Kamu Selalu Cepat Haus? Cobalah Minum Rendaman Mentimun Dan Rasakan Khasiatnya

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Khasiat meminum air rendaman mentimun - Mentimun pastinya sudah sangat akrab di telinga kamu. Saking tak asingnya, mentimun sering dijadikan makanan tambahan dan lalapan di setiap masakan, seperti nasi goreng, pecel lele, acar, dan lain-lain. Mentimun pun kerap dijadikan bahan tambahan sayur. Keberadaannya pun sangat gampang dicari, kamu hanya tinggal ke pasar dan dapatlah mentimun itu. Harganya juga sangat terjangkau. Tapi, tahukah kamu manfaat apa saja dari mentimun itu?

Khasiat meminum air rendaman mentimun
Air rendaman mentimun sangat bermanfaat

Selain hanya sebagai bahan pelengkap masakan, mentimun juga ternyata bisa menghilangkan rasa haus saat direndam air. Loh, kok bisa? Untuk membuktikannya, cobalah kamu rendam beberapa irisan mentimum ke dalam air minum dan dibiarkan selama 12 jam. Setelah itu, cobalah minum dan rasakan khasiatnya. Itu sama saja dengan melindungi kamu dari berbagai penyakit dan kekurangan gizi.

Perlu kamu ketahui kalau saat ini memang sedang jadi tren merendam berbagai buah-buahan ke dalam air minum atau biasa disebut infused water. Kebanyakan yang orang rendam itu buah jeruk. Ternyata, tidak hanya jeruk saja yang baik untuk direndam dalam air minum. Air mentimun juga tidak kalah bergizinya dengan rendaman buah-buahan lainnya. Selain berperan menyegarkan tubuh, mentimun yang kaya akan vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, antioksidan, mangan dan tembaga ini benar-benar bisa menjaga kamu tetap fit. 

Wah, berarti air mentimun sangat bermanfaat dong ya? Tentu saja. Berikut ada beberapa alasan dan khasiat mengapa kamu perlu meminum rendaman air mentimun.

Khasiat meminum air rendaman mentimun
Banyak khasiat yang kamu dapat saat meminum air rendaman mentimun via liputan6.com

1. Meminum mentimun sangat bagus untuk tulang dan otot. Sayuran satu ini berfungsi untuk memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang-tulang kamu sehat. Hal ini karena mentimun kaya akan silika yang sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat. Sehingga menjadikan tulang dan otot kamu tetap kuat.

2. Mentimun bisa memperkuat imunitas. Vitamin yang terkandung dalam air mentimun antara lain vitamin C dan vitamin B kompleks. Ini membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh kamu, loh. Vitamin C bisa meningkatkan proses penyembuhan dan menjaga kebugaran.

3. Saat tubuh kamu terdapat racun-racun jahat, maka air mentimun bisa membersihkan tubuh. Hal ini dikarenakan air mentimun memiliki efek detoksifikasi yang bisa menghapus semua racun dari tubuh kamu. Misalnya, membersihkan hati dan menghapus semua metabolit. Air mentimun benar-benar membantu organ-organ tubuh kamu untuk bekerja lebih efektif.

4. Air mentimun bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ada kandungan sterol dalam air mentimun. Dengan demikian, air mentimun bisa mencegahmu dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Mentimun juga bisa mengurangi kekakuan pada pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh lebih lancar.

5. Mentimun bisa membantu melawan dan mencegah kanker. Dengan tingginya kadar antioksidan seperti pinoresinol dan sebagainya yang terdapat pada air mentimun dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan ini sangat bermanfaat dalam menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

6. Dengan meminum air mentimun, maka ginjal kamu akan sehat. Ginjal kamu akan tercuci bersih dari kreatin dan sampah-sampah yang terdapat pada ginjal. Selain itu, mentimun juga bisa mengurangi kadar asam urat dari dalam tubuh kamu, sehingga kamu terhindar dari asam urat.

7. Kalau kamu merasa bau mulut, air mentimun bisa menghilangkannya. Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang bersarang di mulut kamu. Mentimun mengandung phytochemcials yang bisa membunuh bakteri-bakteri di dalam mulut kamu. Dengan demikian, mulut kamu akan tetap segar sepanjang hari tanpa perlu menggunakan penyegar mulut lainnya. Jadi, kamu tetap percaya diri bahkan saat sedang PDKT sama gebetan.

Khasiat meminum air rendaman mentimun
Bau mulut akan hilang via baumulut.org

8. Substansi anti-inflamasi dan fisetin yang ada pada mentimun sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi semua peradangan. Air mentimun juga bisa mencegah kerusakan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak, sesuai dengan apa yang dijelaskan pada point nomer 4 di atas. Dengan begitu, otak kamu terlindungi.

9. Antioksidan yang terkandung dalam mentimun yang terendam dalam air bisa menjaga kulit kamu untuk tetap bersinar dan selalu segar. Silikon dan sulfur dalam mentimun juga dapat merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat.


Itulah beberapa khasiat dari mentimun yang direndam di dalam air minum. Bagaimana? Cukup banyak bukan khasiat yang terkandung dalam rendaman air mentimun. Tertarik untuk mencoba meminumnya?

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan