Laptop Kamu Lemot? Atasi dengan Cara ini Biar Ngebut Lagi

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Mengatasi laptop lemot - Mungkin kamu sering mengalami laptop kamu lemot atau lelet. Apalagi, saat dinyalakan, lamanya minta ampun. Padahal kamu sedang buru-buru buat mengerjakan sesuatu. Bikin kesal pastinya.

Mengatasi laptop lemot
Laptop lemot emang bikin kesel via laptoprepairswestlothian.co.uk

Padahal sebelumnya, kamu yakin kalau spesifikasi dan RAM-nya bagus. Di awal-awal kamu membelinya pun masih ngebut. Tapi tetap saja, banyak faktor yang bikin laptop kamu lelet. Nah, daripada pusing sendiri dan kebakaran jenggot, mending ikuti tips berikut biar laptop kamu enggak lelet atau lemot lagi.


1. Buang aplikasi-aplikasi yang enggak perlu

Mengatasi laptop lemot
Hapus aplikasi yang enggak perlu via techadvisor.co.uk

Mungkin kamu membutuhkan aplikasi tersebut di awal-awal. Tapi semakin ke sini, aplikasi tersebut sudah jarang bahkan tidak pernah lagi kamu gunakan. Padahal, banyak aplikasi yang kalau laptopnya dinyalakan, itu akan langsung aktif, dan kamu sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Nah, daripada menuh-menuhin memori, dan bikin laptop kamu lemot, mending dihapus saja dulu. Gampang kalau kamu memang membutuhkannya lagi, kamu bisa menginstall ulang. Yang penting, file mentahnya jangan hilang.


2. Hardisk kepenuhan, hapus atau pindahkan file

Mengatasi laptop lemot
Hardisk kepenuhan via ophtek.com

Kapasitas hardisk juga mempengaruhi kinerja laptop kamu. Kalau memang hardisk kamu kepenuhan, pindahkan saja ke hardisk baru. Atau kalau memang file-nya tidak penting-penting amat, mending dihapus saja.


3. Hardisk mulai rusak, perbaiki atau ganti

Mengatasi laptop lemot
Hardisk rusak bisa bikin lelet via lifewire.com

Kalau hardisk kamu mulai rusak, kamu harus segera memperbaikinya ya, guys. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hardisk mempengaruhi kinerja laptop. Jadi, ada baiknya kamu mengecek hardisk kamu.


4. Laptop kemasukan kotoran dan jarang dibersihkan

Mengatasi laptop lemot
Hati-hati saat membersihkannya via instructables.com

Ada kalanya kamu membersihkan laptop kamu ya. Sebab, kalau laptop kamu kemasukan debu dan kotoran, bisa juga mempengaruhi kinerja laptop. Untuk membersihkannya pun harus hati-hati. Pertama-tama, kamu bersihkan dahulu bagian luar seperti keyboard dan monitor. Membersihkannya pun menggunakan penghisap debu khusus. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik. Baca juga Cara yang Benar Membersihkan Ponsel dari Kotoran.

Setelah itu, kamu buka bagian dalam laptop. Hal itu juga dikarenakan debu dan kotoran bisa masuk ke CPU laptop melalui kipas. Debu dan kotoran yang dibiarkan di dalam CPU ini bisa membuat laptop kamu cepat panas. Kamu harus berhati-hati dalam melakukan ini. Sebab kalau tidak, yang ada malah tambah rusak. Kalau memang tidak mengerti, sebaiknya meminta bantuan teman yang paham untuk membersihkannya.


5. Terdapat virus di laptop

Mengatasi laptop lemot
Virus si biangnya lelet via perangkatkeras.net

Virus tak hanya membuat file rusak, tapi juga membuat lemot. Banyak aplikasi yang beredar yang mengandung virus. Kamu harus hati-hati jika mau menginstal aplikasi tertentu. Karena itu, jika memang di aplikasi tertentu mengandung virus, lebih baik dihapus saja.


6. Hapus file-file temporary (file sementara)

Mengatasi laptop lemot
Hapus saja file-file temporary via vtiga.com

Di system windows, kamu pastinya mengenal istilah file temporary. File-file temporary ini bisa muncul karena adanya aplikasi yang terinstall. Jika terlalu banyak aplikasi yang terinstall, maka file temporary akan banyak juga. Kalau sudah begitu, otomatis kinerja laptop akan memjadi lelet atau lemot. Solusinya adalah, kamu harus menghapus file-file temporary tersebut. Meskipun begitu, file-file temporary ini bisa muncul kembali, karena aplikasinya masih terinstall. Untuk itu, disarankan pembersihannya minimal seminggu sekali. Cara hapus file temporary yaitu ke drive c: \windows\Temp\ . Lalu hapus file-file temporary tersebut.


7. RAM memori yang penuh

Mengatasi laptop lemot
Gunakan aplikasi yang enggak memakan terlalu banyak RAM via inviniastore.com

Kamu pastinya sudah paham kalau RAM kepenuhan, maka laptop kamu bakal lelet. Karena itu, baiknya kamu menggunakan aplikasi yang sesuai dengan RAM memori di laptop kamu. Jika aplikasi yang dibuka terlalu banyak, maka laptop akan memerlukan RAM yang besar. Sesuaikan kapasitas RAM laptop kamu dan aplikasi yang diinstall. Jangan menginstall aplikasi yang memerlukan RAM besar ya. Yang ada laptop kamu justru akan lelet.


Itulah cara mengatasi laptop kamu yang lemot atau lelet biar ngebut lagi. Jadi, rawatlah laptop kamu dan segera perbaiki jika mulai lelet. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan