Yuk Intip Manfaat Kangkung Buat Kesehatan

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Manfaat kangkung buat kesehatan - Apakah kamu doyan banget sama kangkung? Sayuran khas satu ini memang populer banget, terutama buat mereka yang kerap berjualan rujak sayur, pecel, tumis, dan lain-lain. Mendapatkannya juga cukup mudah dan banyak ditemui di pasar-pasar. 

Manfaat kangkung buat kesehatan
Manfaat kangkung sangat besar via arbamedia.com

Kangkung atau bernama latin Ipomoea aquatica Forsk ini memiliki dua bentuk yang dijual di pasaran, yaitu kangkung berdaun licin dan berbentuk mata panah sepanjang 10–15 cm. Kalau ditanya, apa sih manfaat kangkung tuh? Nah, kalau masih bingung, berikut adalah manfaat kangkung bagi kesehatan yang wajib kamu tahu.


1. Mencegah sariawan

Kalau kamu mengalami sariawan, sakit gigi, dan gusi berdarah, cukup gunakan kangkung saja. Caranya, kamu cukup mengunyah daun kangkungnya saja, karena kangkung mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab sariawan pada gigi.


2. Sebagai obat insomnia (sulit tidur)

Mungkin ini adalah rivalnya kopi. Pasalnya, kalau kopi bisa digunakan untuk mencegah kantuk, kangkung bisa digunakan untuk mendatangkan kantuk. Nah, kalau kamu sering banget susah tidur alias insomnia, sangat disarankan mengonsumsi kangkung. Caranya cukup dimasak seperti biasa saja, seperti ditumis misalnya. Baca juga Hindari 5 Makanan Berikut Ini Kalau Tidak Mau Mimpi Buruk.


3. Mengurangi nyeri haid

Buat kamu nih para cewek yang sering banget mengalami nyeri saat haid, kangkung bisa mengurangi rasa nyerinya loh. Caranya, cukup tumbuk daun kangkung, lalu tambahkan air hangat. Setelah itu disaring dan tambahkan madu agar terasa manis.


4. Pengontrol darah

Kangkung ternyata sangat bermanfaat buat pengontrol darah dalam tubuh. Hal itu dikarenakan kangkung mempunyai zat kimia yang bisa mencegah proses pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak. Kan bahaya kalau darah kita membeku di pembuluh darah jantung atau otak.


5. Mencegah bau mulut

Buat kamu yang kurang pede sama bau mulut, pastinya akan mengganggu aktivitas. Biasanya bau mulut terjadi di saat kamu berpuasa atau memakan makanan yang mengeluarkan bau tidak sedap. Nah, kalau kamu mengonsumsi kangkung, maka bau mulut akan berkurang. Karena kangkung mempunyai minyak esensial yang dapat mengurangi bau pada mulut.


6. Baik untuk ibu hamil

Sayur kangkung sangat bermanfaat bagi ibu hamil terutama ibu yang menyusui. Karena kangkung bisa memperlancar ASI pada ibu yang menyusui. Selain itu, kangkung juga bisa mencegah sembelit pada ibu hamil.


7. Menjaga kualitas otak

Perlu kamu ketahui, kangkung mengandung Omega 3 yang sangat bermanfaat buat kualitas otak. Seperti pada uraian di atas, buat yang sedang hamil, hanya perlu mengonsumsi kangkung untuk menjaga kualitas otak janin dalam kandungan.

Tak hanya itu, pada masa pertumbuhan anak, para ibu hanya perlu memberikannya berupa asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, loh.


8. Menjaga kesehatan mata

Enggak hanya wortel, kangkung juga terdapat kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Belakangan ini, cukup banyak orang-orang yang menderita mata katarak. Bahkan bukan hanya kaum manula saja, kaum remaja juga ada yang mengalaminya. Nah, untuk menjaga kualitas dari kejernihan mata kamu, hanya perlu mengkonsumsi kangkung saja kok.


9. Mencegah kolestrol

Mengapa orang Indonesia kebanyakan terkena kolestrol? Hal itu dikarenakan banyak yang lebih mementingkan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi. Oleh karena itu, sangat disarankan buat kamu untuk mengonsumsi makanan yang bisa mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh, seperti kangkung.
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan