelah itu jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan setelah selesai berolahraga, karena hal ini sangat penting untuk mengendurkan otot yang tegang, melancarkan sikulasi darah sehingga suhu tubuh bisa optimal kembali, dan kamu bisa tidur lebih nyenyak. Nah, dengan begitu olahraga malam bisa menjadi acuan kamu dalam menjaga berat badan sekaligus menjaga stamina tubuh, loh.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan