Inilah yang Harus Kamu Lakukan Saat Kumpul Bareng Biar Quality Time

Yang harus dilakukan saat kumpul bareng supaya quality time - Apakah kamu pernah mendengar quality time? Tahukah kamu apa itu quality time? Yups, quality time atau yang biasa disebut q-time ini artinya adalah waktu yang berkualitas. Waktu dimaksud di sini adalah waktu yang kamu lewati bersama orang-orang terdekat kamu, baik itu keluarga, kekasih, ataupun sahabat.

Yang harus dilakukan saat kumpul bareng supaya quality time
Quality time yang benar-benar berkualitas via psychologies.co.uk

Quality time berarti waktu yang benar-benar dihabiskan bersama orang terdekat kamu ketika berkumpul. Tak ada lagi hal-hal yang membuat suasana kumpul bareng terganggu. Tapi, yang namanya juga kehidupan, pasti ada saja gangguan yang muncul. Kalau sudah begitu, quality time kamu bakal berkurang. Suasana kumpul juga jadi tidak nyaman.

Karena itu, supaya quality time kamu benar-benar berkualitas dan menyenangkan, sesuai dengan namanya, berikut yang harus kamu lakukan versi Arimpi.Com ini.


1. Pastikan semua urusan kamu selesai semua sebelum kumpul bareng

Yang harus dilakukan saat kumpul bareng supaya quality time
Selesaikan dulu semua urusan supaya tidak kepikiran via colourbox.com

Kalau kamu ada janjian untuk kumpul bareng, baik itu dengan keluarga, kekasih, atau sahabat, pastikan semua kerjaan atau urusan kamu kelar dulu. Kalau memang belum kelar, cobalah diundur waktu kumpulnya. Mengapa begitu? Karena kalau belum selesai, kamu akan selalu kepikiran sama urusan atau pekerjaan tersebut. Itu bikin kamu jadi kurang fokus. Kalau sudah begitu, berkuranglah quality time kamu saat kumpul. Karena itu, selesaikan dulu semua urusan supaya tidak mengganggu saat kumpul. Yang lainnya juga pasti akan mengerti kalau kamu masih banyak urusan yang harus diselesaikan dulu.


2. Jika memang tidak sempat menyelesaikan urusan, cobalah untuk tidak menyinggungnya

Yang harus dilakukan saat kumpul bareng supaya quality time
Jangan singgung soal urusan pekerjaan yang belum kelar yang bikin suasana jadi tidak nyaman via liesyoungwomenbelieve.com

Saat sudah waktunya untuk kumpul, sedangkan urusan kamu masih belum kelar, kamu pikir-pikir dulu. Apakah urusan ini maaih bisa diselesaikan nanti atau tidak. Kalau bisa, maka kamu boleh ikut kumpul bareng. Tapi ingat, jangan sekali-sekali menyinggung soal urusan kamu. Hal itu justru akan bikin orang yang ikut kumpul bareng kamu akan merasa tidak enak. Mereka merasa sudah mengganggu urusan kamu. Kalau sudah ada rasa tidak enak begini, quality time akan berkurang, loh. Jadi, kalau kamu terpaksa menunda urusan, cobalah untuk tidak menyinggungnya saat kumpul bareng.



3. Kurangi kebiasaan memainkan ponsel saat kumpul


Yang harus dilakukan saat kumpul bareng supaya quality time
Game phone stacking sangat cocok diterapkan saat kumpul bareng via hampshire-hotels.com 

Namanya juga sedang kumpul bareng, masa iya perhatian kamu fokus ke ponsel saja. Kalau kamu fokus ke ponsel saja, baik itu sedang bersosmed atau melihat-lihat info di internet, percuma saja dong kamu kumpul bareng. Toh tidak ada gunanya. Hasilnya sama saja saat kamu di rumah saja sambil memainkan ponsel dengan saat kumpul bareng. Quality time merosot tajam. Untuk menyiasatinya, cobalah lakukan permainan phone stacking, yakni mengumpulkan ponsel masing-masing di meja saat kumpul hingga pulang, seperti yang terlihat pada gambar. Dijamin ampuh dari gangguan ponsel saat kumpul.

Sebenarnya, inilah yang membuat quality time semakin berkurang. Dengan berkembangnya teknologi, pasti akan banyak hal menarik di internet. Tapi, kamu juga harus bijak menggunakannya. Kalau kamu sedang kumpul bareng atau ngobrol, cobalah untuk lebih fokus ke lawan bicara kamu dan lupakan dulu ponsel kamu. Toh, kamu bisa melihatnya lagi kapan saja kan? Sedangkan kumpul bareng dengan orang terdekat kan hampir jarang-jarang.


4. Abaikan notifikasi tidak perlu

Yang harus dilakukan saat kumpul bareng supaya quality time
Abaikan dulu notif kalau memang tidak penting-penting amat via pixabay.com

Kalau kamu sangat berat untuk tidak menggunakan ponsel, kamu cukup abaikan saja notif-notif yang tidak perlu. Contohnya, saat kamu sedang kumpul, kamu sedang memegang ponsel, tapi tidak digunakan. Saat ada notif muncul, kamu boleh sesekali mengecek apa isi notif tersebut. Jika dirasa tidak begitu penting, lebih baik abaikan saja dulu. Kamu bisa melanjutkannya di rumah. Kalau kamu terlalu perhatian sama notif-notif tidak perlu, seperti grup chat misalnya, percuma saja kamu kumpul bareng di dunia nyata. Kumpul saja kamu bareng teman-teman chat kamu. Quality time semakin tidak ada wujudnya lagi kalau begitu.


5. Ciptakan rasa nyaman kamu dan yang lainnya saat berkumpul bareng

Yang harus dilakukan saat kumpul bareng supaya quality time
Ciptakan kenyamanan bersama via sheownsit.com

Di saat kumpul bareng, ada saja sesuatu yang bikin kurang nyaman. Misalnya, topik pembicaraan yang menyinggung salah satu pihak, terlalu fokus sama satu hal, mengabaikan salah satu pihak saat kumpulnya lebih dari dua orang, dan lain-lain. Hal itu justru membuat rasa tidak nyaman bagi mereka yang merasakan. Karena itu, supaya quality time benar-benar berkualitas, semua yang hadir di situ harus merasa nyaman dan seolah-olah dunia milik bersama. Tidak ada lagi yang merasa tersinggung, terabaikan, dan lain-lain. Jadi, ciptakan rasa nyaman bersama.


Itulah yang harus kamu lakukan saat kumpul bareng supaya quality time. Kumpul bareng dengan orang terdekat sangatlah berharga. Kamu harus bisa menghargainya. Jangan sampai waktu tersebut terbuang hanya kurangnya quality time. Kan kumpul bareng ini jarang-jarang. Jadi, hargai waktu kamu ya, guys. Baca juga Mengisi Quality Time Bareng Keluarga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel