Kamu Mau Memulai Bisnis Startup? Yuk Ikuti 6 Tips Berikut

Tips memulai bisnis startup - Perkembangan bisnis startup saat ini melaju dengan pesat. Para pebisnis baru bermunculan, entah itu dalam bidang fashion, teknologi, transportasi, dan lain-lain. Bahkan, bisnis-bisnis model baru ini lebih dilirik oleh pasaran dibanding bisnis yang sudah berjalan duluan. Karena itu, banyak bisnis-bisnis baru yang meraup keuntungan. Di Indonesia pun tak kalah pesatnya dalam perkembangan bisnis. Ada yang berbasis secara online maupun offline.

Tips memulai bisnis startup
Mari berbisnis startup via sukeindia.com

Hal tersebut tentunya didukung oleh ide-ide menarik, serta kegigihan dalam mengembangkan startup bisnisnya. Hal inilah yang membuatnya cepat berkembang dan diterima di masyarakat. Namun, perlu kamu tahu kalau membuat bisnis startup tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Semua itu membutuhkan proses dan usaha yang keras serta sungguh-sungguh. Meskipun kamu mempunyai ide yang menarik, tapi jika tidak dibarengi dengan kegigihan, maka percuma saja.

Nah, kalau kamu memang mau terjun ke dalam dunia bisnis startup, kamu perlu memperhatikan 6 tips berikut ini.


1. Memahami istilah Startup

Tips memulai bisnis startup
Apa itu startup via lendvo.com

Hal pertama yang harus kamu tahu kalau mau memulai bisnis ini adalah, kamu harus tahu apa itu startup. Tidak mungkin kan kalau kamu mau memulai bisnis ini tapi tidak tahu startup itu apa. Jangan sampai kamu mau menjalankan bisnis ini hanya karena ikut-ikutan yang lagi tren. Atau juga karena mau berbisnis random. Memang tidak ada salahnya kalau kamu mau ikut-ikutan berbisnis. Tapi, kamu perlu memahami tentang bisnis apa yang mau kami jalani itu.

Jadi, startup adalah memulai sebuah usaha yang bergerak cepat dengan memanfaatkan teknologi dalam perkembangannya dengan tujuan menjadi sebuah perusahaan besar. Bisnis startup berbeda dengan bisnis biasa pada umumnya. Kalau bisnis biasa adalah jual beli jasa atau barang yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan bisnis startup adalah memberikan solusi atau pemecahan masalah dengan memanfaatkan teknologi.


2. Mantapkan niat

Tips memulai bisnis startup
Mantapkan niat kamu demi berbisnis via futuready.com

Sebelum kamu mau memulai bisnis startup, pastinya kamu harus mempunyai niat yang jelas, dan tidak setengah-setengah. Buatlah sebuah tujuan di saat kamu mau memulai bisnis ini, dijamin pasti kamu akan menggebu-gebu dalam menjalaninya demi tercapai sebuah tujuan itu. Kalau kamu sudah memantapkan niat, rintangan apapun yang dihadapi pasti akan bisa kamu lewati.


3. Buatlah rencana bisnis

Tips memulai bisnis startup
Rencana bisnis cukup yang simpel saja via argentplacelaw.com

Dalam bisnis apapun, pastinya ada yang namanya rencana bisnis atau business plan. Hal ini bisa memudahkan kamu dalam berbisnis nantinya. Buatlah sebuah rencana atau konsep tentang bisnis startup yang mau kamu jalani. Tidak usah yang rumit-rumit, asalkan kamu bisa memahaminya dan mudah untuk dijalankan. Kalau business plan kamu terlalu rumit, yang ada justru kamu akan semakin stuck di situ saja karena terlalu lama memikirkannya. Jadi, buatlah yang sederhana saja dan mudah dipahami.


4. Pastikan produk atau jasa yang kamu tawarkan dibutuhkan orang banyak

Tips memulai bisnis startup
Banyak yang butuh atau tidak via metro150.com

Ini juga sangat penting buat kamu perhatikan. Saat kamu sudah membuat business plan, jangan sampai yang kamu buat itu tentang bisnis yang ternyata produknya sangat jarang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi, selain ide yang menarik dan business plan yang matang, produk atau jasa yang kamu tawarkan itu memang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

Jangan terlalu fokus dengan bagaimana biar bisnisnya sukses. Semua itu butuh proses. Jadi, nikmati saja perjalanannya. Toh, kamu juga pasti akan menemukan pengalaman-pengalaman baru.

Di samping itu, kalau kamu memang sudah mantap untuk berbisnis tentang produk atau jasa yang masih jarang dibutuhkan, tak ada salahnya tetap kamu jalankan. Zaman semakin berubah, siapa tahu saja produk atau jasa yang kamu tawarkan itu semakin banyak dibutuhkan. Yang penting, kamu jangan menyerah.


5. Cari partner kerja yang cocok dengan kamu

Tips memulai bisnis startup
Sepemikiran bukan berarti cocok via startupcamp.com

Meskipun kamu dan teman kamu mempunyai pemikiran yang sama, bukan berarti dia adalah partner kerja yang cocok ya. Pasti ada saja masalah yang membuatnya tidak cocok. Banyak kasus di mana bisnis yang baru setengah jalan mesti kandas karena perbedaan pendapat. Jadi, meskipun punya tujuan yang sama, belum tentu bisnis akan berjalan baik.

Karena itu, mencari partner bisnis lumayan gampang-gampang susah. Perbedaan pendapat memang wajar. Tapi, kalau kamu dan partner kamu bisa menemukan jalan keluarnya, maka bisnis akan tetap berjalan. Intinya, selesaikan masalah beda pendapat itu dengan kepala dingin.


6. Jangan cepat merasa puas

Tips memulai bisnis startup
Jangan merasa puas dulu via elinked.eu

Saat bisnis startup kamu sudah berjalan sesuai rencana, jangan terlalu cepat puas dulu. Apa yang kamu capai ini belum tentu akan bertahan. Zaman semakin berkembang, kebutuhan masyarakat pun semakin bertambah. Selain itu, orang-orang dengan ide bisnis kreatif akan terus bermunculan. Kalau kamu tetap puas dan bertahan dengan bisnis yang sudah kamu jalani, maka kamu akan kalah dengan bisnis-bisnis baru.

Untuk itu, kamu perlu melakukan pembaruan terhadap ilmu bisnis yang kamu jalani. Jangan lelah untuk teruals belajar, belajar, dan belajar. Persaingan di dunia bisnis ini begitu ketat. Kalau kamu tertinggal selangkah saja, maka kamu akan selalu tertinggal. Karena itu, teruslah cari ilmu sebanyak-banyaknya supaya bisnis kamu berkembang.


Itulah 6 tips dalam memulai bisnis startup. Jadi, apakah kamu siap berbisnis?

0 Response to "Kamu Mau Memulai Bisnis Startup? Yuk Ikuti 6 Tips Berikut"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel