Kamu Tidak Cocok Menggunakan Lensa Kontak Kalau Termasuk Ke Dalam Tipe Orang-Orang Berikut

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Tipe orang yang tidak cocok menggunakan lensa kontak - Apakah kamu menggunakan lensa kontak atau soft lens? Tujuannya apa? Apakah cuma buat gaya-gayaan saja atau membantu penglihatan? Apapun itu tujuannya, sebenarnya sah-sah saja sih kamu menggunakan lensa kontak. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa ada tipe-tipe orang yang tidak boleh memakai lensa kontak. Jadi, tidak bisa sembarangan orang pakai. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Tipe orang tidak cocok menggunakan lensa kontak
Apakah kamu cocok menggunakan lensa kontak via job-like.com

Loh, mengapa tidak boleh sembarang orang menggunakan lensa kontak? Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi, iritasi, dan lain-lain yang bisa membahayakan mata. Karena itu, alangkah baiknya kamu berkonsultasi dahulu ke dokter kalau mau menggunakan lensa kontak. Mengapa? Karena dokter akan memberitahukan apakah kamu cocok menggunakan lensa kontak atau tidak, dan juga lensa mana yang pas untuk kamu pakai. Baca juga cara menjaga kesehatan mata.

Karena itu, kamu harus tahu nih tipe orang mana saja yang tidak cocok menggunakan lensa kontak. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.


1. Orang yang tidak telaten

Tipe orang tidak cocok menggunakan lensa kontak
Ketelatenan sangat dibutuhkan kalau mau memakai lensa kontak via detik.com

Mengapa orang yang tidak telaten masuk dalam daftar orang yang tidak cocok menggunakan lensa kontak? Hal ini karena saat kamu menggunakan lensa kontak, sangat membutuhkan perhatian khusus. Misalnya, kamu harus rutin membersihkan lensanya dengan cairan khusus. Selain itu, lensa kontak juga harus simpan di tempat yang pas. Kamu juga harus melepasnya ketika mau tidur. Kebayang bukan kalau orangnya tidak telaten? Yang ada justru akan memperparah mata.


2. Orang yang bekerja di lingkungan berdebu atau asap kimia

Tipe orang tidak cocok menggunakan lensa kontak
Pekerja bangunan tidak cocok menggunakan lensa kontak via hargabangunane.com

Tipe kedua adalah orang yang memiliki pekerjaan yang lingkungan sekitarnya berdebu, seperti pekerja bangunan atau pekerja proyek, dan lain-lain. Selain itu, orang yang bekerja di lingkungan berasap kimia juga tidak cocok. Hal ini dikarenakan debu atau asap kimia yang bertebaran bisa mengakibatkan iritasi pada lensa kontak. Ini akan sangat membahayakan mata jika dibiarkan.


3. Orang yang tidak bisa menjaga kebersihan

Tipe orang tidak cocok menggunakan lensa kontak
Cuci tangan dahulu sebelum menggunakan lensa kontak via youtube.com

Hampir mirip dengan yang dijelaskan pada point nomer satu di atas, orang yang tidak bisa menjaga kebersihan atau jorok sangat tidak cocok menggunakan lensa kontak. Mengapa begitu? Sebab kebersihan sangat diperlukan saat kamu mau memakai lensa kontak. Misalnya, pastikan tangan kamu sudah dicuci bersih sebelum menggunakan lensa kontak. Hal ini demi mencegah iritasi atau infeksi di mata saat menggunakan. Coba saja bayangkan jika tangan kamu kotor dan lupa dicuci, maka lensa kontak akan ikut kotor, dan saat dipakai akan membuat mata kamu iritasi.


4. Orang yang memiliki kebiasaan mengucek mata

Tipe orang tidak cocok menggunakan lensa kontak
Lupakan mengenakan lensa kontak jika punya kebiasaan mengucek mata via kemanaajaboleeh.com

Pastinya kamu sudah tahu kalau mengucek mata saja sangat tidak dianjurkan, apalagi mengucek mata saat memakai lensa kontak. Kalau kamu punya kebiasaan mengucek mata maka kamu tidak cocok menggunakan lensa kontak. Mengucek mata sangat berisiko membuat mata iritasi dan bisa merobek lensa kontak yang justru membahayakan mata. Baca juga Cara Tepat Atasi Mata yang Terasa Gatal.


5. Orang yang memiliki gangguan mata kering

Tipe orang tidak cocok menggunakan lensa kontak
Mata kering sangat tidak cocok memakai lensa kontak via sidomi.com

Gangguan mata kering ditandai dengan produksi air mata yang sedikit. Kalau kamu punya gangguan ini, maka sangat tidak dianjurkan memakai lensa kontak, sebab mata akan cepat terkena iritasi dan perih karena kering. Namun, biasanya diperbolehkan menggunakan lensa kontak jika masih dalam taraf ringan, namun harus dengan pengawasan ketat. Tapi jika kondisinya sudah berat, maka sangat disarankan untuk tidak menggunakan lensa kontak.


6. Orang dengan mata yang mengalami gangguan perabaan

Tipe orang tidak cocok menggunakan lensa kontak
Kesensivitas kornea sangat penting kalau kamu mau memakai lensa kontak via pengobatantradisionalkista.web.id

Orang dengan tipe ini biasanya tidak bisa merasakan sesuatu saat ada benda asing yang menempel di matanya, seperti sensitivitas kornea yang berkurang. Orang yang menderita ini tidak akan merasakan apa-apa kalau ada sesuatu yang tidak nyaman dengan korneanya. Hal itu sangat membahayakan bagi mata karena kalau sudah tidak nyaman dan harus segera melepas lensa kontaknya.


Itulah beberapa tipe orang yang tidak cocok menggunakan lensa kontak. Kalau kamu tidak termasuk dalam tipe-tipe di atas, maka kamu cocok-cocok saja menggunakan lensa kontak. Kamu boleh memakai lensa kontak untuk gaya-gayaan atau membantu penglihatan. Namun, tetap harus dengan pemeriksaan dokter, apalagi selama masa awal-awal penggunaan.

Disarankan juga agar kamu melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali, dan kalau muncul keluhan sebaiknya kamu langsung konsultasikan ke dokter ya. Hal ini karena pemakaian lensa kontak yang tidak tepat dapat menimbulkan reaksi alergi, infeksi mata, perubahan bentuk kornea, dan struktur serta pembuluh darah abnormal yang tumbuh di kornea.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan