Buat Para Traveler, Dilarang Melakukan Hal-Hal Ini!

Hal-hal yang dilarang buat traveler - Traveling atau berwisata ke tempat-tempat yang menakjubkan tentunya sangat menyenangkan. Di saat liburan tiba, pastinya kamu sibuk traveling ke sana ke mari, baik itu sendirian, bersama keluarga, ataupun kekasih. Apalagi, kamu sudah merencanakannya jauh-jauh hari.

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Buat traveler, ada hal-hal yang dilarang via togethertraveler.com

Tapi, perlu diingat nih guys. Traveling dengan wisata itu berbeda ya. Traveling itu menikmati keindahan alam atau budaya dan dengan budget seminim mungkin. Tujuan utamanya adalah memang untuk menikmati alam. Orangnya ini biasa dinamakan traveler. Nah, kalau wisata ini tujuannya memang untuk bersenang-senang, berapapun biaya yang dikeluarkan. Orangnya biasa dinamakan wisatawan.

Nah, kalau kamu sudah paham dengan perbedaan traveling dan wisata, kamu harus tahu juga nih hal-hal yang dilarang saat kamu bepergian. Tak peduli kamu traveler atau wisatawan, kamu dilarang melakukan hal-hal berikut ini.


1. Bawa barang terlalu banyak

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Mau traveling apa pindah rumah via mitrasterito.es

Kamu mau traveling apa pindah rumah? Sekalian saja kamu bawa sampai lemarinya. Kalau kamu mau traveling atau wisata, bawalah barang seperlunya saja. Jika memakan waktu dua hari, ya bawa tiga setel pakaian saja. Kalau tidak, kamu akan direpotkan dengan barang bawaan kamu. Bikin enggak nyaman, guys.


2. Belum menentukan tempat tujuan

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Tentukan tempat tujuanmu via travel-junkies.com

Namanya juga mau bepergian, kamu harus tentukan dulu tempat tujuan kamu. Jangan sampai kamu bepergian tanpa arah. Dan begitu tiba di tempat tujuan, kamu enggak tahu lagi harus apa dan ke mana. Jadi, rencanakan semuanya matang-matang, dan tentukan tujuan kamu. Kalau bisa, kamu buat road map.


3. Merusak alam

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Memetik bunga bisa merusak alam via suratkabar.id

Ini adalah tindakan yang sangat sangat dilarang, baik itu buat traveler ataupun wisatawan. Kalau kamu sudah datang ke tempat tujuan, jangan merusaknya. Misalnya, mencabut tumbuhan, memetik bunga, menginjak-injak bunga atau tanaman, mengambil benda yang seharusnya enggak boleh diambil, dan tindakan-tindakan lainnya yang merusak.


4. Membuang sampah sembarangan

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Alam bukanlah tempat sampah via jejakku.co

Ini juga termasuk tindakan yang paling dilarang. Di mana pun, entah itu di kota ataupun tempat wisata, janganlah suka membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya. Kalaupun misalnya kamu kemping di gunung, atau tidak menemukan tempat sampah, bawa kembali sampahnya dan buang di tempatnya kalau kamu sudah menemukannya. Janganlah kamu mengotori alam hanya karena sampah yang berserakan.


5. Melanggar norma adat dan aturan yang berlaku

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Hormatilah adat setempat via panduanwisata.id

Setiap tempat tentunya memiliki norma dan adat yang berbeda-beda. Kamu sebagai pengunjung tentunya harus menghormati dan bertindak layaknya tamu yang sedang singgah di rumah orang. Jangan mentang-mentang kamu pengunjung dan merasa sudah membayar, lantas kamu bisa berbuat seenaknya. Kamu harus memiliki sopan santun dan menghormati adat yang berlaku di tempat tujuan kamu.


6. Melakukan vandalisme

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Tindakan yang sangat tidak etis dan tidak patut ditiru via reservasi.com

Ini salah satu perbuatan yang kurang etis. Biasanya, wisatawan alay mencoret-coret tempat wisata buat menunjukkan, kalau dia sudah pernah datang ke tempat itu. Parahnya, dia melakukannya di pohon, batu, atau tempat lain yang sulit dihilangkan. Please, guys. Tindakan itu sangat buruk dan bisa merusak keindahan alam. Mungkin menurut kamu itu keren, tapi bagi yang lainnya, itu tidak keren, justru sebuah kebodohan.


7. Tidak menyiapkan uang cash

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Selalu sediakan uang cash via waktuku.com

Kalau kamu punya kebiasaan selalu menggunakan kartu ATM buat bertransaksi, lebih baik dihilangkan saat kamu traveling atau wisata. Mengapa? Karena di tempat-tempat wisata, sangat jarang ditemukan mesin ATM atau transaksi menggunakan kartu ATM. Jadi, lebih baik kamu sediakan uang cash supaya memudahkan kamu untuk bertransaksi.


8. Sibuk belanja ketimbang menikmati alam

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Mau shoping apa traveling via shoppershoppe.com

Please guys, kalian itu sedang berwisata atau traveling, bukan shoping. Kalau mau belanja, datang saja ke mall atau pasar. Memang sih, niatnya mau beli oleh-oleh atau cendera mata. Tapi, kalau sebagian waktu kamu ketika bepergian itu hanya dihabiskan untuk sibuk berbelanja, lantas buat apa kamu berwisata atau traveling? Nikmatilah alam yang memang jadi tujuan utama kamu, setelah itu beli oleh-oleh sewajarnya saja.


9. Sibuk dengan gadget

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Jangan mainan gadget melulu via kiplinger.com

Sekarang ini memang banyak banget orang yang enggak bisa lepas dari gadget. Mereka sibuk check-in sana, check-in sini, chatting, selfie, sosmed, dan lain-lain. Kalau hanya digunakan untuk sekedar memotret keindahan alam sih tidak apa-apa. Tapi kalau sudah kecanduan banget, buat apa wisata atau traveling? Toh di mana pun kamu berada, kamu tetap saja asyik di dunia maya.


10. Menggunakan pakaian yang tidak nyaman

Hal-hal yang dilarang buat traveler
Pilihlah pakaian yang menurut kamu nyaman via pexels.com

Pakaian juga penting, guys. Kalau kamu memilih pakaian yang tidak nyaman, justru akan mengganggu traveling kamu. Misal, kamu mau traveling ke gunung, mana mungkin kan pakai pakaian yang minim seperti mau ke pantai? Yang ada kamu malah kedinginan. Jadi, sesuaikan tempat dengan pakaiannya, dan pastinya bikin kamu nyaman.


Itulah hal-hal yang dilarang buat traveler atau wisatawan kalau sedang bepergian. Jangan pernah sekali-sekali melakukan hal-hal di atas ya, guys. Demi kebaikan kamu sendiri. Happy traveling.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel