Inilah 10 Macam Tipe Penulis, Termasuk yang Manakah Kamu?

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

10 tipe penulis - Setiap orang pastinya mempunyai karakter yang berbeda-beda. Ada yang kalem, slow, cepat, santai, ceroboh, dan lain-lain. Semua itu bisa terjadi, bahkan dalam hal dunia menulis.

10 tipe penulis
Termasuk tipe yang manakah kamu via jeffbullas.com

Karakter tiap penulis pun berbeda-beda. Meskipun begitu, semuanya bermuara pada satu tujuan, yakni menghasilkan suatu karya tulis yang layak dibaca. Oke, daripada penasaran, yuk simak penjelasan apa sajakah tipe-tipe penulis itu.


1. The Turtle

Sesuai dengan namanya, tipe penulis ini memiliki slogan 'slow but sure', layaknya kura-kura. Dalam tipe ini, kamu selalu memikirkan konsep dengan matang, meskipun lama. Kamu tidak menulis kuantitas, tetapi menulis kualitas. Dan pastinya itu menunjukkan kalau kamu sedikit jenius. Buku terbitan kamu mungkin agak panjang dan rinci karena kamu cenderung santai dan tidak terburu-buru dalam pemaparannya.


2. The Shiny Idea Chaser

Mengejar ide-ide yang hebat, kamu bisa mendapatkan ide dan inspirasi dari mana saja. Kamu sedang diam di sebuah ruangan, langsung dapat ide. Kamu sedang ngobrol sama teman, langsung dapat ide. Kamu selalu mendapatkan ide-ide dengan mudah. Kamu mempunyai banyak konsep yang sudah kamu catat. Hanya saja, kamu perlu menulisnya secara matang, bukan memikirkan konsepnya saja. Percuma banyak ide jika kamu tidak segera menyelesaikan tulisan kamu. Baca juga Tips Mencari Ide Menulis.


3. The Intense Plotter

Dalam tipe ini, kamu tahu apa yang akan kamu tulis, kamu sudah paham plot yang akan kamu bangun saat menulis. Jadi, kamu tidak terhenti di tengah jalan atau writers block akibat tidak memiliki plot. Intinya, kamu sudah tahu semuanya, bahkan saat kamu akan membuat 6 buku serialnya.


4. The Need for Speeder

Kamu menulis dengan sangat cepat. 10.000 kata satu jam? 10.000 kata setiap hari? Atau mungkin lebih? Kamu menulis dengan penuh daya intens yang tinggi. Sekalinya dapet ide, satu jam 10.000 kata mungkin sudah kelar. Hanya saja, kamu bisa menulis cepat jika mendapatkan ide. Kalau tidak? Istirahatlah dulu buat mencari inspirasi ya, guys.


5. NaNoWriMoer

Buat yang belum paham, NaNoWriMo adalah National Novel Writting Month atau sebuah event menulis novel yang diselenggarakan selama sebulan penuh. Biasanya nih diadakan pada bulan November. Nah, kalau kamu sering mengikuti event ini, berarti kamu termasuk dalam tipe NaNoWriMoer, karena menulis hanya pada event tersebut saja. Di situ, kamu bisa berjuang melawan banyak peserta bahkan dari negara lain. Sangat menantang bukan?


6. The One-Hit-Wonder

Ini termasuk tipe setia. Kamu pernah menulis sebuah buku, lalu kamu terus fokus saja sama buku itu. Kamu bahkan terus berusaha mengembangkan cerita dalam buku itu. Kamu cetak ulang terus. Intinya, kamu hanya fokus pada satu buku saja. Kamu bahkan tidak punya niatan untuk bikin buku yang lain. Saking setianya sama buku satu itu ya guys.


7. The Project Procrastinator

Kamu mau menulis, tapi ada saja gangguannya. Kamu sibuk Facebook-an, chatting, nonton film, dan kesibukan lainnya yang mungkin terlihat sepele. Tapi sebenarnya dalam hati, kamu mau banget menulis. Mungkin kamu butuh tantangan atau proyek menulis supaya termotivasi. Tapi tetap saja, jika tak ada tantangan, seberapa besar keinginan kamu buat menulis, kamu tidak akan memulai menulis.


8. The Literary Axe-Murderer

Menjadi pembunuh berkapak? Oh, bukan itu yang dimaksud. Membunuh di sini adalah membuang satu karakter, dan itu sangat menyenangkan buatmu. Bahkan membuang banyak karakter pun tak masalah. Mungkin kamu sedikit gila, tapi kamu tahu bagaimana caranya menghibur pembaca dengan ceritamu.


9. The Multi-Tasker

Sesuai namanya, kamu bisa multi-tasking. Kamu tidak hanya mengerjakan satu proyek menulis, bahkan lebih. Ditambah lagi, kamu juga memiliki proyek lain dengan teman-teman kamu. Lusinan buku mungkin bisa kamu kerjakan sekaligus. Benar-benar multi-tasking banget. Tangan kamu cuma dua, tapi kamu menulis bagaikan gurita yang tangannya ada delapan.


10. The Secretest

Kamu sangat misterius. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu kalau kamu menulis. Karena, apapun yang kamu tulis, pastilah sangat rahasia. Top Secret! Bukannya kamu merasa malu, hanya saja tulisan itu sangat pribadi buat kamu dan kamu tidak ingin memamerkannya. Kalaupun ada yang membacanya, itu hanya orang-orang yang bisa kamu percaya. Kalau tidak sengaja dibaca oleh orang lain? Mungkin kamu akan pingsan.


Itulah tipe-tipe penulis yang bisa kamu ketahui. Sebenarnya masih banyak tipe yang lainnya. Jadi, kamu termasuk tipe yang mana?
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan