3 Tips Supaya Hasil Foto Instagram Kamu Makin Menarik

Hasil foto Instagram menarik - Memotret adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Kamu bisa menangkap gambar apa saja untuk diabadikan, entah itu dari kamera biasa ataupun dari kamera ponsel. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai hobi dan pekerjaan. Nah, kalau kamu sering memotret benda-benda dan di-share ke media sosial, seperti Instagram misalnya, maka kamu perlu mengetahui tips dan triknya supaya hasilnya menarik.

Hasil foto Instagram menarik
Instagram via altoastral.com.br

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknik Still Life. Teknik ini menggunakan benda mati sebagai objeknya. Kamu tidak perlu memiliki ilmu fotografi yang mumpuni dalam menggunakan teknik ini. Cukup memahami saja tekniknya, maka hasilnya akan terlihat menarik.

Tidak seperti kebanyakan genre fotografi lainnya, seperti Landscape, Still Live bisa mengatur bebas benda yang akan dipotret. Namun, pengaturannya itu perlu teknik supaya hasilnya menarik. Baca juga Tanda Tanda Kalau Kamu Kecanduan Instagram.

Daripada penasaran, yuk cek tips supaya hasil foto Instagram kamu tampil menarik, seperti yang dilansir dari channel Youtube Mango Street berikut.


1. Perspektif

Hasil foto Instagram menarik
Pengambilan dari sudut 45° via petapixel.com

Ada tiga perspektif yang paling umum untuk digunakan, yakni sudut netral, sudut 45°, dan bird's eye atau mata burung. Ketiganya sama bagusnya, jadi kamu hanya tinggal pilih saja salah satunya.

Sudut netral diambil dari posisi sejajar horizontal dengan objek yang akan difoto. Sudut 45° diambil dari posisi 45°, sesuai dengan sebutannya. Sedangkan bird's eye diambil dari posisi atas dan tegak lurus dengan objek. Posisi ini kemungkinan agak sulit diambil karena agak tinggi. Untuk itu, kamu butuh alat bantu seperti kursi atau tangga.


2. Overfill the Frame

Hasil foto Instagram menarik
Peletakan beberapa objek di tepi frame via petapixel.com

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan para pemula saat menata foto Still Live adalah memasukkan semuanya ke dalam frame. Padahal sebenarnya itu adalah sebuah kesalahan dan hasil fotonya juga kurang bagus.

Cobalah kamu masukan beberapa objek tertentu di tepi frame, lalu masukan sebagian objek di dalam frame. Dengan begitu, akan membuat hasil jepretan foto kamu akan terlihat seperti bagian kecil dari bagian yang lebih besar, dan di situlah letak kemenarikannya.


3. Straight Lines vs S-Curves

Hasil foto Instagram menarik
Bentuk geometri via petapixel.com

Siapa sangka kalau pola geometri yang terbentuk dari hubungan antar titik pada sebuah foto bisa memberikan sugesti perasaan atau gender pada seseorang? Misalnya, cobalah atur rangkaian objek yang ingin kamu potret agar seolah membentuk huruf “S” atau bentuk lain yang meliuk. Ini membuat foto kamu cenderung memberikan sugesti feminin atau ramah.

Sebaliknya, cobalah kamu atur rangkaian objek yang akan difoto dalam satu garis lurus atau sudut yang patah. Ini membuat foto tersebut tersugesti dengan nuansa maskulin dan agresif. Tidak percaya? Buktikan saja. Baca juga Rahasia Sukses Mengembangkan Startup Bisnis Melalui Instagram.


Itulah tiga tips supaya hasil foto Instagram kamu makin menarik. Bagaimana? Tidak sulit bukan? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat video di bawah berikut. Yuk, mulai potret-potret dan tentukan teknik mana yang kamu suka.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel