Posesif Atau Teritorial Dalam Hubungan, Termasuk Yang Manakah Kamu?

Posesif atau teritorial dalam hubungan - Kalau yang namanya sudah cinta dan sayang pasti akan timbul rasa memiliki yang lebih ya. Sebenarnya bukan masalah sih kalau merasa memiliki si dia lebih. Tapi, jangan sampai rasa itu terlalu kuat sehingga jadi posesif dan mengekang pasangan. Nah, ada rasa yang hampir mirip dengan posesif juga loh, namanya teritorial. Teritorial ini seperti sifat hewan yang ingin melindungi wilayah kekuasannya karena rasa kepemilikannya. Tak hanya hewan, manusia pun punya sifat teritorial.


Posesif atau teritorial
Posesif atau teritorialkah kamu? Bedakan ya via inovasee.com


Jadi, sebenarnya posesif itu yang bagaimana? Apakah dibenarkan atau tidak? Dan apa bedanya dengan teritorial? Mana yang lebih baik? Daripada makin bingung simak saja yuk penjelasan versi Arimpi.Com di bawah ini!


1. Posesif itu membuatmu menjadi tahanan, teritorial jadikan kamu aman

Posesif atau teritorial
Posesif seperti tahanan via iniunik.com

Inilah dia perbedaan mendasar antara posesif dan teritorial. Jika pasanganmu bersikap posesif, maka akan membuatmu merasa jadi seperti tahanan. Ke mana-mana harus melapor. Sedang melakukan apa harus lapor. Keluar pun tidak akan jadi bebas. Bahkan kamu juga tidak diperbolehkan ke mana-mana oleh pasangan, padahal kamu sedang disuruh ayah atau ibumu. Hidup seperti itu pasti akan menjadikanmu tersiksa.

Sedangkan teritorial, akan membuatmu merasa aman. Karena rasa kepemilikan itu diatur dan dijaga. Bukan diluapkan menjadi hal yang egois. Jadi kamu masih akan diberi kebebasan yang bertanggung jawab.


2. Posesif akan melahirkan kecemburuan tak terkendali, teritorial akan menyebabkan kecemburuan manis

Posesif atau teritorial
Cemburunya orang posesif sangat berbahaya via saidaonline.com 

Dalam sebuah hubungan asmara, rasa cemburu itu wajar sekali. Tapi rasa posesif akan mempengaruhi pikiran negatif dan menimbulkan kecemburuan yang tak terkendali. Sedikit-sedikit kamu akan dituduh ini itu dan juga dicurigai berselingkuh. Hal ini pasti akan membuatmu merasa capek ya.

Sedangkan rasa cemburu yang dihasilkan dari sikap teritorial, akan terasa lucu. Jauh dari kata menjengkelkan dan capek. Mengapa begitu? Karena sikap teritorial pada dasarnya memang untuk menjaga apa yang dimiliki. Bukannya tidak mempercayai apa yang dimiliki.


3. Posesif membuat pelakunya gelisah, teritorial akan membuat pelakunya aman

Posesif atau teritorial
Kegelisahan membuat pikiran tidak tenang via republika.co.id

Inilah hal yang akan dialami oleh pasanganmu yang posesif. Di dalam otaknya hanya akan ada rasa cemas dan khawatir akan apa yang kamu lakukan. Dikit-dikit cek kamu lagi apa, dengan siapa, dan sedang apa. Jadi tidak pernah tenang.

Nah kalau teriotarial, karena sudah tahu jelas bahwa kamu adalah miliknya, termasuk wilayah kekuasaannya, jadi membuat pasanganmu santai-santai saja. Jika ada di dekatnya maka kamu akan dijaga. Saat jauh, dia akan tetap tenang karena percaya akan apa yang kamu lakukan.


Itulah perbedaan mencolok antara sikap posesif dan teritorial. Hayo, termasuk yang manakah pasanganmu? Apakah malah kamu salah satu pelaku sikap posesif? Atau malah teritorial? Bedakan ya guys!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel