Siapa Bilang Minum Kopi Itu Buruk? Inilah Manfaat yang Kamu Dapat dari Secangkir Kopi

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Manfaat meminum secangkir kopi - Siapa sih yang tidak kenal kopi? Minuman beraroma khas satu ini sangat favorit bagi semua kalangan, baik itu dari yang tua, muda, cewek, cowok, pedagang kaki lima, tukang becak, pegawai, direktur, bahkan menteri pun pasti sangat menyukai kopi. Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan kalau mereka tak bisa berkonsentrasi saat beraktivitas kalau belum meminum secangkir kopi. Minuman ini seolah menjadi primadona bagi penikmatnya.

Manfaat meminum secangkir kopi
Secangkir kopi yang nikmat via uwm.edu

Di balik ketenarannya, kopi ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan menurut berbagai penelitian. Tapi, selain ada dampak buruknya, kopi juga memiliki dampak baik. Jadi, tidak selamanya meminum kopi itu berbahaya. Lalu, apa sajakah manfaat dari meminum kopi ini? Mari kita simak penjelasannya.


1. Mencegah depresi dan menimbulkan efek tenang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau ada beberapa orang yang tak bisa berkonsentrasi saat beraktivitas kalau belum meminum secangkir kopi. Mereka akan bersemangat kalau sudah meminum secangkir kopi. Hal ini ternyata ada fakta ilmiah yang bisa menjelaskannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine, telah mengungkapkan bahwa para cewek yang meminum kopi berkafein secara teratur memiliki resiko depresi 20 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak pernah minum kopi. Tentunya hal ini bisa kamu coba kalau kamu merasa depresi atau kurang bersemangat.


2. Mengurangi resiko kanker kulit

Sebuah penelitian dari Brigham dan Women’s Hospital menemukan fakta bahwa cewek yang minum lebih dari tiga cangkir kopi dalam sehari, bisa menurunkan resiko terkena kanker kulit atau Basal Cell Crasinoma sebanyak 20 persen. Sedangkan pada cowok sebanyak 9 persen. Meskipun begitu, penelitian ini tidak menunjukkan bahwa meminum kopi bisa mengurangi dari Squamous Cell carcinoma atau kanker kulit yang paling mematikan.


3. Meningkatkan kesuburan pada pria

Penelitian menunjukkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek positif pada reproduksi pria. Hal ini bisa meningkatkan peluang wanita untuk hamil. Fakta tersebut diungkapkan oleh John Wilcoz, seorang partner manajer dan endokrinologis reproduktif di HRC Fertility, California, Amerika Derikat.

Kesuburan pada pria ini tidak dihitung dari berapa banyaknya kopi yang diminum. Sama sekali tidak berpengaruh apakah yang diminum itu satu atau sepuluh cangkir perhari. Satu-satunya yang membedakan adalah mereka yang peminum kopi atau yang bukan peminum kopi. Jadi, kalau kamu para cowok yang sudah menikah, harus rajin minum kopi kalau mau punya anak.


4. Mengurangi risiko stroke

Sebuah penelitian seputar kopi kembali menunjukkan bahwa cewek yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik, ternyata lebih rendah resikonya terhadap serangan stroke daripada yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal itu juga dibenarkan dengan hasil penelitian lain yang dilakukan di Finlandia.


Itulah beberapa manfaat dari meminum secangkir kopi. Namun, perlu kamu ketahui juga kalau jangan terlalu banyak meminum kopi. Sebab, kamu pasti menikmati secangkir kopi yang sudah dicampur gula. Kalau kebanyakan, nanti yang ada justru diabetes. Kecuali kalau kamu mengonsumsinya tanpa gula, sah-sah saja meminum banyak-banyak. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan