Inilah Phobia Paling Aneh di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

Phobia paling aneh di dunia - Apakah kamu punya phobia? Ataukah ada teman atau keluarga kamu yang mengidap phobia? Buat yang belum tahu, phobia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya. Orang yang mengalami phobia ini akan terlihat atau berlaku aneh dibandingkan orang yang tidak mengalaminya.


Phobia paling aneh di dunia
Image source via 50shadesofage.com

Phobia yang dialami oleh orang ini bermacam-macam. Misalnya, phobia sama ketinggian, serangga, hantu, gelap, dan lain-lain. Mungkin buat kamu yang tidak mengalaminya, phobia semacam itu wajar-wajar saja. Toh, ketakutannya juga sudah umum dialami oleh orang kebanyakan, meskipun ketakutannya tidak berlebihan seperti orang yang mengidap phobia tersebut. Namun, tahukah kamu kalau ada phobia yang tergolong aneh di dunia, bahkan agak sulit dicerna oleh nalar? Daripada penasaran, langsung saja cek penjelasan berikut ya.


1. Trichophobia : takut rambut rontok

Phobia paling aneh di dunia
Rambut rontok sangat menakutkan via thefitindian.com

Buat kamu yang normal-normal saja, pasti akan cuek saat melihat rambut rontok. Mungkin bisa saja kamu segera keramas menggunakan sampo terbaik supaya mencegah rambut rontok kembali. Tapi, bagi penderita Trichophobia, rambut rontok akan membuatnya ketakutan, bagaikan melihat hantu. Pengidap phobia ini sangat takut atau tidak suka ketika melihat rambut rontok di baju atau di mana saja.


2. Scopophobia : takut diperhatikan

Phobia paling aneh di dunia
Diperhatikan orang lain sangat menakutkan via savvymoney.com

Dilihat dari artinya saja, penderita phobia ini sangat aneh. Mereka memiliki perasaan sangat takut yang berlebihan bila diperhatikan atau dipandang oleh orang lain. Penderita Scopophobia cenderung menghindari tempat-tempat yang ramai seperti mall, pasar, atau tempat lainnya di mana lebih banyak orang berkumpul. Tak hanya itu, mereka juga menjadi kesulitan saat menyetir mobil. Loh, mengapa begitu? Karena penderita Scopophobia akan merasakan takut dan resah sebab mereka merasa diperhatikan, baik itu dari mobil di sebelah mereka, di belakang, ataupun di depan mereka lewat kaca spion. Cukup aneh bukan?


3. Triskaidekaphobia : takut nomor 13

Phobia paling aneh di dunia
Semua yang berhubungan dengan angka 13 wajib dihindari via wordinfo.info

Mungkin phobia satu ini sangat umum, mengingat angka 13 adalah lambang kesialan. Tapi, pengidap phobia ini menyikapinya dengan sangat berlebihan, bahkan mungkin agak konyol. Salah satu pengidap Triskaidekaphobic adalah Adolf Hitler. Diktator Jerman tersebut sangat anti terhadap angka 13. Selain itu, ada istilah tersendiri untuk ketakutan pada hari Jum’at tanggal 13, yang disebut Paraskavedekatriaphobia. Selain angka 13, ada juga phobia terhadap angka 4 yang disebut Tetraphobia. Phobia ini lebih terkenal di negara-negara Asia Timur seperti Cina, Jepang, dan Korea. Hal itu dikarenakan angka 4 merupakan angka sial di negara-negara tersebut.


4. Nomophobia : takut bepergian tanpa ponsel

Phobia paling aneh di dunia
Tak ada ponsel seperti kiamat via clipartall.com

Apakah kamu sering bepergian sambil membawa ponsel? Bagaimana perasaan kamu saat ponsel kamu tidak ada sinyalnya? Atau bisakah kamu mematikan ponsel kamu seharian saja? Selain itu, apakah baterai, pulsa, atau kuota internet ponsel kamu habis? Kalau kamu panik saat mengalami keadaan-keadaan itu, seperti dunia mau kiamat, berhati-hatilah. Karena, kamu mungkin mengidap Nomophobia. Phobia ini terjadi pada seseorang yang sudah kecanduan dengan ponsel. Tak ada ponsel bahkan satu jam saja, rasanya sudah gelisah. Apakah kamu juga mengalaminya?


5. Ephebiphobia : takut remaja

Phobia paling aneh di dunia
Deretan remaja yang membuat takut si phobia via youtube.com

Mungkin phobia ini memang terdengar aneh. Awalnya, orang yang mengidap phobia ini sangat takut pada remaja. Hal ini dikarenakan perilaku remaja yang sering menyimpang. Sekarang, fenomena ini lebih dikenal dengan ketakutan pada karakterisasi anak muda yang tidak teliti, berlebihan, dan cenderung sensasional di berbagai tempat di dunia. Jadi, penderita ini akan sangat ketakutan pada kelakuan remaja tersebut.


6. Vomitophobia : takut muntah

Phobia paling aneh di dunia
Tidak berani muntah via weirdlyodd.com

Vomitophobia adalah perasaan ketakutan luar biasa pada muntah dan juga pada orang muntah. Pada kasus seperti ini, penderita phobia ini cenderung tidak mau makan, bersosial, pergi ke pesta, atau hal-hal yang berhubungan dengan makanan. Bahkan, mereka sangat susah untuk makan dan banyak di antaranya yang didiagnosa mengidap anorexic atau takut gemuk.


7. Spectrophobia : takut cermin

Phobia paling aneh di dunia
Tidak berani bercermin via pinterest.com

Apakah kamu sering bercermin? Berapa kali kamu bercermin dalam sehari? Mungkin saat kamu bercermin, adaperasaan senang terhadap bayangan kamu sendiri. Tapi, hal itu tidak berlaku bagi pengidap Spectrophobia. Mereka memiliki rasa takut yang tidak wajar pada cermin dan saat melihat bayangannya sendiri. Penganalisa jiwa atau psychoanalyst bernama Sandor Ferenczi membagi masalah ini ke dalam dua penyebab, yakni takut terhadap pengetahuan sendiri dan takut terhadap sifat sendiri.


8. Phagophobia : takut menelan

Phobia paling aneh di dunia
Takut menelan apapun via 12facts.com

Seseorang yang mengalami phagophobia hanya mengkonsumsi makanan cair dan lembut yang lebih mudah ditelan. Mereka takut dengan berbagai keluhan soal menelan makanan tanpa alasan yang jelas. Akibatnya, penderita Phagophobia menghindari makanan-makanan yang sulit ditelan dan lebih memilih makanan yang lebih mudah ditelan.


9. Papaphobia : takut terhadap Paus

Phobia paling aneh di dunia
Panik saat melihat sosok Paus via dogbrindlebarks

Seorang Paus biasanya dihormati karena dia adalah seseorang yang penuh kebaikan dan sangat hebat di dunia. Jutaan jemaah meminta restunya. Tapi, hal itu tidak berlaku bagi mereka yang menderita Papaphobia, yakni ketakutan terhadap paus atau kepausan. Gejala yang terjadi bisa berupa napas pendek, napas cepat, berkeringat, detak jantung tidak menentu, mual, dan perasaan takut. Bahkan, mungkin tidak hanya takut kepada paus saja, orang yang menderita papaphobia ini kemungkinan juga takut pada Gereja Katolik Roma.


10. Arachibutyrophobia : takut memakan selai kacang

Phobia paling aneh di dunia
Selai kacang terasa sangat menakutkan via cafeblog.hu

Selai kacang sangat nikmat jika dimakan bersama roti. Tapi. Memakan selai kacang sangat menakutkan bagi orang-orang yang mengalami Arachibutyrophobia.  Mereka akan sangat takut bila makanan tersebut masuk ke mulut mereka.


Itulah beberapa phobia yang paling aneh di dunia. Apakah kamu mengalami salah satunya? Kalau iya, semoga kamu bisa secepatnya mengatasi phobia tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel