Pusing Batre HP Kamu Kembung? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Penyebab dan cara mengatasi batre hp kembung - Apakah kamu pernah mengalami batre hp yang kembung? Pasti bikin kesel, bukan? Satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan membeli yang baru. Namun, jika belum ada uang untuk membelinya, tentu akan semakin memusingkan. Apalagi kalau beli yang baru itu masih belum tentu ori, yang mana nanti akan justru merusak hp kamu.

Penyebab dan cara mengatasi batre hp kembung
Batre hp yang kembung dan yang tidak via photobucket.com

Ciri-ciri batre kembung sangat jelas terlihat dari permukaannya yang menggelembung. Kalaupun tidak jelas, kamu cukup putar saja batre hp kamu di atas permukaan yang rata. Kalau bisa berputar, bisa dipastikan jika batre kamu kembung.

Nah, untuk mengatasi batre hp kamu yang kembung, kamu mesti tahu nih apa saja penyebab batre hp kamu bisa kembung begitu. Biasanya, banyak yang beranggapan kalau batre hp kembung itu karena over charge atau charging yang berlebihan. Untuk hp-hp keluaran lama, memang hal ini bisa terjadi. Namun, untuk hp-hp keluaran baru seperti smartphone, hal ini tidak berlaku. Loh mengapa? Karena hp keluaran terbaru atau smartphone ini sudah di-setting sedemikian hingga supaya saat pengisian daya penuh, hp tersebut akan memutus aliran listrik secara otomatis, walaupun charger-nya masih tersambung.

Penyebab dan cara mengatasi batre hp kembung
Charge semalaman bisa mengakibatkan over charging via kozzaja.com

Meskipun begitu, tetap saja ada hp-hp keluaran terbaru ini yang mengalami batre kembung. Misalnya, kamu menggunakan komponen yang bukan ori-nya, seperti batre atau charger-nya. Jadi, kalau kamu tidak mau batre hp kamu kembung, gunakanlah komponen yang ori-nya.

Selain itu, penyebab batre kembung juga diakibatkan pemakaian yang terus-menerus tanpa istirahat. Apalagi, kamu menggunakan hp di saat sedang di-charge. Hal ini mengakibatkan arus yang masuk ke batre tidak sebanding dengan arus yang dikeluarkan, sehingga membuat batre panas dan akhirnya menggelembung.

Ada juga batre hp yang kembung akibat usia batre. Semakin lama usia batre, semakin rentan akan rusak. Sehingga mengakibatkan batre kembung.

Nah, kalau kamu sudah tahu penyebab-penyebabnya, pasti kamu mau tahu dong cara mengatasinya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, membeli batre baru adalah cara yang paling ampuh mengatasi batre kembung. Namun, kamu juga harus waspada, bisa jadi batre yang kamu beli itu barang kw dan bukan ori. Ini sih sama saja batre kamu akan kembung lagi.

Nah, daripada dibuang sayang dan tidak punya uang buat beli yang ori, coba deh kamu atasi batre kembung hp kamu supaya kembali kempes atau normal lagi. Tapi, hal yang perlu kamu perhatikan pertama kali adalah, cek dahulu apakah batre kamu masih berfungsi atau tidak. Sangat sia-sia dong kalau kamu sudah mengatasinya, ternyata batrenya tidak bisa dipakai karena tidak bisa mengisi. Nah, caranya, kamu tes dahulu pakai dekstop.

Penyebab dan cara mengatasi batre hp kembung
Tes pengisian batre menggunakan dekstop via photobucket.com

Kalau memang batre hp kamu masih bisa digunakan untuk mengisi daya, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masukan batre kembung ke dalam plastik. Usahakan kondisi di dalam plastik ini kering dan tak bisa dimasuki oleh air. Jadi, gunakan plastik klip atau plastik panjang yang ujungnya diikat.

2. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer selama 24 jam. Usahakan suhunya tidak lebih dari 15 derajat celcius, ya.

3. Setelah 24 jam, segeralah periksa batre hp kamu, apakah ada perubahan pada kembungnya atau tidak. Jika belum terjadi perubahan, diamkan lagi selama 24 jam.

4. Setelah terlihat kempes, segera keringkan batre dari sisa-sisa air yamg menempel. Kemudian, coba dites kembali dengan menggunakan dekstop. Jika bisa mengisi, selamat! Kamu bisa menggunakan batre hp kamu lagi.


Penyebab dan cara mengatasi batre hp kembung
Kondisi siap dipakai via tokopedia.com

Cara di atas masih ada beberapa kasus yang berhasil maupun yang gagal. Semua tergantung keberuntunganmu. Jadi, satu-satunya cara kalau kamu gagal mengikuti cara di atas adalah dengan membeli yang baru dan kualitas ori. Jangan tergiur dengan harga murah tapi ori, ya. Belilah di tempat-tempat resminya supaya kualitasnya terjamin.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi batre hp yang kembung. Ingat, jangan gunakan hp kamu terlalu over sehingga menimbulkan panas pada batre. Gunakan seperlunya saja dan jaga baik-baik ya, guys. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan