Warna Bibir Ternyata Bisa Mengindikasikan Status Kesehatan Tubuhmu. Tidak Percaya? Yuk Intip Penjelasannya

Warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan - Apa warna bibir kamu? Merah? Agak gelap? Pucat? Ataukah pink? Apakah kamu pernah berpikir kalau warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan kamu? Bibir yang kering dan pecah-pecah sering menandakan kalau kamu dehidrasi, panas dalam, atau juga indikasi alergi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bibir pecah-pecah dan kering juga bisa menjadi tanda diabetes. Tapi, bagaimana dengan warna alami bibir? Apakah itu bisa menjadi tanda-tanda atau indikasi tentang tubuh kamu?

Warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan
Yang manakah warna bibir kamu via youtube.com

Dalam pengobatan tradisional Cina, bibir kamu adalah jendela untuk mengetahui kesehatan kamu. Salah satu indikator kesehatan terbaik tubuh kamu adalah warna bibir. Loh kok bisa? Ini memang terdengar cukup aneh. Tapi, warna bibir kamu memang benar-benar bisa mengindikasi status kesehatan dalam tubuh kamu, loh. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa saja yang terjadi dalam tubuh kamu, apa yang mesti kamu makan, minum, dan lain-lain hanya melalui warna bibir. Menarik, bukan?

Oke, daripada penasaran, lebih baik langsung saja simak penjelasan berikut tentang warna bibir yang bisa mengindikasikan status kesehatanmu.


1. Bibir Pucat (Pale Lips)

Warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan

Jika bibir kamu pucat, putih, atau keabu-abuan, seperti yang sering kamu lihat di film-film di mana orang-orang sakit yang tergeletak di tempat tidur rumah sakit dan bibir mereka pucat dan kering, berarti itu menandakan kalau kamu mengalami anemia dan tubuhmu membutuhkan lebih banyak darah. Jadi, kamu perlu asupan makanan yang kaya akan zat besi, seperti brokoli, daging merah, dan kurma.

Indikasi lain yang ditunjukkan dengan bibir yang pucat adalah ketika tangan dan kaki kamu terasa dingin, padahal sedang tidak di musim dingin. Hal ini biasanya menandakan kalau sistem pencernaan dan perut kamu mungkin terlalu dingin. Jadi, kamu perlu untuk menghangatkan perut kamu dengan makanan seperti kerang, labu, mangga, ceri, leci, nanas, dan lain-lain.


2. Bibir Merah (Red Lips)


Warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan

Kalau kamu mempunyai bibir yang merah mencolok, itu ada hubungannya dengan bau mulut dan kecenderungan untuk banyak ngemil. Biasanya ini menunjukkan kalau tubuh kamu terlalu panas, dan juga hati serta limpa kamu bekerja terlalu ekstra. Jadi, kalau bibir kamu berwarna merah mencolok, disarankan meminum teh krisan dan mengonsumsi sayuran seperti pare dan seledri. Madu juga sangat bagus untuk menyeimbangkan bagian dalam tubuh. Tapi, perlu kamu ingat bahwa tidur lebih awal sebelum jam sebelas malam dan tidak stres itu sangat penting.


3. Bibir Ungu Kehijauan (Purple-Green Lips)

Warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan

Memiliki bibir berwarna ungu kehijauan adalah hal yang umum selama memasuki musim dingin. Tapi, kalau kamu terus-menerus mengalaminya, maka kamu mungkin memiliki masalah dalam tubuh. Biasanya ada semacam masalah dengan jantung atau sistem pernapasan kamu. Saran terbaik untuk kamu lakukan adalah dengan memeriksakannya ke dokter.


4. Bibir Merah Gelap Kehitaman (Dark Red-Black Lips)

Warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan

Ketika bibir kamu cenderung merah gelap dan mendekati ke warna hitam, ini terkait dengan sistem pencernaan kamu. Lebih baik kamu jangan memakan makanan yang lama dicerna saat di perut. Alangkah baiknya kamu mencoba makanan yang bisa dicerna lebih cepat di perut, seperti bubur, ubi jalar, dan tahu. Kamu juga dapat menambahkan sedikit lemon ke dalam air minum untuk membersihkan setiap racun yang tidak diinginkan dan meningkatkan metabolisme kamu.


5. Bibir dengan Garis Ungu Kehitaman (Purple-Black Lips Outline)

Warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan

Kalau kamu memiliki garis gelap di sekitar bibir, hampir mirip seperti lipstik berwarna gelap natural, tetapi yang ini biasanya berwarna ungu kehitaman. Hal itu merupakan indikasi dari ketidakseimbangan antara yin  dan yang  dalam tubuh kamu. Jadi, kamu mengalami panas dan dingin pada saat yang sama. Mungkin ini kedengarannya aneh buat kamu, tapi hal ini bisa terjadi, loh. Pastikan kamu beristirahat dan makan dengan baik. Buat para cewek yang sedang mengalami siklus menstruasi, hindari mengonsumsi makanan seperti telur, kepiting, bebek, selada, teh hijau, jamur, jeruk, dan pisang. Kamu juga harus menghindari makan makanan pedas untuk sementara waktu.


6. Bibir Pink (Rosy Pink Lips)

Warna bibir bisa mengindikasikan status kesehatan

Kalau bibir kamu berwarna pink kemerahan secara alami, maka kamu benar-benar sehat. Tetap pertahankan kesehatan kamu dan jaga pola makan serta istirahat yang cukup.


Itulah penjelasan tentang warna bibir yang ternyata bisa mengindikasikan kesehatanmu. Jadi, warna apakah bibir kamu? Kalau berwarna pink, selamat! Itu menandakan kamu sehat. Penjelasan tadi bisa kamu lihat dalam video berikut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel