Gunting Rambut Kamu Tumpul Karena Jatuh? Ikuti Tips Berikut Buat Mengatasinya

Mengatasi gunting rambut tumpul karena jatuh - Buat kamu yang berprofesi di salon, barbershop, pangkas rambut, atau kamu mempunyai gunting rambut sendiri di rumah, mungkin pernah mendengar kalau ada mitos 'gunting rambut kalau jatuh akan cepat tumpul'. Benar tidak? Kalau sudah begitu, mau tidak mau kamu mesti membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Alasannya cukup sederhana, karena tidak akan kembali tajam lagi seperti semula. Padahal, harganya lumayan mahal, loh. Bahkan ada yang harganya di atas satu juta rupiah. Pasti bikin kamu nyesek.

Mengatasi gunting rambut tumpul karena jatuh
Gunting rambut rentan tumpul saat terjatuh

Perlu kamu ketahui, penyebab tumpulnya gunting rambut kamu saat terjatuh adalah bergesernya engsel pada gunting, sehingga mur dan bautnya menjadi longgar atau kendor. Kalau sudah begini, menggunting rambut akan terasa tidak enak dan agak tumpul. Padahal, mata gunting yang tajam itu tidak tumpul sama sekali. Apalagi kalau gunting tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas, pastinya akan tetap tajam. Butuh waktu lama untuk gunting-gunting tersebut menjadi tumpul. Jadi, yang membuatnya terasa tumpul hanyalah settingan mur dan bautnya yang sudah longgar.

Mengatasi gunting rambut tumpul karena jatuh
Engsel gunting

Selain itu, saat jatuh juga ada kemungkinan gunting tersebut menjadi bengkok. Hal itu mempengaruhi penggunaan gunting juga. Pasti akan terasa tidak enak saat kamu mencukur rambut.

Untuk itulah, kamu tak perlu putus asa hanya karena gunting rambut yang jatuh dan bakalan tumpul, apalagi harganya mahal. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma, masalah pasti akan terselesaikan kalau kamu mau berusaha. Lantas, bagaimana cara memperbaiki gunting yang jatuh dan tumpul?

Oke, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek keadaan guntingnya. Sesuai dengan penyebab di atas, periksa apakah engselnya mulai longgar atau tidak. Jika memang dirasa longgar, kencangkanlah mur dan bautnya. Biasanya ada beberapa gunting yang memiliki obeng khusus untuk mengencangkannya. Setelah itu, beri pelumas khusus alat cukur supaya engsel gunting tidak terlalu berat. Kemudian, coba kamu gunakan, apakah masih terasa perbedaannya atau tidak.

Mengatasi gunting rambut tumpul karena jatuh
Obeng khusus pengencang engsel gunting

Yang kedua, masih dari penyebab di atas, yakni periksa apakah gunting tersebut bengkok atau tidak. Jika gunting-gunting yang kamu miliki itu terbuat dari bahan yang bagus, ada kemungkinan bengkoknya kecil saat jatuh. Tapi, tidak ada salahnya kalau kamu mengecek semuanya. Jika memang gunting kamu bengkok, segera luruskan.

Itulah cara mengatasi gunting yang tumpul karena jatuh. Jadi, kamu tidak perlu panik kalau gunting kamu jatuh, apalagi membuangnya dan mengganti dengan yang baru. Sayang-sayang, apalagi harganya mahal. Karena itu, kamu perlu menjaga baik-baik gunting rambut kamu supaya tidak jatuh, ya. Baca juga model rambut cowok yang bikin kamu keren.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel