Waspadalah! Inilah Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Penderita Maag

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Kesalahan yang sering dilakukan penderita maag - Apakah kamu punya penyakit maag? Kalau punya, jangan anggap enteng ya. Sakit maag adalah si pembunuh yang diam-diam mencabut nyawa kita. Bikin ngeri bukan? Nah, kamu harus benar-benar tahu dalam mengatasi penyakit maag. Sebaiknya, periksakan juga ke dokter sedini mungkin, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun begitu, ada juga penderita yang kerap melakukan kesalahan-kesalahan dalam mengobati penyakit maag ini. Apakah kamu salah satunya?


Kesalahan yang sering dilakukan penderita maag
Waspadalah kalau maag sudah kambuh via hellosehat.com

Jadi, mengobati penyakit maag itu ada caranya. Daripada penasaran, inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh penderita penyakit maag yang harus kamu hindari.


1. Minum obat maag dengan air

Kalau kamu perhatikan dengan baik, pada kemasan obat maag (yang tablet atau bubuk, bukan yang cair), selalu tertulis 'Obat Kunyah' bukan 'Obat Minum'. Artinya, saat kamu mengonsumsi obat ini, itu harus dikunyah atau boleh langsung telan, tapi tidak dibarengi dengan air.

Karena itu, paling tidak satu jam sebelum dan sesudah mengonsumsi obat maag, kamu tidak bolrh makan dan minum apapun, supaya obat tersebut bisa bekerja dengan baik. Kalau kamu mengonsumsinya pakai air putih, seperti yang biasa kamu lakukam ketika minum obat pada umumnya, maka obat itu jadi enggak berguna. Cuman ikut larut dalam air dan malah menyebabkan mencret.

Kalo enggak tahan dengan obat kunyah berbentuk tablet, kamu bisa coba yang bubuk atau yang cair, supaya menelannya lebih mudah. Yang penting, kamu harus ingat kalau jangan makan dan minum apapun satu jam sebelum dan sesudah mengonsumsi obatnya.


2. Menunda-nunda mengonsumsi obat maag

Banyak penderita maag berpikir bahwa mereka tidak ingin bergantung pada obat. Apa kamu juga merasakan yang sama? Mereka pikir kalau asam di dalam lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis, atau akan hilang sendiri seiring berlalunya waktu, dan sebagainya. Padahal, itu pemikiran yang salah!

Asam lambung bersifat korosif yang membantu proses pencernaan. Tapi, bisa sangat merusak kalau takarannya berlebihan. Kalau hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka lambungmu pasti akan hancur, bahkan bisa menyerang organ lain seperti liver misalnya. Kan mengerikan. Oleh karena itu, saat maag mulai menyerang, maka jangan tunda-tunda lagi. Segera konsumsi obat maag secepat mungkin sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti inflamasi/peradangan, infeksi lambung, dan lain-lain.


3. Tidak menyadari penyebabnya

Banyak penderita maag yang berpikir bahwa sakit maag itu disebabkan karena telat makan, minum kopi, makan asam, pedas, beras ketan atau bersantan, dan lain-lain. Itu salah! Penyebab utamanya bukan itu. Yang disebutkan tadi hanyalah penyebab sekunder saja. Sedangkan penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru stres dan kurang gerak.

Stres menduduki tempat pertama penyebab tukak lambung. Bahkan stres juga pemicu penyakit-penyakit lainnya seperti stroke. Konsentrasi asam lambung akan meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat stress datang, dibanding saat telat makan.

Selain itu, kurangnya gerak tubuh membuat gerak peristaltik pada usus dan lambung melemah, sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk. Misalnya kamu kalau habis makan langsung tidur-tiduran, itu akan membuat usus tidak mencerna dengan baik. Akibatnya, bisa memicu asam lambung keluar lebih banyak karena lambung "berpikir" bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses pencernaan sebelumnya.


4. Konsumsi makanan yang keliru

Mungkin kamu mengira kalau mengonsumsi sayur dan buah bisa membantu mengurangi gejala sakit maag. Itu salah besar! Konsumsi daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit maag. Itu dikarenakan daging lebih lama diproses pencernaannya daripada sayur atau buah, sehingga asam lambung bekerja maksimal untuk menghancurkan daging yang kamu makan, bukannya menghancurkan daging tubuh kamu.


5. Sakit maag karena bakteri Helicobacterpylori

Ada salah satu penyebab sakit maag yang disebabkan karena serangan bakteri, dan hal ini perlu penanganan medis khusus. Kalau enggak percaya, coba kamu tes sendiri. Kamu enggak usah sikat gigi sebelum tidur. Maka, kalau besoknya sakit maag kamu kambuh, maka kemungkinan sakit maag kamu disebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori.

Sebenarnya bakteri ini sangat penting untuk proses pencernaan dan umumnya bersarang di mulut. Tapi kalau berlebihan akibat tidak sikat gigi, kemudian tertelan hingga ke lambung, akan menyebabkan tukak lambung. Karena itu, kamu harus rajin sikat gigi saat mau tidur ya, guys.


Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh penderita sakit maag. Sebenarnya, sakit maag itu tidak bisa disembuhkan seumur hidup. Loh kok bisa? Karena sebenarnya itu bukan penyakit, tapi mekanisme alami tubuh. Asam lambung yang terdapat di dalam lambung itu wajar, bahkan berperan penting bagi proses pencernaan.

Karena itu, biasanya sesekali tetap akan muncul tukak lambung tersebut. Yang penting adalah, bagaimana kamu menjaganya untuk tidak berlebih dan menyebabkan sakit dan komplikasi yang lebih parah. Jika tidak, maka perlahan-lahan akan membunuhmu. Dianjurkan agar kamu memeriksakannya ke dokter sedini mungkin. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan