Penting! Inilah Peralatan Make Up yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan - Sudah bukan hal aneh lagi kalau cewek itu suka dandan. Benar bukan, ladies? Jadi, mereka pasti enggak jauh-jauh dari yang namanya make up, baik itu make up yang biasa-biasa saja, maupun make up yang tebal-tebal.

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Kenalilah make up yang boleh dipinjam ya ladies via kitterypta.org

Nah, yang namanya cewek pasti suka kumpul-kumpul bareng temannya, entah itu banyak orang ataupun berdua saja. Dan bahkan mereka kerap membawa peralatan make up-nya. Kalau sudah begitu, teman-temannya pasti penasaran dengan make up yang kamu bawa, baik itu mau minjam atau sekedar coba-coba saja.

Buat kamu yang sering atau pernah minjam atau meminjamkan peralatan make up kamu ke teman atau siapapun, mending kurangi saja ya kebiasaan itu. Bukannya pelit, loh. Tapi ini juga menyangkut kesehatan ladies. Menurut Dendy Engelman, seorang pakar dermatologis asal New York City, Amerika Serikat, berbagi peralatan make up bisa menyebarkan virus herpes, loh. Berbahaya bukan? Loh, lalu bagaimana dengan make up artist dan jasa-jasa penata rias itu? Bukankah mereka pastinya akan berbagi peralatan make up dengan kliennya?

Memang benar. Orang yang profesinya sebagai penata rias atau make up artist pastinya akan menggunakan peralatan make up yang sama untuk klien satu dan yang lainnya, selama itu belum habis. Namun, ada kondisi tertentu di mana peralatan make up ini boleh dipakai bersama dan mana yang enggak. Dan ini harus dipahami benar oleh mereka, supaya tidak terjadi apa-apa sama kliennya. Oke, daripada penasaran mending kita simak penjelasan peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan ya, ladies.


1. Produk yang dikemas dalam wadah

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Cream via makeupandbeautyblog.com

Produk-produk make up dan kecantikan yang dikemas dalam wadah seperti mangkok dan harus diambil dengan tangan, sebaiknya jangan dibagi ke teman atau saudara. Produk-produk itu misalnya pelembap, krim mata, foundation, atau lip balm bisa memindahkan bakteri dari orang lain ke wajah kamu apalagi jika dia enggak cuci tangan. Menakutkan bukan? Ingat ya, ladies, kulit kamu bisa menyerap 60% dari apapun yang diaplikasikan ke kulit, termasuk bakteri. Kalau kamu mau berbagi dengan teman kamu, sebaiknya teman kamu mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih, atau menggunakan spatula khusus make up. Baca juga Fakta dan Mitos Krim Pemutih Kulit.


2. Maskara

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Berbagai maskara via liputan6.com

Mungkin kamu enggak menyangka kalau maskara juga bisa menularkan bakteri dan virus kalau dipakai bersama. Produk untuk melentikkan bulu mata tersebut ternyata bisa dengan mudah menyebabkan iritasi, loh. Mungkin enggak semua orang juga yang bisa iritasi, tapi setiap orang kan beda-beda daya perlindungannya. Ada yang memang dengan mudah terkena iritasi, ada yang enggak. Tapi tetap saja, kemungkinannya itu besar loh, ladies.

Nah, cara yang aman untuk memakainya adalah jangan menggunakan sikat yang tersedia dalam maskara, namun kamu harus membeli sikat sendiri yang bisa dibuang atau dicuci. Hal tersebut juga banyak dilakukan oleh para make up artist. Jadi, gunakan sikat yang sekali buang saja ya, ladies.


3. Bedak foundation

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Bedak foundation via tokopedia.com

Kalau kamu mau meminjamkan alas bedak, sebaiknya jangan yang berwujud padat. Loh kenapa? Foundation kering ternyata enggak bisa menahan bakteri dibandingkan dengan yang basahnya. Apalagi kamu menggunakan sponge untuk mengoleskan di sekitar mata dan mulut. Kalau mau aman, cobalah kamu semprotkan mist beralkohol terlebih dahulu pada sponge atau kuas. Atau kalau bisa pakai yang benar-benar masih baru dan bersih.


4. Lipstik/Lipbalm/Lipgloss

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Berbagai lipstik via nyoozee.com

Kamu pastinya sering saling pinjam lipstik, bukan? Sayangnya, para pakar dermatologis enggak menyarankan. Mengapa? Karena hal tersebut bisa membuat kamu terpapar virus herpes. Meskipun enggak ada tanda-tanda penyakit tersebut, belum tentu kamu benar-benar enggak memilikinya dalam sistem tubuh. Bahkan yang berbahaya adalah kalau bibir kamu lecet kemudian virus tersebut masuk ke dalam darah. Kan serem. Jadi, sebaiknya jangan dipinjamkan ya jika bentuknya padat. Baca juga Tips Memerahkan Bibir Secara Alami.

Sekarang kan sudah banyak diproduksi lipstik berbentuk cair yang menggunakan kuas untuk mengoleskannya. Nah, sama seperti menggunakan produk yang dikemas dalam wadah di atas. Kalau mau meminjamkannya, cuci saja tangan sampai bersih, lalu dioleskan. Jangan pinjamkan kuas yang biasa dipakai ya. Kalau begitu sih sama saja bohong.


5. Shadow krim

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Contoh shadow krim via aliexpress.com

Formula eye shadow krim secara natural memang bisa menangkap dan menyimpan bakteria. Untuk itu, sebaiknya kamu enggak meminjamkannya secara sembarangan pada teman-teman ya, ladies. Apalagi eye shadow krim biasanya dioleskan dengan tangan yang rentan ditempel debu atau kotoran. Dengan kata lain, kamu bisa terkontaminasi bakteri baik dari diri sendiri maupun orang lain. Karena itu, cucilah tangan hingga bersih sebelum menggunakannya.


6. Brush

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Berbagai bentuk sikat atau brush via nanshy.com

Sudah dijelaskan di atas, kalau sebaiknya gunakan sikat yang sekali buang atau yang bisa dicuci bersih. Karena kalau enggak begitu, bisa menimbulkan jerawat dan mendatangkan bakteri berbahaya lainnya. Kalau kamu memang mau berbagi dengan teman, sikatnya harus disemprotkan dahulu dengan mist berbasis alkohol, supaya bakteri dan virusnya hilang.


Itulah beberapa peralatan make up yang sebaiknya jangan kamu pinjamkan. Bukannya pelit ya, ladies. Tapi ini buat kesehatan kamu juga. Kalaupun kamu merasa enggak enak sama teman dan mau meminjamkannya, selalu pastikan kebersihan tangan dulu sebelum menggunakan ya, ladies. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan