Awas! Buat Kamu Yang Mau Membentuk Perut Roti Sobek Atau Six Pack, Jangan Sampai Melakukan 7 Cara Yang Salah Ini

Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack - Cowok mana sih yang tidak mendambakan perut roti sobek alias six pack? Apalagi cowok dengan bentuk tubuh begitu akan terlihat sexy di mata cewek. Itu jadi obsesi tersendiri bagi cowok.Dengan otot-otot yang terbentuk di perut dan bagian tubuh yang lainnya, maka para cowok ini bisa menaikkan level pede alias percaya dirinya. Mereka tidak lagi minder dengan perut yang buncit atau obesitas. Apakah kamu salah satunya?

Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack
Perut ala roti sobek penakluk kaum Hawa via pinterest.com

Banyak cara yang biasa dilakukan untuk membentuk perut ala roti sobek. Misalnya, dengan mengikuti latihan di tempat gym, angkat beban, latihan kardio, ataupun diet. Tapi, apakah kamu tahu kalau cara tersebut adalah cara yang tepat untuk dilakukan?

Nah, daripada bingung, berikut akan dijelaskan berbagai cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek alias six pack. Jadi, baiknya kamu hindari, ya.


1. Kamu terlalu fokus sama crunch dan sit-up yang katanya bisa membentuk perut ala roti sobek


Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack
Crunch dan sit up tidak membentuk perut six pack via healthline.com

Mitos paling umum dalam dunia gym adalah bahwa sit-up dan crunch merupakan cara yang paling baik untuk menghasilkan perut ala roti sobek. Bahkan banyak orang yang rutin melakukan sit-up sebanyak 100 kali bahkan lebih setiap harinya. Hayo, apakah kamu juga pernah kepikiran itu atau sudah melakukannya? 


Kenyataannya, hal ini tidak benar. Loh, mengapa? Seperti yang dilansir dari hellosehat.com, karena crunch dan sit-up itu pada kenyataannya hanya membakar kalori sangat sedikit per menitnya. Sit-up dan crunch hanya berfungsi untuk menguatkan otot perut saja. Apalagi kajau kamu masih punya banyak lapisan lemak di perut, maka kemungkinan terbentuknya perut ala roti sobeknya kecil.



2. Terlalu banyak olahraga kardio yang kamu lakukan


Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack
Kardio hanya membakar lemak saja via mensfitness.com

Cara lain yang salah saat sedang menjalani program perut ala roti sobek atau six pack adalah latihan kardio selama berjam-jam. Pada kenyataannya, masih seperti dilansir hellosehat.com, latihan kardio justru hanya membakar kalori saja, dan latihan secara interval dapat mempercepat tingkat metabolisme kamu. Sehingga, kamu akan mengalami tingkat pembakaran lemak yang cepat sepanjang keseluruhan latihan di hari tersebut, bukan semakin membentuk perut roti sobek. 

Jadi, kalau kamu mau melangsingkan perut, latihan kardio ini cukup bagus. Tetapi, perlu kamu ketahui juga kalau latihan kardio ini bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak di perut, ya. Latihan angkat beban yang intens dan rencana diet yang baik juga akan lebih berhasil ketimbang latihan kardio.



3. Kamu berhenti olahraga ketika perut kamu sudah roti sobek atau six pack


Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack
Buncit akan kembali jika tidak mempertahankan perut six pack via buzzfeed.com

Jangan terlalu puas dengan hasil latihan kamu ya, guys. Ketika perut roti sobek kamu sudah terbentuk, kamu merasa puas dan berhenti berolahraga seperti yang kamu lakukan sebelumnya. Ini sebenarnya pemahaman yang salah. Kamu jangan salah pikir kalau perut ala roti sobek kamu akan tetap ada selamanya, ya. 

Kenyatannya, bentuk six pack di perut akan menghilang kalau kamu tidak menjaganya. Mempertahankan perut roti sobek bukan perkara yang mudah, loh. Pasti ada saja godaan buat makan makanan berkalori tinggi. Atau bahkan hal yang membuat malas berolahraga. Jadi, meskipun kamu tidak harus makan makanan dengan tingkat kalori yang rendah, namun bukan berarti kamu bisa kembali pada pola makan sebelum perut kamu six pack.



4. Kamu terlalu fokus hanya melatih otot perut saja


Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack
Terlalu fokus pada satu hal saja tidak baik via uinfocus.wordpress.com

Mitos yang paling banyak kamu temui tentang perut six pack adalah bahwa kamu harus fokus pada latihan perut saja, dan juga menggunakan alat-alat fitness untuk membentuk otot perut. Semua orang termasuk kamu mungkin mencari cara yang lebih mudah, seperti yang sudah dijelaskan di point nomer satu di atas. 

Pada kenyataannya, seperti yang dilansir dari hellosehat.com, satu-satunya cara untuk membentuk otot perut adalah dengan menurunkan persentase lemak pada tubuh, yakni 10% pada cowok dan 14% pada cewek. Semudah itukah? Memang sih, meskipun kamu sudah sering latihan perut, otot-otot perut kamu tetap begitu-begitu saja kalau masih ada lapisan lemak di atasnya. Karena, latihan-latihan perut ini tidak dapat mengurangi lemak pada perut.


Sebenarnya latihan untuk otot perut memang perlu kamu lakukan. Tapi kamu juga harus memperhatikan bagian tubuh kamu yang lainnya, ya. Akan aneh juga kan kalau hanya otot perut kamu saja yang terbentuk, sedangkan otot lainnya tidak. Jadi,  melatih otot perut sebagai otot sekunder akan jauh lebih mudah dilakukan daripada cuma fokus sama latihan untuk membentuk otot perut saja.


5. Terlalu terobsesi sama bentuk perut roti sobek

Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack
Perut impian kaum Adam via muscleandfitness.com


Perut ala roti sobek memang dambaan para kaum Adam. Namun, ada faktor genetiklah yang akan menentukan apakah bentuk perut kamu six pack atau tidak. Pada beberapa orang, roti sobek atau six pack akan terbentuk dengan indah di perutnya, tetapi ada juga yang terlihat biasa-biasa saja atau tidak terlalu kotak-kotak. Selain itu, ada juga kotak-kotak perut yang simetris di beberapa orang, namun sebagian lagi tidak. Jadi, kamu tidak bisa menentukan sendiri bentuk otot perut kamu walaupun dengan latihan keras.



6. Kamu terlalu fokus hanya pada satu latihan saja


Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack
Macam-macam latihan yang perlu kamu lakukan via amygblog.com

Sebenarnya, ada banyak sekali latihan yang berbeda dan efektif untuk membentuk otot perut yang perlu kamu ketahui. Ada yang menganggap kalau melakukan salah satu latihan itu bagus buat membentuk perut ala roti sobek. Tapi ada juga yang bilang kalau latihan itu kurang efektif. Pendapat orang berbeda-beda. Namun, sebenarnya tidak ada satupun dari mereka yang bisa dianggap paling baik kalau hanya melakukan satu latihan saja. Loh mengapa? 

Ketika kamu melakukan satu macam latihan saja, otot-otot perut kamu justru akan terbiasa dan kebal dengan stimulus dan gerakan latihan tersebut. Jadi, kamu harus menggunakan berbagai macam latihan lainnya untuk memberikan efek muscle confusion atau kebingungan otot.



7. Kamu terlalu mengabaikan otot perut bagian atas dan bawah


Cara yang salah dalam membentuk perut ala roti sobek atau six pack
Otot-otot lainnya yang perlu kamu perhatikan juga via aliexpress.com

Otot yang membentuk perut six pack adalah rectus abdominis. Teknisnya, kamu tidak bisa mengabaikan otot perut bagian atas dan bawah. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah menekankan pada bagian-bagian tertentu dengan memilih jenis latihan yang pas.


Bagaimana? Apakah kamu mau melakukan atau mungkin sudah melakukan hal-hal di atas demi mendapatkan perut ala roti sobek? Kalau iya mending tinggalkan saja dan lakukan latihan yang pas dan tepat. Tapi, jangan sampai juga membuat tubuh kamu jadi tidak fit karena terlalu terobsesi ya, guys. Good luck.

0 Response to "Awas! Buat Kamu Yang Mau Membentuk Perut Roti Sobek Atau Six Pack, Jangan Sampai Melakukan 7 Cara Yang Salah Ini"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel